6 Makanan Sumber Yodium Selain Garam

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Garam menjadi salah satu sumber yodium yang paling terkenal. Yodium memang sengaja ditambahkan ke dalam garam agar asupan yodium Anda terpenuhi dengan baik. Mengapa? Karena yodium penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, terutama pada anak kecil.

Yodium juga memegang peran penting dalam metabolisme tubuh kita. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa makanan yang mengandung yodium bukan hanya garam. Masih banyak makanan lainnya yang menjadi sumber yodium. Apa saja?

Apa saja makanan sumber yodium?

Pada umumnya, makanan sebagai sumber yodium paling banyak adalah makanan yang berasal dari laut. Selain itu, makanan hewani dan nabati juga beberapa ada yang mengandung yodium. Beberapa makanan yang menjadi sumber yodium tinggi adalah:

1. Rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber yodium paling banyak. Bahkan, rumput laut bisa menyediakan yodium dalam jumlah berlebih. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi rumput laut dalam jumlah sangat banyak.

Mengonsumsi rumput laut lebih dari satu kali dalam seminggu tidak direkomendasikan, terutama saat Anda sedang hamil. Mengapa? Karena kelebihan asupan yodium juga tidak baik untuk kesehatan. Ini bisa mengganggu metabolisme dalam tubuh Anda dan berakibat buruk pada kelenjar tiroid.

2. Ikan dan makanan laut lainnya

Ya, makanan yang berasal dari laut, seperti ikan mengandung sumber yodium yang cukup tinggi. Ikan cod, salmon, tuna, dan haddock merupakan ikan sumber yodium. Seratus gram ikan salmon mengandung kurang lebih 14 mcg yodium, 100 gram ikan tuna mengandung 12 mcg yodium, 120 gram ikan cod mengandung 230 mcg yodium, dan 120 gram ikan haddock mengandung 390 mcg yodium. Makanan laut lainnya yang juga mengandung yodium adalah udang dan kerang.

3. Susu dan produk susu

Susu juga merupakan sumber yodium yang baik, terutama susu sapi. Dalam 200 ml susu sapi terkandung yodium sebesar 50-100 mcg. Produk susu yang juga mengandung yodium adalah yogurt, keju, dan es krim. Jumlah kandungan yodium dalam produk ini sangat bervariasi. Yogurt mempunyai kandungan yodium yang cukup tinggi seperti pada susu. Sedangkan, keju mempunyai kandungan yodium yang jauh lebih sedikit.

4. Telur

Satu butir telur (sekitar 50 gram) mengandung yodium sebesar 25 mcg. Ini bisa memenuhi sekitar 16% dari kebutuhan yodium Anda. Ya, ternyata makanan hewani ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Telur juga mengandung nutrisi kolin yang baik bagi kesehatan otak Anda.

5. Daging

Selain ikan, salah satu sumber protein ini juga mengandung yodium. Ya, daging sapi dan daging ayam mengandung yodium yang cukup. Seratus gram daging sapi atau daging ayam mengandung kurang lebih 10 mcg yodium. Jumlah yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan yodium Anda per hari.

6. Sayuran dan buah-buahan

Tak hanya pada sumber hewani, yodium juga bisa ditemukan dalam makanan sumber nabati. Beberapa sayuran dan buah-buahan yang mengandung yodium, yaitu jagung, kentang, kacang lima, kacang polong, apel, dan pisang. Tidak seperti sumber yodium lainnya, kandungan yodium dalam sayuran dan buah-buahan ini tergolong lebih sedikit.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca