home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Manfaat Dahsyat Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

7 Manfaat Dahsyat Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

Plum termasuk ke dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup buah persik dan buah aprikot. Dikenal bisa membantu menurunkan berat badan, ternyata masih ada sejumlah kandungan manfaat buah plum lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

Kandungan zat gizi pada buah plum

Buah plum termasuk superfood. Sebelum mengetahui manfaatnya, baiknya Anda ketahui dahulu berbagai kandungan zat gizi di dalam buah plum. Setiap satu buah plum memiliki kandungan nutrien di bawah ini.

  • Energi: 30 kalori
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Serat: 1 gram
  • Gula: 7 gram
  • Vitamin A: memenuhi 5% dari angka kebutuhan gizi
  • Vitamin C: memenuhi 10% dari angka kebutuhan gizi
  • Vitamin K: 5% dari AKG

Selain itu, buah plum juga mengandung berbagai jenis mineral yang tak kalah penting untuk tubuh, seperti kalium, tembaga, serta mangan.

Manfaat buah plum

menjaga bakteri baik dalam usus

Bermacam-macam zat gizi yang ada dalam buah plum memiliki khasiatnya masing-masing. Berikut adalah sebelas manfaat buah plum untuk kesehatan.

1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Manfaat buah plum yang paling dikenal adalah kemampuannya mencegah sembelit. Serat buah plum memadatkan massa feses dan melancarkan proses pembuangannya, sehingga mengurangi risiko kanker usus besar dan wasir.

Sementara itu, serat plum yang tidak larut bertugas menyediakan makanan untuk bakteri baik yang tinggal di usus besar, sehingga membantu melestarikan populasinya.

Bakteri baik dalam usus menghasilkan asam lemak rantai pendek yang disebut asam butirat. Asam butirat berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk sel-sel usus besar dan membantu mempertahankan kesehatan organnya.

Bakteri baik juga menciptakan dua asam lemak, yakni asam propionat dan asetat, yang digunakan sebagai bahan bakar oleh sel-sel hati dan otot. Bakteri ramah ini akan memerangi bakteri patogen penyebab penyakit dan mencegahnya bertahan di saluran pencernaan.

2. Menurunkan kolesterol

Asam propionat yang dihasilkan serat buah plum termasuk jenis serat tidak larut dan berfungsi membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

Asam empedu merupakan senyawa yang digunakan untuk mencerna lemak yang diproduksi oleh organ hati.

Ketika asam empedu diekskresikan bersama dengan serat buah plum, hati harus memproduksi asam empedu baru dan memecah lebih banyak kolesterol, sehingga menurunkan jumlah kolesterol yang beredar.

Serat larut juga bisa mengurangi jumlah kolesterol yang diproduksi oleh hati.

3. Manfaat buah plum untuk jantung

Plum merupakan sumber kalium yang baik, elektrolit yang membantu dalam berbagai fungsi tubuh vital. Mineral ini membantu memelihara irama jantung, impuls saraf, kontraksi otot jantung, serta tekanan darah yang dapat menekan risiko stroke.

Karena tubuh tidak menghasilkan kalium secara alami, untuk itu Anda harus rutin mengonsumsi makanan yang memiliki kandungannya. Makan buah plum atau meminum jusnya dapat membantu Anda mencukupi kebutuhan harian kalium tubuh.

Terlebih lagi, zat pewarna alami buah plum, antosianin, dapat melindungi terhadap kanker dengan menetralkan radikal bebas yang berbahaya.

4. Mencegah anemia

Penyakit anemia terjadi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat. Untuk membuat sel darah merah yang sehat, tubuh Anda membutuhkan cukup asupan zat besi.

Plum termasuk sumber zat besi dan dapat membantu mencegah dan mengobati kekurangan zat besi. Dua ratus lima puluh gram buah plum mengandung 0,81 miligram zat besi, yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian zat besi tubuh.

5. Mengobati osteoporosis

Buah plum kering merupakan sumber penting dari mineral boron. Mineral ini bisa membantu membangun tulang dan otot yang kuat. Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot.

Plum bahkan dipercaya berpotensi sebagai pengobatan osteoporosis. Studi gabungan dari Florida State University dan Oklahoma State University menunjukkan bukti bahwa plum kering dapat mencegah hilangnya massa tulang pada wanita pascamenopause yang rentan osteoporosis.

Manfaat buah plum untuk kesehatan tulang juga termasuk melawan proses hilangnya kepadatan tulang akibat radiasi pada sumsum tulang.

6. Menurunkan risiko PPOK

Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), termasuk emfisema, merupakan penyakit kronis yang menyebabkan masalah pernapasan. Ada banyak penyebab PPOK, tapi merokok sampai saat ini merupakan biang penyebab langsung dari kedua penyakit ini.

Sebuah studi baru melaporkan bahwa makanan mengandung polifenol, termasuk antioksidan, dapat mengurangi risiko PPOK. Plum mengandung antioksidan tinggi, yang dapat melawan kerusakan akibat merokok dengan menetralkan stres oksidasi.

Hal tersebut dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru, meskipun tidak ada penelitian yang secara khusus mengamati plum untuk kesehatan paru-paru.

7. Buah plum menurunkan berat badan

Anda mungkin pernah melihat buah plum yang dikemas sebagai suplemen pembantu turun berat badan. Memang, buah ungu tua yang rasanya masam ini mengandung banyak serat dan indeks glikemik rendah.

Padatnya serat buah plum lambat untuk dicerna oleh tubuh sementara indeks glikemik rendah berperan mengatur pelepasan kadar gula darah, sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Plum juga mengandung sorbitol alami, gula alkohol dengan tingkat penyerapan lambat dalam tubuh.

Jangan kebanyakan makan buah plum

Tertarik untuk mulai mengonsumsi buah plum? Tapi jangan kebanyakan, ya! Konsumsi buah plum yang berlebihan dapat menyebabkan perut kembung dan sembelit. Asupan serat berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit diare.

Maka dari itu, makanlah buah plum secukupnya. Bila Anda ingin menggunakan buah ini untuk membantu dalam mengatasi kondisi tertentu atau ingin menurunkan berat badan, sebaiknya konsultasikan kembali kepada dokter Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Plums, Raw Nutrition Facts  Calories. (n.d.). Nutrition Data. Retrieved 4 March 2021, from https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/2032/2

Hooshmand, S. and Arjmandi, B., 2009. Viewpoint: Dried plum, an emerging functional food that may effectively improve bone health. Ageing Research Reviews, 8(2), pp.122-127. Retrieved 4 March 2021.

How Potassium Can Help Control High Blood Pressure. (2016). American Heart Association. Retrieved 4 March 2021, from https://www.heart.org/en/health-topics/high-blood-pressure/changes-you-can-make-to-manage-high-blood-pressure/how-potassium-can-help-control-high-blood-pressure

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 25/03/2021
x