3 Panduan Memilih Jus Buah yang Sehat

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Jus merupakan salah satu cara yang efektif untuk menikmati buah-buahan dan sayuran-sayuran bagi mereka yang tidak suka atau tidak dapat mengonsumsinya secara langsung. Namun, Anda harus pastikan jika jus buah yang akan Anda konsumsi – entah jus yang dibuat sendiri atau jus dalam kemasan, merupakan jus sehat.

Ya, tak semua jus adalah minuman sehat. Cara Anda membuat dan meminum jus akan mempengaruhi nutrisi yang Anda dapatkan bagi tubuh. Begitu pun saat Anda membeli jus dalam kemasan. Salah pilih, bisa-bisa yang Anda ambil malah sekadar minuman yang ditambahi sari buah, dan bukannya berisi jus buah asli.

Nah, jika Anda ingin mendapatkan semua manfaat dan nutrisi jus buah, baiknya simak dulu aturan di bawah ini tentang bagaimana memilih jus buah yang asli dan menyehatkan.

Aturan penting dalam memilih jus buah

Untuk memastikan jika jus buah yang Anda konsumsi benar-benar sehat, ada lima hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Perhatikan kandungan gula

Jus murni yang berasal dari buah asli memang menawarkan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Namun, Anda harus paham, jika buah itu sendiri sudah mengandung gula dan kalori, sehingga tak perlu lagi ditambahkan banyak bula.

Saat memilih jus buah dalam kemasan, bandingkan label nutrisinya dan cermati kandungan gulanya serta kandungan zat gizi lainnya yang bermanfaat.

2. Baca label dengan cermat untuk membedakan jus buah asli dan “palsu”

Tahukah Anda bahwa ada banyak jus yang dijual di pasaran, nyatanya tidak sesehat yang Anda bayangkan? Ya, jika Anda memperhatikan deretan botol dan kotak jus yang berjajar di supermarket, banyak di antaranya yang sebenarnya bukan jus buah asli melainkan hanya minuman rasa buah saja.

Saat Anda membeli jus buah dalam kemasan, pilihlah produk yang mengandung buah asli, bukan yang hanya mengandung perisa buah saja. Ingat, tidak semua jus buah dalam kemasan nilai gizi yang sama dengan buah aslinya. Nutrisi dalam jus buah bervariasi, tergantung jenis dan merek jus. Itu sebabnya, sebelum membeli jus buah kemasan ada baiknya selalu memeriksa label untuk membandingkan kandungan nutrisinya.

Salah satu produk jus buah kemasan yang sudah terjamin kualitasnya sejak dulu adalah Buavita. Buavita merupakan pelopor dan ahli jus buah dalam kemasan yang higienis dan siap santap. Buavita dibuat dengan menggunakan buah asli dan diproduksi untuk menghasilkan minuman sari buah dengan kualitas yang tinggi.

Dalam proses produksinya, Buavita diproses dengan menggunakan teknologi UHT terbaik, untuk menjamin kandungan vitamin dan nutrisi buah dan sayur yang ada di dalam kemasan agar tetap terjaga.

3. Jangan tinggalkan buah asli

Anda yang tergolong sibuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin Anda dengan minum jus buah. Namun, Anda tetap harus membiasakan juga untuk makan buah dan sayur mengikuti rekomendasi pola makan seimbang sehari, yang mencakup konsumsi buah dan sayur yang cukup. Imbangi juga dengan berolahraga secara teratur dan hidup aktif.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Resep Smoothies untuk Sahur yang Bikin Kenyang Seharian

Bulan puasa kali ini ingin menyiapkan menu sahur yang praktis tapi kaya nutrisi? Silakan contek resep smoothies untuk sahur yang enak dan bergizi berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Resep Sehat, Nutrisi 6 Mei 2020 . Waktu baca 5 menit

Awas, 5 Minuman Ini Bisa Bikin Anda Gagal Turunkan Berat Badan

Beberapa jenis minuman sebaiknya dihindari saat diet karena jumlah kalori dan gulanya bisa jadi melebihi batas yang dianjurkan. Apa saja contohnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 8 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit

5 Langkah Membuat Jus Buah Plus Sayur yang Enak dan Sehat

Selain dimakan langsung atau dimasak, Anda bisa menikmati sayur dan buah dengan dibuat jus. Simak cara membuat jus yang sehat, enak, dan aman berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Tips Makan Sehat, Nutrisi 7 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Pilihan Jus Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sembelit, salah satunya dengan minum jus. Yuk, intip resep jus untuk sembelit di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Pencernaan, Konstipasi 30 April 2019 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

jus mangga

7 Inspirasi Resep Jus Mangga yang Super Segar dan Nikmat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
sarapan tidak sehat

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
jus untuk ibu hamil

6 Jus untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan Kehamilan dan Janin

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 16 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
minum jus saat puasa

Langsung Minum Jus Buah Saat Berbuka Puasa, Boleh atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 18 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit