7 Pilihan Buah yang Bisa Bantu Meredakan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 1 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Sakit kepala bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Nah selain dengan istirahat dan minum obat sakit kepala, Anda juga bisa makan buah untuk membantu menghilangkan kondisi ini lebih cepat lagi. Setidaknya ada enam pilihan buah yang bisa Anda camil sebagai pereda sakit kepala di rumah. Penasaran apa saja? Lihat rekomendasinya berikut ini.

Rekomendasi buah terbaik untuk menghilangkan sakit kepala

Faktor pemilihan makanan sehari-hari yang tidak sehat adalah salah satu penyebab sakit kepala paling umum. Dikutip dari Cleveland Clinic, komposisi serta kandungan kimiawi pada makanan bisa menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Itu kenapa penting untuk makan makanan yang bergizi seimbang dan tambahkan asupan sayur serta buah untuk mengatasi sakit kepala.

Untuk membantu menghilangkan sakit kepala, ada beberapa rekomendasi buah yang dapat Anda coba. Berikut adalah pilihannya:

1. Semangka

Semangka adalah buah untuk menghilangkan sakit kepala akibat dehidrasi. Menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Nutrition, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala sebelah atau migrain. Adapun buah semangka diketahui mengandung 92% air yang dapat mengembalikan kadar cairan tubuh.

Selain itu, semangka juga memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat untuk penderita sakit kepala, seperti serat, vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Pada penderita sakit kepala, kandungan magnesium sangat dibutuhkan. Pasalnya, kekurangan mineral ini kerap terkait dengan penderita sakit kepala dan disebut menjadi salah satu pemicunya.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda harus mengonsumsi buah penghilang sakit kepala ini dalam kondisi matang sempurna. Jangan makan semangka yang terlalu matang atau hampir busuk. Pasalnya dalam proses pembusukan, buah ini memproduksi zat buangan yang disebut tiramin. Tyramine berpotensi memicu sakit kepala migrain pada orang-orang yang sensitif.

2. Pisang

manfaat pisang

Pisang juga bisa Anda manfaatkan sebagai buah untuk menghilangkan sakit kepala, termasuk sakit kepala kluster. Pasalnya, buah pisang mengandung kalium yang tinggi. Adapun kalium dapat membantu mengembalikan cairan dan elektrolit dalam tubuh yang hilang saat mengalami sakit kepala akibat dehidrasi.

Tak hanya itu, pisang juga diketahui mengandung magnesium, sehingga bisa meningkatkan kadar magnesium yang berkurang pada penderita sakit kepala. Satu buah pisang berukuran medium diketahui mengandung 32 mg magnesium. Selain pisang, magnesium yang tinggi juga terkandung di kacang almond, bayam, atau makanan pereda sakit kepala lainnya.

3. Alpukat

Selain pisang, buah dengan kadar magnesium yang tinggi juga ditemukan pada alpukat. Dengan demikian, buah ini bisa menjadi pilihan bagi Anda untuk membantu menghilangkan sakit kepala.

Dalam satu porsi alpukat yang dipotong dadu diketahui mengandung 44 mg magnesium. Jumlah ini sekitar 11-15 persen dari kebutuhan magnesium harian Anda. Adapun jumlah magnesium harian yang direkomendasikan, yaitu sebesar 400-420 mg per hari pada pria dewasa dan 310-320 mg per hari pada wanita dewasa.

Tidak hanya mengandung magnesium, alpukat juga kaya akan nutrisi lainnya, yaitu lemak sehat, vitamin B, vitamin K, vitamin E, dan juga kalium, yang seluruhnya baik dikonsumsi oleh penderita sakit kepala.

4. Nanas

Buah untuk sakit kepala berikutnya adalah buah nanas. Buah ini mungkin bisa Anda gunakan untuk meredakan jenis sakit kepala sekunder, terutama yang terjadi akibat infeksi sinus atau sinusitis. Di dalam buah nanas terdapat enzim bromelain yang berfungsi mencerna protein.

Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2016 dan dimuat dalam jurnal Biomedical Reports menyatakan, bromelain berpotensi mengurangi durasi dari sinusitis yang khususnya terjadi pada anak-anak. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan pernapasan dan mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Selain itu, nanas juga mengandung vitamin B yang dapat mendorong otak untuk menjalankan fungsinya lebih baik serta meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengatasi stres secara efisien. Adapun stres merupakan salah satu pemicu sakit kepala, terutama sakit kepala tegang. Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan juga dapat menyebabkan efek samping, berupa sakit perut atau diare.

