home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ada banyak manfaat makan buah. Berkat kandungan nutrisinya, makan beragam jenis buah-buahan setiap hari bisa membantu Anda menjaga kebugaran tubuh, bahkan mungkin juga menangkal risiko penyakit. Namun, tidak semua jenis buah bisa membantu Anda mencapai berat badan yang ideal. Beberapa buah-buahan bisa menjadi senjata makan tuan bagi kelancaran program diet Anda jika dimakan terlalu banyak, seperti lima jenis buah yang bisa bikin gemuk.

Daftar buah yang bisa bikin gemuk dan mungkin tidak Anda sadari

1. Pisang

Pisang biasanya merupakan pilihan favorit untuk sarapan kilat di pagi hari. Tidak hanya mudah dilahap dan dibawa kemana-mana, rasa pisang juga lezat mengenyangkan Namun, hati-hati kalau mau makan pisang selama berdiet.

Selain kaya akan serat, kalium, dan vitamin C, pisang juga tinggi kalori hingga 180 kalori per buahnya. Jadi, jika Anda “tidak sengaja” kebanyakan makan pisang secara, buah ini berpotensi untuk bisa bikin gemuk.

2. Ceri

Siapa yang tidak tahan dengan godaan ceri, si buah merah imut pemanis cake lezat? Kalium yang terkandung dalam ceri bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Ingat=ingatlah kalau ceri termasuk buah yang tinggi kandungan gulanya, sehingga buah ini bisa jadi salah satu penyebab yang bisa bikin berat badan naik atau gemuk. Begitu pula dengan gula darah Anda yang ikut melambung.

3. Alpukat

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dalam alpukat termasuk lemak sehat, yang bisa dijadikan pengganti krim yang berat atau jenis produk susu lainnya.

Namun, jika tidak ingin berat badan bertambah, konsumsi alpukat cukup sewajarnya. Ini karena alpukat mengandung kalori yang lumayan tinggi.

4. Ara

Buah ara adalah sumber serat dan kalium yang sangat baik. Namun jika Anda terus memakannya secara berlebihan dengan anggapan bahwa ara sepenuhnya sehat, tanpa disadari Anda malah akan merusak kesehatan dan bentuk tubuh Anda.

Kandungan gula dalam seratus gram buah ara segar setara dengan satu buah permen lollipop pada umumnya. Jadi, untuk mengurangi berat badan, ingatlah untuk tidak memasukkan buah ara ke dalam program diet Anda.

5. Mangga

Mangga adalah jenis buah yang menakjubkan berkat kandungan vitamin C dan seratnya yang tinggi. Namun, jangan mentang-mentang pohon mangga tetangga sedang panen lantas Anda boleh melahapnya sesuka hati. Terlebih jika dijadikan rujak atau jus mangga.

Kebanyakan makan mangga bisa meningkatkan gula darah. Jadi, yang terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menganggap mangga hanya sebagai makanan penutup daripada sebagai camilan di kala bosan, dan memakannya cukup sewajarnya.

Alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan lain tanpa harus mengkhawatirkan kenaikan berat badan, seperti apel, jeruk dan jambu biji. Ketiganya sama-sama bernutrisi, tapi tanpa tambahan jumlah kalori.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

5 Fruits That Could Be The Cause Of Your Weight Gain. http://www.shape.com.sg/food/5-fruits-could-be-cause-your-weight-gain?slide=1. Accessed September 20, 2016

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh Lika Aprilia Samiadi
Tanggal diperbarui 27/01/2021
x