Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

    Sederet Fungsi Vitamin B untuk Kecantikan

    Vitamin B kompleks merupakan vitamin larut air yang terdiri dari delapan jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Setiap macamnya, vitamin B memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh, termasuk kecantikan, mulai dari kulit, kuku, hingga rambut.

    Manfaat vitamin B untuk kecantikan berdasarkan jenisnya

    Pada dasarnya, vitamin B secara keseluruhan merupakan vitamin penting untuk menunjang kesehatan kulit dan rambut.

    Bahkan, vitamin larut air ini terbukti memberikan pengaruh baik terhadap kulit dan rambut, baik dikonsumsi secara langsung maupun topikal.

    Untuk lebih jelasnya, kenali apa saja fungsi masing-masing vitamin B untuk kecantikan Anda.

    1. Vitamin B1 (Tiamin)

    manfaat vitamin b1

    Vitamin B1 atau tiamin merupakan vitamin B dengan kandungan antioksidan yang membantu meningkatkan sirkulasi darah yang baik untuk kecantikan.

    Bila aliran darah lancar, oksigen dan nutrisi akan masuk dan memenuhi kebutuhan sel tubuh, seperti sel kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan menghasilkan kulit sehat dan tampak muda.

    Selain itu, sirkulasi darah yang lancar di daerah kepala membantu proses pertumbuhan rambut dengan menyuplai oksigen menuju folikel rambut.

    2. Vitamin B2 (Riboflavin)

    Dibandingkan tiamin, vitamin B2 alias riboflavin membantu proses pergantian sel dan memelihara kolagen.

    Koalgen merupakan protein yang melindungi struktur kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

    Konsumsi produk susu yang mengandung riboflavin pun membantu sekresi lendir kulit, sehingga mencegah kulit kering yang bisa menjadi penyebab jerawat.

    3. Vitamin B3 (Niacin)

    Sudah bukan rahasia umum lagi bila bentuk lain dari vitamin B3 atau niacin, yakni niacinamide, sering digunakan dalam produk skincare.

    Niacin diklaim membantu memperbaiki lapisan teratas kulit (epidermis) dalam mengunci kelembapan. Sementara itu, penggunaan vitamin ini secara topikal bisa menghaluskan dan melembutkan kulit.

    Bila digunakan dengan tepat, vitamin B3 dapat mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kulit kering.

    Tak hanya berguna untuk kecantikan kulit, vitamin B ini membantu stimulasi aliran darah ke kepala, sehingga rambut pun tumbuh dengan baik.

    Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

    4. Vitamin B5 (Asam pantotenat)

    Bagi Anda yang rentan terhadap jerawat, vitamin B5 mungkin pilihan yang tetap untuk menjaga kesehatan kulit.

    Vitamin B yang disebut asam pantotenat ini diklaim mampu mengurangi pembentukan minyak dan mengurangi pembentukan jerawat, sehingga baik untuk kecantikan.

    Tak heran bila asam pantotenat terkenal dalam produk skincare karena membantu menahan kelembapan kulit, sehingga terasa kenyal dan sehat.

    5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

    Dikenal sebagai vitamin pengelola stres, pyridoxine pun bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan kesehatan kulit Anda secara tidak langsung.

    Vitamin B ini pun diklaim dapat membantu mengatur suasana hati dan meningkatkan kualitas tidur yang tentu baik untuk kecantikan.

    Pasalnya, asupan vitamin B6 yang cukup menghasilkan serotonin, melatonin, dan norepinefrin. Ketiganya penting dalam mengatur mood, tidur, dan stres.

    Sementara itu, stres dan kurang tidur dapat meningkatkan peradangan tubuh, mengurangi regenerasi sel, dan menyebabkan kulit kering. Semuanya merupakan faktor yang dapat memicu jerawat dan penuaan dini.

    6. Vitamin B7 (Biotin)

    deteksi penyakit lewat kuku

    Vitamin B7 atau biotin merupakan salah satu vitamin yang diperlukan tubuh untuk membuat kulit, rambut, hingga kuku menjadi lebih sehat.

    Hal ini dikarenakan biotin dibutuhkan dalam proses metabolisme asam lemak dan melindungi sel dari kerusakan, serta kehilangan air. Alhasil, kulit pun tetap lembap dan terasa kenyal.

    Kekurangan vitamin B ini tentu tidak baik untuk kecantikan karena bisa membuat rambut dan kuku rapuh, kulit kering, serta bersisik.

    7. Vitamin B9 (asam folat)

    Asam folat merupakan vitamin yang baik bagi ibu hamil, terlebih untuk Anda yang ingin memelihara kecantikan kulit dan rambut.

    Sebab, vitamin B9 ini membantu mendukung perkembangan sel kulit yang sehat dan melawan tanda-tanda penuaan dini, termasuk kerutan dan garis halus.

    Bahkan, memenuhi kebutuhan asam folat membantu detoksfikasi tubuh yang bekerja mengurangi tingkat stres oksidatif di kulit. Hal ini ternyata membantu mengurangi risiko jerawat.

    8. Vitamin B12 (Cobalamin)

    Vitamin B12 (cobalamin) ternyata berperan penting dalam produksi sel, sehingga diperlukan untuk meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

    Faktanya, kekurangan vitamin B12 dapat ditandai dengan masalah kulit dan rambut, seperti hiperpigmentasi, perubahan warna kuku, dan sudut mulut yang meradang.

    Terlebih lagi, defisiensi cobalamin dapat menyebabkan kerontokan rambut yang tentu tidak baik bagi penampilan dan kesehatan Anda.

    Itu sebabnya, Anda perlu memenuhi kebutuhan vitamin B12, baik dari makanan maupun suplemen, untuk menjaga kecantikan dari dalam.

    Ragam Jenis Vitamin untuk Kulit Sehat, Cerah, dan Awet Muda

    Intinya, asupan vitamin B yang cukup memang sangat berguna bagi kecantikan kulit, rambut, dan kuku Anda.

    Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan diskusikan dengan dokter guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Patricia Lukas Goentoro

    General Practitioner · Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI)


    Ditulis oleh Nabila Azmi · Tanggal diperbarui 24/06/2021

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan