Penuhi Nutrisi Ini untuk Mencegah Penularan Novel Coronavirus

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr Patricia Lukas Goentoro

Baca semua artikel tentang coronavirus (COVID-19) di sini.

Guna mencegah penyebaran novel coronavirus, badan kesehatan di tiap belahan dunia mengimbau semua orang agar mencuci tangan dan menghindari kontak dekat dengan pasien. Namun, selain langkah-langkah tersebut, tahukah Anda bahwa mencukupi kebutuhan nutrisi juga sama pentingnya untuk mencegah penularan novel coronavirus?

Setiap jenis nutrisi memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan. Beberapa di antaranya bahkan bisa membantu tubuh melawan serangan virus, tak terkecuali novel coronavirus yang kini mewabah di sejumlah negara. Lantas, apa saja nutrisi yang Anda butuhkan dan makanan apa yang menjadi sumbernya?

Pentingnya nutrisi untuk mencegah penularan novel coronavirus

Menangkal radikal bebas dengan antioksidan

Komponen sistem kekebalan tubuh terdiri dari berbagai sel, protein, jaringan, dan organ. Tiap komponen ini saling bekerja sama untuk melawan patogen (bibit penyakit) yang masuk ke tubuh, baik berupa bakteri, parasit, atau virus seperti novel coronavirus.

Sistem kekebalan tubuh melawan infeksi coronavirus dengan cara membentuk antibodi. Antibodi merupakan protein khusus yang bisa berikatan dengan protein pada patogen. Setelah berikatan, antibodi bisa membunuh patogen sehingga tubuh pulih dari penyakit.

Namun, coronavirus tentu lebih sulit dilawan bila sistem kekebalan tubuh lemah. Salah satu faktor yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh adalah nutrisi. Asupan nutrisi yang tepat akan memperkuat fungsi sistem imun sehingga tubuh mampu mencegah penularan coronavirus dengan lebih efektif.

Apabila sistem kekebalan tubuh Anda cukup kuat, tiap komponen di dalamnya dapat membentuk antibodi yang sama kuatnya. Antibodi tersebut kemudian akan membunuh coronavirus di dalam tubuh dan mencegahnya agar tidak menimbulkan penyakit.

Update Jumlah Sebaran COVID-19
Negara: Indonesia
Data Harian

2,491

Terkonfirmasi

192

Sembuh

209

Meninggal Dunia
Peta Penyebaran
Data Harian

2,491

Terkonfirmasi

192

Sembuh

209

Meninggal Dunia

Nutrisi terpenting untuk mencegah penularan novel coronavirus

makanan untuk sakit maag

Nutrisi yang dibutuhkan guna mencegah penularan novel coronavirus sebenarnya sama dengan nutrisi yang Anda perlukan untuk mencegah virus penyebab flu. Menurut salah satu penelitian dalam Journal of Obesity & Weight Loss Therapy, berikut di antaranya:

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi sel-sel sistem kekebalan tubuh. Karbohidrat yang Anda konsumsi akan diubah menjadi energi dalam proses yang disebut glikolisis. Selain menghasilkan energi, proses ini juga mendukung produksi sel-sel limfosit.

Limfosit berfungsi mengenali protein pada permukaan patogen, membentuk antibodi, dan membunuh patogen yang menimbulkan kerusakan pada jaringan tubuh. Saat tubuh terpapar coronavirus, sel-sel inilah yang bereaksi pertama kali.

2. Protein dan asam amino

Nutrisi paling penting untuk mencegah penularan coronavirus tentu melibatkan protein. Pasalnya, protein adalah bahan terpenting untuk membentuk sel-sel kekebalan tubuh. Kekurangan protein akan meningkatkan risiko seseorang terinfeksi penyakit.

Selain protein, sistem kekebalan tubuh juga membutuhkan asam amino berupa arginine dan glutamine. Asam amino adalah senyawa terkecil yang membentuk protein. Kedua senyawa ini diperlukan untuk proses pembentukan limfosit.

COVID-19

3. Vitamin dan mineral

Vitamin dan mineral adalah dua nutrisi yang tidak boleh ketinggalan dalam mencegah penularan coronavirus. Fungsi vitamin adalah menjaga sel-sel kekebalan tubuh bekerja dengan normal. Jenis vitamin yang Anda perlukan antara lain vitamin A, C, E, serta B kompleks.

Guna membentuk sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda pun memerlukan mineral seperti selenium, zinc, dan zat besi. Selenium menjaga kekuatan sel dan mencegah kerusakan DNA, zinc memicu respons kekebalan tubuh, sedangkan zat besi membantu penyerapan vitamin C.

4. Antioksidan

Antioksidan adalah berbagai senyawa yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi sel-sel kekebalan tubuh dari kerusakan. Dengan nutrisi yang satu ini, sistem imun bisa berfungsi secara optimal dan membantu mencegah infeksi coronavirus.

Anda dapat memperoleh antioksidan dalam bentuk vitamin E, C, D, atau beta-karoten yang merupakan bahan baku vitamin A. Selain vitamin, Anda pun bisa memperolehnya dari senyawa flavonoid dan likopen yang banyak terdapat pada sayur serta buah.

Makanan untuk mencegah penularan novel coronavirus

makanan untuk penderita asam urat

Pada dasarnya, tidak ada makanan yang bisa dengan pasti mencegah penularan novel coronavirus. Walau demikian, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta melindungi Anda dari risiko infeksi.

Berikut di antaranya.

1. Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus adalah sumber vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi virus. Anda bisa memperoleh manfaat ini dengan mengonsumsi buah utuh atau menambahkannya ke dalam makanan favorit.

Buah-buahan sitrus yang paling populer di antaranya:

  • jeruk manis
  • jeruk keprok
  • jeruk limau
  • jeruk limau gedang (grapefruit)
  • lemon 

2. Brokoli

Brokoli memiliki potensi untuk mencegah penularan novel coronavirus, sebab sayuran ini adalah gudangnya nutrisi penting bagi sistem kekebalan tubuh. Dengan memakan brokoli, Anda akan memperoleh asupan serat, antioksidan, serta vitamin A, C, dan E.

3. Bayam

Vitamin C, flavonoid, dan beta karoten adalah nutrisi pada bayam yang bisa membantu mencegah penularan novel coronavirus. Ketiganya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan cara meningkatkan produksi sel darah putih. Anda bisa meningkatkan manfaatnya dengan tidak memasaknya terlalu lama.

4. Blueberry

Nutrisi yang membantu mencegah penularan novel coronavirus juga bisa diperoleh dari makanan lezat seperti blueberry. Blueberry kaya akan antioksidan flavonoid yang disebut antosianin. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa senyawa ini dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pernapasan.

5. Bawang putih

Bawang putih adalah obat rumahan yang sering digunakan untuk mengatasi pilek dan penyakit sejenisnya. Manfaat ini berasal dari senyawa yang disebut allicin. Senyawa ini disinyalir cukup ampuh untuk mencegah infeksi, terutama pada saluran pernapasan.

6. Teh hijau

Siapa sangka, teh hijau juga mengandung nutrisi yang membantu mencegah penularan coronavirus. Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG). Senyawa ini dapat memperkuat sel-T pada sistem kekebalan tubuh.

Ibuprofen Bisa Perburuk Efek COVID-19, WHO Tak Sarankan Penggunaannya

7. Yogurt dan kefir

Yogurt dan kefir mengandung bakteri baik yang disebut probiotik. Probiotik tidak hanya membantu fungsi sistem pencernaan, tapi juga merangsang sistem kekebalan tubuh dan membuatnya semakin kuat melawan infeksi.

8. Paprika merah

Makanan kaya nutrisi lainnya yang membantu mencegah penularan coronavirus adalah paprika merah. Sayuran ini mengandung dua kali lipat lebih banyak vitamin C dibanding buah-buahan sitrus. Selain memperkuat sistem kekebalan tubuh, paprika merah juga akan membuat Anda lebih sehat.

Selain menjaga kebersihan tangan, kunci mencegah penularan novel coronavirus adalah memelihara daya tahan tubuh melalui nutrisi penting. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang beragam agar tubuh Anda juga mendapatkan nutrisi yang bervariasi.

Baca semua artikel tentang coronavirus (COVID-19) di sini.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Februari 1, 2020 | Terakhir Diedit: April 6, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca