home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

3 Panduan Memilih Jus Buah yang Sehat

3 Panduan Memilih Jus Buah yang Sehat

Jus merupakan salah satu cara yang efektif untuk menikmati buah-buahan dan sayuran-sayuran bagi mereka yang tidak suka atau tidak dapat mengonsumsinya secara langsung. Namun, Anda harus pastikan jika jus buah yang akan Anda konsumsi – entah jus yang dibuat sendiri atau jus dalam kemasan, merupakan jus sehat.

Ya, tak semua jus adalah minuman sehat. Cara Anda membuat dan meminum jus akan mempengaruhi nutrisi yang Anda dapatkan bagi tubuh. Begitu pun saat Anda membeli jus dalam kemasan. Salah pilih, bisa-bisa yang Anda ambil malah sekadar minuman yang ditambahi sari buah, dan bukannya berisi jus buah asli.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat dan nutrisi jus buah, baiknya simak dulu aturan di bawah ini tentang bagaimana memilih jus buah yang asli dan menyehatkan.

Aturan penting dalam memilih jus buah

Untuk memastikan jika jus buah yang Anda konsumsi benar-benar sehat, ada lima hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Perhatikan kandungan gula

Jus murni yang berasal dari buah asli memang menawarkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Namun, Anda harus paham, jika buah itu sendiri sudah mengandung gula dan kalori, sehingga tak perlu lagi ditambahkan banyak bula.

Saat memilih jus buah dalam kemasan, bandingkan label nutrisinya dan cermati kandungan gulanya serta kandungan zat gizi lainnya yang bermanfaat.

2. Baca label dengan cermat untuk membedakan jus buah asli dan “palsu”

Tahukah Anda bahwa ada banyak jus yang dijual di pasaran, nyatanya tidak sesehat yang Anda bayangkan? Ya, jika Anda memperhatikan deretan botol dan kotak jus yang berjajar di supermarket, banyak di antaranya yang sebenarnya bukan jus buah asli melainkan hanya minuman rasa buah saja.

Saat Anda membeli jus buah dalam kemasan, pilihlah produk yang mengandung buah asli, bukan yang hanya mengandung perisa buah saja. Ingat, tidak semua jus buah dalam kemasan nilai gizi yang sama dengan buah aslinya. Nutrisi dalam jus buah bervariasi, tergantung jenis dan merek jus. Itu sebabnya, sebelum membeli jus buah kemasan ada baiknya selalu memeriksa label untuk membandingkan kandungan nutrisinya.

Salah satu produk jus buah kemasan yang sudah terjamin kualitasnya sejak dulu adalah Buavita. Buavita merupakan pelopor dan ahli jus buah dalam kemasan yang higienis dan siap santap. Buavita dibuat dengan menggunakan buah asli dan diproduksi untuk menghasilkan minuman sari buah dengan kualitas yang tinggi.

Dalam proses produksinya, Buavita diproses dengan menggunakan teknologi UHT terbaik, untuk menjamin kandungan vitamin dan nutrisi buah dan sayur yang ada di dalam kemasan agar tetap terjaga.

3. Jangan tinggalkan buah asli

Anda yang tergolong sibuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin Anda dengan minum jus buah. Namun, Anda tetap harus membiasakan juga untuk makan buah dan sayur mengikuti rekomendasi pola makan seimbang sehari, yang mencakup konsumsi buah dan sayur yang cukup. Imbangi juga dengan berolahraga secara teratur dan hidup aktif.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How to Choose Healthy Juice – http://www.alive.com/food/how-to-choose-healthy-juices/ diakses pada 12 September 2017

Is juicing healthier than eating whole fruits or vegetables? – http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/nutrition-and-healthy-eating/expert-answers/juicing/faq-20058020 diakses pada 12 September 2017

Should I Still Drink Fruit Juice? – https://www.bbcgoodfood.com/howto/guide/should-i-still-drink-fruit-juice diakses pada 12 September 2017

Juices: The Best and Worst for Your Health – http://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-juice-wars diakses pada 12 September 2017

Everything You Should To Know About Juicing – http://www.mensfitness.com/nutrition/what-to-drink/should-you-be-juicing diakses pada 12 September 2017

http://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/expert-answers/fruit-juice/faq-20058024

http://www.healthline.com/nutrition/fruit-juice-is-just-as-bad-as-soda

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 21/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x