5. Kranberi

manfaat cranberry

Kranberi (cranberry) termasuk buah yang manfaatnya populer untuk mengatasi infeksi saluran kemih. Namun, Anda juga bisa makan buah kranberi untuk coba meredakan sakit kepala.

Hal ini dikarenakan kranberi tinggi kandungan salicylic acid yang fungsinya sama seperti aspirin untuk meredakan nyeri. Kandungan ini pula yang dapat mengurangi peradangan, pembengkakan, dan mencegah pembekuan darah yang menjadi penyebab sakit kepala.

6. Apel

Apel merupakan buah yang aman dikonsumsi untuk penderita sakit kepala, termasuk yang memiliki gejala migrain. Pasalnya, buah ini mengandung kadar tiramin yang rendah sehingga tidak menyebabkan sakit kepala. Tak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga bisa Anda coba untuk meredakan sakit kepala yang Anda alami.

Apel disebut mengandung serat yang tinggi serta vitamin C dan beberapa senyawa fitokimia yang berperan sebagai antioksidan. Semua kandungan ini secara tidak langsung dapat membantu meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

Selain dari buah yang langsung dimakan, Anda juga bisa mengonsumsi apple cider vinegar atau cuka sari apel untuk meredakan sakit kepala. Cuka sari apel juga diketahui menjadi salah satu obat alami untuk sakit kepala.

7. Ceri

Buah ceri terkenal khasiatnya untuk menurunkan kadar asam urat seseorang. Tak hanya itu, mengonsumsi buah ini juga diyakini dapat menghilangkan sakit kepala.

Sama seperti apel, kadar tiramin pada ceri juga rendah, sehingga buah ini aman dikonsumsi oleh penderita migrain. Selain itu, para peneliti dari Michigan State University menemukan fakta bahwa, bahan kimia yang memberi warna merah pada ceri dapat mengurangi rasa sakit lebih baik daripada aspirin serta memberikan perlindungan antioksidan yang sebanding dengan suplemen vitamin E.

Buah ini juga dapat menghambat enzim siklooksigenase-1 dan 2 yang sama seperti cara kerja aspirin dan ibuprofen dalam meredakan nyeri pada penderita sakit kepala.

Buah dapat Anda konsumsi rutin untuk membantu meredakan sakit kepala yang Anda alami. Meski demikian, jika sakit kepala yang Anda alami sungguh mengganggu atau menimbulkan rasa tidak nyaman, sebaiknya konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

Buah yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit kepala

khasiat jeruk

Semua jenis buah pada dasarnya baik untuk kesehatan tubuh. Sederet buah di atas bahkan memiliki manfaat tambahan sebagai penghilang sakit kepala.

Namun, ada pula buah-buahan lain yang mungkin justru menjadi pemicu munculnya sakit kepala tertentu. Salah satu contohnya adalah buah-buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk, yang diduga dapat memicu munculnya migrain pada beberapa orang.

Meski begitu, tidak semua orang yang mengonsumsi buah-buahan ini pasti akan mengalami sakit kepala migrain. Anda dikatakan sensitif terhadap buah tertentu jika mengalami sakit kepala secara konsisten 20 menit hingga 2 jam setelah memakannya.

Penyebab migrain pada setiap orang itu sendiri mungkin berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika Anda ingin mengetahui penyebab migrain Anda cobalah untuk menulis buku harian yang mencatat waktu terjadinya sakit kepala yang Anda alami. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami apa penyebab dari munculnya sakit kepala.

Jika buah tertentu cenderung memicu sakit kepala, akan lebih baik untuk Anda mengonsumsinya jarang-jarang atau dalam porsi yang dibatasi.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Gegar Otak

Gegar otak adalah kondisi yang bisa menyebabkan seseorang hilang ingatan. Penasaran dengan kondisi ini? Yuk, baca selengkapnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Otak dan Saraf 3 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Sakit Kepala Migrain?

Makanan pedas sering kali diandalkan untuk mengatasi rasa sakit kepala atau migrain. Tapi benarkah makanan itu dapat menyembuhkan sakit kepala Anda?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Nutrisi 1 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Nyeri Kronis

Nyeri kronis adalah jenis penyakit yang menyebabkan kerusakan jaringan yang dapat berlangsung selama berbulan-bulan hingga menahun. Simak Info Selengkapnya Hanya di Hello Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan, Gejala dan Kondisi Umum 29 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah keluhan nyeri yang umum. Cari tahu informasi tentang penyebab, gejala, pengobatan, serta cara pencegahannya di Hello Sehat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Otak dan Saraf, Sakit Kepala 28 Desember 2020 . Waktu baca 13 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
sakit kepala belakang

Sakit Kepala Belakang

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 14 Januari 2021 . Waktu baca 16 menit