Kacang kedelai termasuk salah satu sumber protein nabati yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat kedelai yang baru ditemukan oleh para peneliti di University of Missouri, Columbia, adalah kemampuannya dalam membuat tulang kuat dan padat. Lantas, seberapa ampuh manfaat kedelai ini bagi kesehatan tulang?

Manfaat kedelai yang mampu buat tulang kuat

kacang kedelai

Para ahli menyatakan bahwa manfaat kedelai sangat baik bagi wanita menopause. Pasalnya, setelah menopause wanita akan mengalami banyak perubahan fisik, salah satu pengeroposan tulang jadi lebih cepat. Belum lagi berat badan yang semakin bertambah, hal ini akan memperburuk kesehatan tulang wanita yang sudah menopause dan akhirnya berisiko osteoporosis.

Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang melibatkan hewan sebagai subjek percobaan. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa tikus yang diberikan makanan dari kedelai cenderung punya tulang yang kuat dan pencernaan yang baik, dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi kedelai.

Maka itu, banyak yang menyebutkan manfaat kedelai sangat baik bagi kesehatan tulang.

Berapa banyak kedelai yang harus dimakan supaya tulang kuat?

Untuk mendapatkan manfaat kedelai ini, tentu Anda harus mengonsumsi makanan berbahan kedelai dengan rutin. Sebenarnya, memang tidak ada patokan khusus berapa banyak yang harus Anda makan supaya mendapatkan tulang kuat.

Namun, Anda bisa mengonsumsi sumber protein nabati ini sesuai dengan kebutuhan harian yang dianjurkan oleh Kementerian Kesehatan. Dalam Angka Kebutuhan Gizi dari Kementerian Kesehatan, orang dewasa memerlukan protein nabati sebanyak 2-4 porsi sehari atau setara dengan 4-8 potong tempe atau tahu.

Hal lain yang bisa bikin tulang kuat

menjaga kesehatan tulang

Tentu, jika Anda ingin mendapatkan tulang kuat, padat, dan sehat, Anda harus menerapkan hal baik lainnya, tak sekadar makan kedelai. Nah, beberapa cara berikut ini bisa membantu Anda mendapatkan tulang kuat dan padat.

Makan banyak sayuran

Sayuran sangat bagus untuk kepadatan mineral tulang. Sayuran yang mengandung vitamin C misalnya mampu merangsang produksi sel-sel pembentuk tulang.

Selain itu, antioksidan di dalam vitamin C juga mampu melindungi sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara itu, sayuran hijau dan kuning juga baik untuk meningkatkan proses mineralisasi tulang selama masa kanak-kanak dan memelihara tulang di usia dewasa muda.

Melakukan latihan beban

Latihan kekuatan seperti angkat beban membantu membangun dan mempertahankan tulang untuk tetap kuat. Selain itu, latihan ini juga mampu meningkatkan kepadatan mineral tulang, kekuatan dan ukuran tulang, dan mengurangi peradangan pada tulang.

Dengan begitu, latihan ini mampu melindungi Anda dari risiko pengeroposan tulang, termasuk pada orang yang memiliki osteoporosis, osteopenia, dan kanker payudara.

Penuhi vitamin D dan vitamin K harian

Salah satu hal yang penting supaya dapat tulang kuat adalah pemenuhan kebutuhan vitamin D serta vitamin K. Vitamin D berperan dalam menyerap kalsium, sehingga membuat tulang kaya akan kalsium dan akhirnya kuat.

Untuk mendapatkan vitamin D, Anda hanya perlu melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga terkena sinar matahari. Ya, matahari adalah sumber utama dari vitamin D.

Sedangkan vitamin K berperan penting dalam proses pembentukan tulang. Nah, vitamin K sendiri bisa Anda dapatkan dari berbagai makanan seperti sayuran berdaun hijau (brokoli, bayam, sawi, daun bawang, kembang kol, kubis, timun, asparagus, selada), kacang-kacangan (edamame, kedelai, kacang tanah), minyak sayur, susu dan produk olahannya (keju, susu, yogurt, mentega), hingga daging dan telur

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca