Kenapa Orang Gemuk Lebih Sering Migrain (dan Bagaimana Mencegahnya)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala migrain? Jika iya, mungkin migrain yang Anda rasakan tersebut bisa diakibatkan oleh berat badan Anda. meskipun memang sakit kepala migrain dapat disebabkan oleh berbagai hal, namun berat badan yang berlebihan bisa menjadi pemicu yang kuat terhadap munculnya migrain. Lalu mengapa berat badan berlebihan dapat menyebabkan migrain?

Berat badan yang berlebih bisa memicu sakit kepala migrain

Migrain biasanya ditandai oleh timbulnya rasa sakit pada satu sisi bagian kepala. Pada kasus yang cukup parah, rasa sakit ini dialami cukup sering atau bahkan memiliki jangka waktu yang lama.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology (AAN) menemukan bahwa sakit kepala migrain ternyata dapat dipengaruhi oleh berat badan seseorang.

Dalam penelitian tersebut, para ahli mengajak sekitar lebih dari 3.800 orang dewasa yang diketahui memiliki indeks massa tubuh yang tidak normal dan cenderung obesitas. Kemudian, diketahui juga bahwa sekitar 81% dari total peserta penelitian mengaku sering mengalami sakit kepala migrain.

Apa yang menyebabkan orang gemuk cenderung mengalami sakit kepala migrain?

Dari penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Neurology ini, para ahli menyatakan bahwa obesitas bisa saja menjadi salah satu pemicu munculnya migrain pada seseorang. Hal ini sebenarnya berkaitan dengan perubahan fungsi tubuh ketika seseorang mengalami obesitas.

Seorang yang memiliki berat badan yang berlebihan, tentunya akan mempunyai tumpukan lemak yang cukup banyak. Lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika terlalu banyak seperti yang terjadi pada orang yang obesitas, maka dapat menyebabkan peradangan di dalam tubuh.

Jadi, lemak yang berlebihan tersebut akan memicu sistem kekebalan tubuh Anda sendiri untuk menimbulkan peradangan atau inflamasi di dalam tubuh. Akibat dari peradangan ini, maka muncul lah berbagai macam gangguan kesehatan, salah satunya migrain.

Bahkan di dalam berbagai penelitian disebutkan jika peradangan yang disebabkan oleh sel-sel lemak ini, juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kronis di kemudian hari, seperti penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes mellitus.

Bagaimana mencegah sakit kepala migrain jika Anda gemuk?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah sakit kepala migrain terjadi, yaitu:

  • Mengurangi berat badan yang berlebihan. Hal ini dapat menjadi salah satu cara yang dapat mencegah migrain Anda datang kembali.
  • Memilih makanan yang sehat dan bergizi. Makanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan jika Anda memiliki riwayat migrain. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari yaitu seperti alkohol, makanan dan minuman yang telah diolah serta dikemas, pemanis buatan, serta keju.
  • Catat setiap migrain muncul. Setelah Anda mengumpulkan catatan kapan saja Anda merasa sakit kepala, maka selanjutnya Anda akan lebih mudah untuk mencari tahu apa yang menjadi pemicu dari migrain tersebut.
  • Makan dan istirahat yang teratur. Menjalani pola hidup yang teratur dan sehat dapat menjaga Anda dari serangan migrain.
  • Hindari stres yang berlebihan. Apabila Anda sedang merasa tertekan, maka Anda dapat melakukan berbagai hal yang membuat diri Anda lebih rileks, seperti yoga, meditasi, atau melakukan hobi yang Anda sukai.
  • Melakukan olahraga yang rutin. Anda tetap harus menjalankan olahraga secara teratur, sebab hal ini adalah salah satu kunci dari hidup sehat. Namun hati-hati dengan jenis olahraga yang berat, karena dapat memicu migrain Anda.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Anda perlu memberikan perawatan yang tepat untuk mencegah infeksi atau timbulnya komplikasi setelah sunat. Perhatikan panduannya berikut ini, ya.

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Sering Dijadikan Wedang, Jangan Lewatkan 4 Manfaat Hebat Kayu Secang

Kayu secang sering diolah menjadi minuman wedang secang oleh orang-orang Jawa. Penasaran apa manfaat kayu secang untuk kesehatan? Klik di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Leher Hitam? Atasi dengan Cara Mudah Ini

Jika memiliki kulit leher hitam, ketahui dulu apa penyebabnya. Setelah itu, cari tahu cara menghilangkan hitam di leher. SImak di sini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan Kulit 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

arti desahan wanita

Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
lemon dan madu

5 Manfaat Minum Campuran Lemon dan Madu untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
apa itu kalori adalah

Mengenal Kalori: Pengertian, Sumber, Kebutuhan Harian, dan Jenis-Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Brigitta Maharani
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit