4 Manfaat Penting Vitamin B6 (Piridoksin) untuk Tubuh, Plus Sumber Makanan Terbaiknya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Vitamin B6, yang juga disebut dengan piridoksin, merupakan salah satu vitamin B kompleks yang berperan penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Jika tidak ada vitamin B6, maka tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12 sehingga organ tubuh tidak dapat berfungsi secara optimal. Memangnya, apa saja manfaat vitamin B6 dan dari mana saja vitamin ini bisa didapatkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Beragam manfaat vitamin B6 untuk kesehatan

meningkatkan fungsi kognitif otak memperkuat memori

Tanpa disadari, vitamin B6 memberikan sejumlah manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Nah, berikut ini adalah berbagai manfaat vitamin B6 untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Menambah energi

Bagi Anda yang terbiasa bergerak aktif dan rutin berolahraga, Anda tidak boleh melewatkan asupan vitamin B6 harian. Pasalnya, vitamin B6 dapat membantu memecah protein dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ketika metabolisme tubuh bekerja lebih cepat, maka energi yang dihasilkan oleh tubuh pun juga akan lebih cepat.

Selain itu, asupan vitamin B6 juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dengan demikian, organ-organ tubuh dapat terus ‘bernapas’ dan bekerja secara optimal.

2. Menguatkan fungsi otak

Salah satu manfaat vitamin B6 yang paling utama adalah membantu menguatkan fungsi otak dan daya ingat. Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 diperlukan untuk membuat neurotransmitter, bahan kimia yang membawa sinyal dari satu sel saraf ke sel lainnya, seperti dilansir dari Live Science.

Neurotransmitter tersebut dibutuhkan untuk memproses daya ingat dan meningkatkan fungsi otak. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang mengungkapkan adanya keterkaitan antara risiko penyakit Alzheimer terhadap kekurangan vitamin B6.

3. Mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kombinasi vitamin B6 dan vitamin B12 dapat membantu mencegah penyakit jantung. Hal ini dikarenakan vitamin B6 berfungsi untuk menurunkan kadar homosistein dalam tubuh.

Homosistein adalah sejenis asam amino yang diproduksi dalam darah. Ketika kadar homosistein dalam darah tinggi, maka asam amino tersebut dapat menumpuk di pembuluh darah dan merusak arteri. Jika tubuh kekurangan vitamin B6, maka homosistein akan terus meningkat dan menyumbat pembuluh darah. Akibatnya, risiko serangan jantung dan stroke tidak dapat dihindari.

4. Mengatasi depresi

Otak membutuhkan asupan vitamin B6 untuk menghasilkan serotonin, suatu neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan pikiran positif. Ini tentu bermanfaat bagi Anda yang gampang bad mood, atau bahkan mengalami depresi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan fosfat piridoksal, suatu bentuk vitamin B6, dapat dikaitkan dengan gejala depresi dan gangguan mood. Maka itu, jaga suasana hati Anda dengan mengonsumsi makanan sumber vitamin B6.

Sumber makanan terbaik yang memberikan manfaat vitamin B6

Vitamin B6 adalah salah satu vitamin yang larut air. Ini artinya, tubuh tidak dapat menyimpan vitamin B6 lebih lama dan akan segera dialirkan bersama dengan cairan tubuh – dan keluar melalui urine.

Agar asupan vitamin B6 dalam tubuh tetap terjaga, Anda bisa memenuhinya dengan mengonsumsi¬†ikan, hati sapi, kentang, daging ayam, kacang-kacangan, dan buah-buahan non-sitrus. Menurut National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements, manfaat vitamin B6 juga bisa didapatkan dari sereal sarapan fortifikasi (diperkaya), alpukat, pepaya, pisang, dan berbagai sayuran hijau.

Berapa banyak asupan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh?

kesehatan wanita

Kekurangan vitamin B6 dalam tubuh dapat menyebabkan anemia, ruam gatal, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Walaupun kekurangan vitamin B6 ini jarang terjadi, namun bukan berarti Anda bisa menyepelekan vitamin yang satu ini jika ingin tubuh tetap sehat.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, inilah jumlah kebutuhan vitamin B6 yang harus dipenuhi:

  • Bayi dan anak-anak: 0,1 sampai 1,0 mg
  • Laki-laki dewasa: 1,3 sampai 1,7 mg
  • Perempuan dewasa: 1,3 sampai 1,5 mg
  • Ibu hamil: sekitar 1,7 mg
  • Ibu menyusui: sekitar 1,8 mg

Selain lewat makanan, kebutuhan vitamin B6 juga bisa dipenuhi dari suplemen. Namun, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum suplemen vitamin B6 setiap hari.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Multivitamin Gummy untuk Dewasa, Benarkah Lebih Sehat?

Multivitamin anak biasanya dikemas menarik dan rasanya enak seperti permen. Nah, ada juga multivitamin gummy khusus orang dewasa. Tapi benarkah lebih sehat?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit

Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

Salah satu diet yang dipercaya mampu menurunkan berat badan dengan aman dan sehat adalah diet tinggi serat. Seperti apa aturannya? Cari tahu di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Nutrisi, Hidup Sehat 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Antara Dada dan Paha Ayam, Mana yang Lebih Banyak Gizinya?

Paha ayam lebih murah dan lebih mudah untuk diolah. Di sisi lain, dada ayam lebih ekonomis karena dagingnya lebih banyak. Bagaimana dari sisi kesehatannya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 1 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Coronavirus saat New Normal

Nutrisi memegang peranan yang besar untuk mencegah kemungkinan risiko COVID-19. Yuk, cari tahu nutrisi utama yang perlu ditambahkan dalam menu harian Anda.

Ditulis oleh: Maria Amanda
Nutrisi, Hidup Sehat 30 Juli 2020 . Waktu baca 9 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat herbal dan alami untuk kanker prostat

Pedoman Memilih Suplemen dan Obat Herbal yang Aman Dikonsumsi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 19 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
vitamin untuk bayi

Kenali Kebutuhan Vitamin untuk Bayi dan Perannya Sebagai Penambah Nafsu Makan

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
Konten Bersponsor
wanita aktif karena rutin berolahraga dan mengonsumsi suplemen cegah osteoporosis

Cari 3 Kandungan Suplemen Ini untuk Cegah Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Konten Bersponsor
lansia bermain di pantai berkat kesehatan yang baik, seperti menjaga keseimbangan mikrobiota usus dengan probiotik

Begini Peran Penting Probiotik untuk Kesehatan Lansia

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Dipublikasikan tanggal: 18 September 2020 . Waktu baca 4 menit