Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Ada banyak manfaat makan buah. Berkat kandungan nutrisinya, makan beragam jenis buah-buahan setiap hari bisa membantu Anda menjaga kebugaran tubuh, bahkan mungkin juga menangkal risiko penyakit. Namun, tidak semua jenis buah bisa membantu Anda mencapai berat badan yang ideal. Beberapa buah-buahan bisa menjadi senjata makan tuan bagi kelancaran program diet Anda jika dimakan terlalu banyak, seperti lima jenis buah yang bisa bikin gemuk.

Daftar buah yang bisa bikin gemuk dan mungkin tidak Anda sadari

1. Pisang

Pisang biasanya merupakan pilihan favorit untuk sarapan kilat di pagi hari. Tidak hanya mudah dilahap dan dibawa kemana-mana, rasa pisang juga lezat mengenyangkan Namun, hati-hati kalau mau makan pisang selama berdiet.

Selain kaya akan serat, kalium, dan vitamin C, pisang juga tinggi kalori hingga 180 kalori per buahnya. Jadi, jika Anda “tidak sengaja” kebanyakan makan pisang secara, buah ini berpotensi untuk bisa bikin gemuk.

2. Ceri

Siapa yang tidak tahan dengan godaan ceri, si buah merah imut pemanis cake lezat? Kalium yang terkandung dalam ceri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Ingat=ingatlah kalau ceri termasuk buah yang tinggi kandungan gulanya, sehingga buah ini bisa jadi salah satu penyebab yang bisa bikin berat badan naik atau gemuk. Begitu pula dengan gula darah Anda yang ikut melambung.

3. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat termasuk lemak sehat, yang bisa dijadikan pengganti krim yang berat atau jenis produk susu lainnya.

Namun, jika tidak ingin berat badan bertambah, konsumsi alpukat cukup sewajarnya. Ini karena alpukat mengandung kalori yang lumayan tinggi.

4. Ara

Buah ara adalah sumber serat dan kalium yang sangat baik. Namun jika Anda terus memakannya secara berlebihan dengan anggapan bahwa ara sepenuhnya sehat, tanpa disadari Anda malah akan merusak kesehatan dan bentuk tubuh Anda.

Kandungan gula dalam seratus gram buah ara segar setara dengan satu buah permen lollipop pada umumnya. Jadi, untuk mengurangi berat badan, ingatlah untuk tidak memasukkan buah ara ke dalam program diet Anda.

5. Mangga

Mangga adalah jenis buah yang menakjubkan berkat kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi. Namun, jangan mentang-mentang pohon mangga tetangga sedang panen lantas Anda boleh melahapnya sesuka hati. Terlebih jika dijadikan rujak atau jus mangga.

Kebanyakan makan mangga bisa meningkatkan gula darah. Jadi, yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menganggap mangga hanya sebagai makanan penutup daripada sebagai camilan di kala bosan, dan memakannya cukup sewajarnya.

Alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan lain tanpa harus mengkhawatirkan kenaikan berat badan, seperti apel, jeruk dan jambu biji. Ketiganya sama-sama bernutrisi, tapi tanpa tambahan jumlah kalori.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Panduan Menjalani 30 Hari Diet Bebas Gula

Konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko hipertensi, diabetes, hingga kanker. Untuk memerangi risiko mengerikan ini, satu solusinya: diet bebas gula.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 4 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Langsung BAB Setelah Makan, Apakah Normal?

Banyak orang butuh waktu untuk mencerna makanan, namun ada juga yang langsung merasa ingin BAB setelah makan. Apakah ini normal? Benarkah bisa bikin kurus?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Cara Memanggang Makanan Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Cara memanggang yang salah bukan hanya menghilangkan nutrisi makanan tapi juga dapat berbahaya bagi tubuh. Perhatikan tips memanggang makanan berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Tips Makan Sehat, Nutrisi 31 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat kunyit untuk pencernaan kunyit putih, manfaat kunyit asam, manfaat jamu kunyit, masker kunyit, manfaat kunyit untuk wajah, khasiat kunyit

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 11 menit
manfaat buah stroberi

Manfaat Buah Stroberi yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
olahraga untuk mantan penderita sembuh dari pasien kanker survivor

Panduan Olahraga untuk Mantan Penderita Kanker

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
panduan diet sehat untuk menurunkan berat badan, cara diet sehat, menu diet sehat, makanan diet sehat, diet sehat alami

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 14 menit