7 Manfaat Buah Naga yang Belum Anda Ketahui

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 8 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Buah naga atau pitaya adalah buah yang hanya tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, kulit buah naga ini menyerupai sisik naga yang merupakan hewan mitos. Tanaman ini dianggap sebagai tanaman kaktus yang penuh nutrisi. Buah yang unik ini mengandung sekitar 60 kalori yang masing-masing kaya akan vitamin C, B1, B2, dan B3, serta mineral seperti zat besi, kalsium, dan fosfor. Dan itu diperkirakan belum semuanya. Ini jelas sekali bahwa buah naga merupakan buah terbaik yang mudah kita dapatkan di Indonesia.

Berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan

1. Anti-penuaan

Antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Zat tersebut dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker. Dan buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C. Nutrisi yang paling penting dalam buah ini adalah fosfornya. Sel-sel tubuh memerlukan fosfor dan fosfolipid yang merupakan komponen utama dari membran sel. Hal ini dapat membantu untuk mencegah penuaan dini.

2. Pencegah kanker

Selain vitamin C, buah naga mengandung karoten, yang terkait dengan beberapa kualitas antikarsinogen, termasuk mengurangi jumlah tumor. Selain itu, likopen yang bertanggung jawab untuk warna merah pada pitaya telah terbukti terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat. Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam Pacific Journal of Cancer Prevention menemukan bahwa asupan lycopene yang kurang dari 2.498 mcg/hari dapat meningkatkan risiko kanker prostat, sedangkan asupan tinggi buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan lycopene, serta aktivitas fisik dapat mengurangi risiko secara signifikan.

Selain itu, kulit buah naga mengandung polifenol yang sering kita temukan di alam. Ada kemungkinan bahwa beberapa polifenol ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel. Itu bisa menjadi salah satu alasan mengapa pitaya dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

3. Kesehatan jantung

Buah naga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda, karena dapat mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa konsumsi buah pitaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah eksotis ini juga merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga hati kita dalam kondisi baik.

4. Pencegah diabetes

Tingginya jumlah serat dalam buah eksotis ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Hal ini juga dapat membantu untuk menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Dalam studi yang sama dari jurnal Pharmacognosy Research, peneliti menemukan bahwa buah naga memiliki efek yang baik pada stres oksidatif untuk kekakuan aorta dari tikus diabetes.

5. Peningkat kekebalan tubuh

Tingkat vitamin C yang tinggi dapat memberikan peningkatan sistem kekebalan tubuh, serta merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Kehadiran tingkat tinggi vitamin C, mineral, dan fitoalbumin dapat memerangi radikal bebas. Vitamin B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat juga memberikan kontribusi untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh Anda.

6. Pereda batuk dan asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk yang disebabkan oleh demam atau flu dapat sulit untuk ditangani dari hari ke hari. Meskipun ini bukan pengganti obat, namun buah naga dapat membantu menurunkan penderitaan Anda. Perlu diingat bahwa pitaya ini memiliki jumlah vitamin C yang tinggi, sehingga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat dan efisien dalam melawan infeksi setiap hari.

7. Penurun berat badan

Salah satu isu terburuk yang mungkin Anda akan alami adalah menahan untuk memakan makanan yang Anda sukai ketika Anda sedang diet menurunkan berat badan. Untungnya, dengan bantuan buah eksotis ini, Anda akan mendapatkan nafsu makan Anda di bawah kontrol. Mengapa bisa begitu? Ini karena buah naga kaya akan serat dan sangat rendah kalori, sehingga Anda akan merasakan kenyang lebih lama, dibandingkan dengan buah lainnya. Ini juga akan meningkatkan metabolisme dan pengelolaan berat badan.

 

BACA JUGA:

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

    Apakah artikel ini membantu Anda?
    happy unhappy"
    Sumber

    Yang juga perlu Anda baca

    Bolehkah Ibu Menjalani Diet Saat Hamil?

    Sebagai perempuan, Anda memiliki rasa kekhawatiran akan penampilan Anda meski saat hamil. Namun, bolehkah ibu menjalani diet saat hamil?

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 19 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

    4 Kesalahan Makan Oatmeal yang Bikin Berat Badan Malah Naik

    Bubur gandum (oatmeal) adalah pilihan makanan yang baik untuk diet. Tapi hati-hati, bisa jadi oatmeal bikin gemuk karena hal-hal berikut ini.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Nutrisi, Hidup Sehat 18 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    Berat Badan Turun, Bukan Berarti Lemak Tubuh Berkurang

    Meski timbangan menunjukkan berat badan Anda 3 kg lebih ringan, kalau dietnya salah, jangan-jangan jumlah lemak tubuh tidak berkurang sama sekali.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Kemal Al Fajar
    Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 5 menit

    6 Dampak Buruk Akibat Makan Tidak Teratur

    Memang benar makan tidak teratur bisa bikin Anda cepat gemuk. Tapi dari sisi kesehatan, ada banyak efek samping buruk lainnya. Apa saja?

    Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
    Nutrisi, Hidup Sehat 3 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    makanan yang dapat menyembuhkan kanker otak

    Jenis Makanan Sehat untuk Membantu Menyembuhkan Kanker Otak

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Ihda Fadila
    Dipublikasikan tanggal: 16 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    diet tinggi serat

    Panduan Diet Tinggi Serat, Cara Sehat untuk Turunkan Berat Badan

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Widya Citra Andini
    Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
    alergi makanan

    Alergi Makanan

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 14 menit
    porsi makan ideal

    Cara Menghitung Porsi Makan Ideal untuk Anda

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 20 Agustus 2020 . Waktu baca 4 menit