Vegan dan Vegetarian, Apa Bedanya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Berhenti untuk memakan daging serta olahannya, dan memutuskan untuk menjadi vegan atau vegetarian mulai popular di kalangan masyarakat. Namun, sebagian orang masih belum paham betul perbedaan antara vegan dan vegetarian.

Perbedaan vegan dan vegetarian

Perbedaan antara keduanya dapat dilihat dari penjelasan berikut ini.

Vegetarian

Berdasarkan Vegetarian Society, vegan dan vegetarian adalah orang yang tidak memakan produk dan olahan yang berasal dari hewan.

cara menjadi vegetarian bagi pemula

Seorang vegetarian tidak mengkonsumsi makanan seperti:

  • Daging (sapi, babi, dan sebagainya)
  • Unggas (ayam, kalkun dan sebagainya)
  • Ikan dan kerang
  • Serangga
  • Gelatin dan jenis protein hewani lainnya
  • Stok atau lemak yang berasal dari akibat menyembelih hewan

Namun, banyak vegetarian yang masih mengonsumsi produk sampingan yang didapat tanpa harus membunuh hewan. Seperti:

  • Telur
  • Susu dan olahannya (keju dan yoghurt)
  • Madu

Tipe vegetarian bermacam-macam. Vegan-vegetarian dapat dilihat perbedaannya dari tipenya berikut ini:

  • Lacto-ovo vegetarian: Vegetarian yang menghindari daging tapi masih mengkonsumsi susu dan telur.
  • Lacto vegetarian: Vegetarian yang menghindari daging dan telur, tapi masing mengkonsumsi produk susu.
  • Ovo vegetarian: Vegetarian yang menghidari segala jenis produk dari hewan kecuali telur.
  • Vegan: Vegetarian yang menghindari segala jenis dan bentuk makanan yang berasal dari hewan.

Vegan berbeda dengan vegetarian dalam konteks makanan apa saja yang boleh dan tidak untuk dikonsumsi.

Terdapat juga orang yang tidak memakan daging dan unggas namun mengkonsumsi ikan yang disebut pescatarian, sedangkan orang yang menjalani gaya hidup vegetarian paruh waktu sering disebut flexitarian.

Meskipun terkadang pescatarian dan flexitarian dikategorikan sebagai vegetarian, mereka masih mengkonsumsi daging. Karena itu, mereka secara teknis bukan termasuk vegetarian.

Vegan

manfaat diet vegan adalah

Seperti yang sudah dituliskan sebelumnya, vegan kurang lebih masih sama seperti vegetarian karena menganut gaya hidup sehat. Namun, vegan dapat dikatakan merupakan bentuk dari vegetarian yang paling ketat.

Vegan sekarang ini didefinisikan oleh Vegan Society sebagai gaya hidup yang sebisa mungkin menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman pada hewan.

Maka dari itu, seorang vegan tidak hanya menghindari daging saja, tetapi juga susu, telur, dan bahan-bahan yang serba hewani. Termasuk gelatin, madu, carmine, pepsin, lak, albumin, whey, kasein dan sebagian bentuk dari vitamin D3.

Manakah yang sehat antara vegan dan vegetarian?

Vegan dan vegetarian tentu akan bermanfaat bagi kesehatan karena gaya hidup dari keduanya mengharuskan Anda untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah.

Menurut laporan dari Academy of Nutrition and Dietetics serta beberapa ulasan ilmiah, menganut gaya hidup vegan atau vegetarian dianggap cocok di semua tahapan kehidupan, selama pola makan terencana dengan baik.

Sulit untuk mengatakan mana di antara keduanya yang lebih menyehatkan karena keduanya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Contohnya, tak seperti vegan, lacto-vegetarian mendapat asupan kalsium, fosfor, serta vitamin D dari produk susu. Sedangkan, saat menghindari produk susu dan telur, seorang vegan dapat lebih mudah mengontrol tingkat kolesterol.

Meskipun demikian, kebanyakan penelitian sejauh ini bersifat observasional. Ini menunjukkan bahwa sulit untuk memutuskan dengan pasti aspek mana dari gaya hidup vegan yang menghasilkan keuntungan ini atau mengkonfirmasi bahwa veganlah yang menjadi faktor penentu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber