6 Cara Jitu Mencegah Migrain Supaya Tidak Kambuh Lagi

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 16 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mengalami migrain? Biasanya, migrain menimbulkan sakit kepala sebelah yang rasanya lebih sakit dari sakit kepala biasa dan kepala terasa nyeri berdenyut parah. Tentu saja, kondisi ini akan mengganggu aktivitas harian. Tak mau, kan, semua rencana yang sudah disusun jadi hancur akibat gejala migrain yang suka kambuh? Anda bisa mencegah migrain yang suka kambuh itu dengan beberapa cara mudah di bawah ini.

Berbagai cara mencegah migrain yang sering kambuh

1. Hindari suara bising dan lampu terang

Suara yang keras dan lampu yang berkedip (misalnya lampu strobo) adalah pemicu migrain yang paling umum. Biasanya suara dan lampu ini sering ditemukan di jalan, berada di bioskop, menghadiri acara yang ramai, terkenal pantulan silau matahari, dan yang paling sering cahaya dan suara dari gadget juga bisa.

Maka itu, untuk mencegah migrain datang lagi, sebaiknya Anda jauhi tempat yang ramai penuh kegaduhan suara dan sorotan lampu. Selain itu, beristirahatlah dari segala layar elektronik, ini sangat penting untuk mengistirahatkan ketegangan mata. Sesuaikan juga tingkat kecerahan layar pada alat digital Anda.

Kurangi pencahayaan yang tidak perlu di dalam ruangan. Bersantailah di kamar yang redup dan suara yang tenang.

2. Perhatikan kebiasaan makan sehari-hari Anda

menu sahur

Pola makan juga bisa memengaruhi munculnya migrain. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat mengatur pola makan. Selalu konsisten dengan waktu makan. Jangan sampai melewati waktu makan yang seharusnya. Sebab melewati waktu makan akan meningkatkan risiko terjadinya migrain.

Selain itu, selalu catat dan ingat makanan pemicu migrain yang terjadi pada diri Anda. Jika Anda mencurigai makanan tertentu memicu Anda migrain, hilangkan makanan tersebut dalam diet, atau makan dalam jumlah sedikit.

Dilansir dalam laman Healthline, beberapa makanan dan minuman ini bisa memicu terjadinya migrain, seperti:

  • Cokelat
  • Red wine
  • Daging olahan
  • Pemanis
  • Keju
  • Kopi

Makanan dan minuman dengan kafein atau alkohol biasanya memang jadi pemicu umumnya. Maka itu, batasi jumlah yang Anda konsumsi setiap harinya untuk mencegah migrain.

3. Hati-hati dengan perubahan hormon

beda stres akut dan ptsd

Hormon berperan penting memengaruhi terjadinya migrain khususnya bagi para wanita. Banyak wanita cenderung mengalami migrain selama, atau tepat sebelum periode menstruasi nya terjadi.

Jika memang migrain sering kali muncul saat Anda mulai menstruasi, Anda bisa mengandalkan obat pereda nyeri supaya tidak merasakan sakit kepala tersebut. Gunakan obat seperti ibuprofen atau naproxen untuk mencegah migrain timbul di hari-hari yang berisiko tinggi itu.

4. Olahraga teratur

olahraga pagi hari olahraga setelah sahur

Olahraga teratur adalah bagian terpenting untuk gaya hidup sehat. Olahraga yang teratur akan membantu tubuh melepaskan bahan kimia di otak untuk memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Pilihlah olahraga apapun yang Anda sukai yang penting dimulai dengan perlahan.

Namun hati-hati, jangan terlalu keras berolahraga karena hal ini juga bisa memicu migrain. Ya, olahraga yang intens seperti angkat berat, dapat membuat migrain kembali menyerang.

Maka itu, pilih aktivitas fisik yang bisa mengurangi tekanan seperti yoga, aerobik ringan, tai chi, berenang, berjalan, dan lain sebagainya.

5. Tidur dengan nyenyak dan teratur

tidur siang saat puasa

Migrain bisa dipicu akibat tidur malam yang buruk. Maka itu, sangat penting untuk menyediakan waktu tidur yang cukup dan juga berkualitas.

Buat jadwal tidur yang tetap setia harinya, bangun dan tidur pada waktu yang sama, bahkan di akhir pekan sekalipun. Kurangi juga gangguan sebelum tidur seperti menonton tv, membawa materi pekerjaan ke tempat tidur. Lakukan aktivitas yang menenangkan sebelum tidur hingga membuat Anda mengantuk. Selalu jadwalkan tidur Anda di waktu yang sama terus menerus.

6. Kelola stres dengan baik

mengatasi stres dengan bernapas dalam

Migrain tidak terlepas dari stres. Stres memang tidak bisa dihindari, tetapi stres bisa dikelola dengan baik agar tidak jadi pemicu migrain.

  • Kurangi hal-hal yang tidak perlu. Jangan membuat terlalu banyak janji atau kegiatan yang membuat tekanan semakin tinggi.
  • Atur waktu dengan bijak. Buat agenda harian apa saja yang akan dilakukan di tempat kerja ataupun di rumah. Lakukan hal sesuai agenda dan jangan ditunda-tunda.
  • Istirahat di sela kesibukan. Jika Anda merasa sedang kewalahan, jangan semakin panik. Ambil beberapa menit untuk istirahat dan berhenti sejenak melakukan peregangan.
  • Nikmati waktu untuk diri sendiri. Untuk mengelola stres, jangan sampai Anda lupa memberikan waktu untuk diri sendiri. Lakukan sesuatu yang Anda sukai selama 15 menit. Misalnya berhenti sejenak untuk membaca buku kesukaan, mendengarkan musik, minum teh, dan lain sebagainya. Melakukan sesuatu yang Anda nikmati adalah cara alami untuk mengelola stres
  • Atur nafas. Cara ini memang terlihat sepele, namun menarik napas mendalam bisa membantu Anda jadi rileks sehingga pikiran bisa lebih terkendali.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah keluhan nyeri yang umum. Cari tahu informasi tentang penyebab, gejala, pengobatan, serta cara pencegahannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 28 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit

4 Penyebab Sakit Kepala di Belakang Telinga yang Umum, Serta Cara Mengatasinya

Jika Anda salah satu orang yang sering mengalami sakit kepala di belakang telinga, ketahui berbagai penyebab dan cara mengatasinya dalam artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 20 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Orang Gemuk Lebih Sering Migrain (dan Bagaimana Mencegahnya)

Apakah Anda sering mengalami sakit kepala migrain? Bisa jadi, berat badan Anda saat ini yang menyebabkannya. Lalu bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala di belakang mata

9 Penyebab Sakit Kepala Nyut-nyutan di Belakang Mata

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 19 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala depan

Penyebab Sakit Kepala Bagian Depan, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 13 menit
sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit