7 Teknik Pijatan Akupresur untuk Redakan Sakit Kepala

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Saat sakit kepala menyerang, Anda mungkin secara refleks memijat bagian pelipis atau belakang kepala untuk meredakan nyeri. Pijatan di bagian kepala kemungkinan efektif untuk mengurangi rasa sakitnya. Namun, agar Anda memperoleh manfaatnya dengan optimal, pelajari dulu teknik atau cara pijat dan mana saja titik pijatan yang tepat untuk meredakan sakit kepala. Berikut informasi mengenai cara mengobati sakit kepala dengan pijatan yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Manfaat pijatan untuk sakit kepala

Titik refleksi atau titik akupresur adalah bagian-bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap tekanan. Ketika titik refleksi ini disentuh atau dipijat, rangsangannya dapat membantu melepaskan ketegangan otot dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga bisa menimbulkan efek menenangkan dalam tubuh dan meringankan rasa sakit di kepala.

Efek yang sama juga bisa dirasakan saat Anda merasakan sakit kepala. Sebuah studi kecil yang dimuat dalam American Journal of Public Health menyebutkan, terapi pijat kepala yang dilakukan dua hingga tiga kali seminggu dapat meredakan sakit kepala tegang pada orang dewasa.

Dalam studi tersebut tertulis, pijatan di titik-titik akupresur yang tepat dapat mengurangi rasa sakit di kepala secara bertahap. Jika pada awalnya peserta mengalami sakit kepala tujuh kali seminggu, kekambuhan sakit kepalanya cenderung berkurang menjadi hanya dua kali seminggu.

Pada penelitian lain juga disebutkan, pasien sakit kepala tegang yang menerima pijatan selama 30 menit melaporkan gejalanya menghilang dalam waktu 24 jam. Selain itu, cara memijat yang tepat juga bisa menurunkan amarah dan ketegangan serta mengurangi depresi atau kecemasan, frekuensi dan intensitas nyeri, pusing, dan penggunaan obat sakit kepala.

Titik-titik pijat akupresur untuk meredakan sakit kepala

Jika Anda ingin meredakan sakit kepala dengan pijatan, Anda harus melakukannya dengan benar. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat refleksi di titik-titik tertentu, seperti tangan, leher, atau bagian lainnya. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Union Valley

Titik pijat sakit kepala Union Valley

Union valley, atau disebut juga dengan teknik He Gu (LI4), adalah titik pijat refleksi atau akupresur yang letaknya berada di antara jempol dan jari telunjuk tangan Anda. Melakukan pijat di titik ini diyakini dapat meredakan rasa nyeri di bagian wajah dan sekitarnya, termasuk sakit kepala tegang, sakit gigi, dan sakit leher.

Caranya:

  1. Jepit titik union valley di tangan kiri dengan jempol dan jari telunjuk kanan Anda. Tahan selama 5 menit. Namun, pastikan saat melakukannya, Anda tidak merasa kesakitan.
  2. Pijat bagian tersebut dengan gerakan memutar ke kiri selama 4-5 detik. Lalu putar ke arah berlawanan selama 4-5 detik.
  3. Lakukan gerakan yang sama pada tangan kanan.

2. Drilling bamboo

Teknik pijat kepala Drilling Bamboo

Drilling bamboo atau bamboo gathering (B2 atau bright light) adalah titik akupresur yang terletak di sudut dalam kedua mata Anda, di pangkal hidung yang dekat dengan ujung alis. Titik pijat ini berhubungan dengan bagian depan kepala, karena itu cara ini sangat cocok untuk meredakan sakit kepala bagian depan, migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala karena sinusitis.

Penglihatan kabur, mata yang nyeri atau gatal, pusing, hingga pilek dan alergi pun bisa diredakan dengan teknik pijat refleksi ini.

Caranya:

  1. Gunakan kedua ujung jari telunjuk Anda, lalu tekan kedua titik akupresur dengan kekuatan yang sama selama satu menit.
  2. Lepaskan selama beberapa detik, lalu ulangi sampai sakit kepala Anda berkurang.
  3. Jika Anda merasakan migrain pada satu sisi kepala Anda, berikan tekanan atau pijat di titik yang berada di sisi tersebut terlebih dahulu, baru melakukan pijat di sisi lainnya.

3. Feng Chi

Titik pijat sakit kepala Feng Chi

Teknik Feng Chi (GB20) sering disebut juga sebagai gerbang kesadaran karena diyakini dapat mengatur sirkulasi otak. Melakukan pijatan di area Feng Chi dapat berguna untuk mengobati sakit kepala tegang dan migrain, serta gangguan penglihatan, vertigo, insomnia, kelelahan, gejala pilek dan flu, hingga tekanan mental.

Titik pijat sakit kepala Feng Chi terletak di bagian belakang kepala, di bawah dasar tengkorak, tepatnya di cekungan antara dua otot leher yang besar. Memijat titik ini bisa merangsang pelepasan endorfin, yaitu pereda nyeri alami tubuh.

Caranya:

  1. Letakkan jari telunjuk dan jari tengah dari kedua tangan pada titik-titik akupresur ini.
  2. Tekan dengan kuat selama 2-3 menit. Arahkan jari Anda menghadap ke atas, lalu lepaskan. Ulangi cara ini sampai sakit kepala Anda terasa lebih ringan.

4. Third eye

Titik pijat sakit kepala Third Eye

Titik third eye, atau dikenal juga dengan Yin Tang (GV 24,5), terletak di antara kedua alis, yaitu tempat bertemunya pangkal hidung dengan dahi. Melakukan teknik pijat di titik akupresur ini sangat cocok untuk Anda yang sering mengalami migrain atau sakit kepala akibat terlalu lama menatap layar komputer atau handphone.

Cara ini juga diyakini dapat meredakan stres, mengatasi depresi, kelelahan kronis, dan perubahan suasana hati, hingga meningkatkan kreativitas dan mempertajam intuisi.

 Caranya:

  1. Tekan titik akupresur ini dengan ibu jari dan telunjuk kanan Anda selama 1 menit. Lepaskan perlahan.
  2. Lakukan secara berulang sampai area mata Anda terasa lebih nyaman dan sakit kepala berkurang.

5. Shoulder well

titik pijat bahu

Untuk menghilangkan sakit kepala dengan pijat, ini bukan berarti Anda hanya fokus pijat kepala di titik-titik di area kepala saja. Menekan dan memijat area bahu juga bisa membantu meringankan sakit kepala, lho!

Titik akupresur yang ada di bahu disebut dengan shoulder well atau Jian Jing (GB21). Titik shoulder well terletak di tengah antara ujung bahu dengan pangkal leher. Bukan cuma membantu meredakan sakit kepala dan migrain, cara memijat di area ini juga bisa mengurangi bahu dan leher yang kaku hingga masalah laktasi pada ibu menyusui. Namun, ibu hamil harus menghindari stimulasi di titik ini karena dapat memicu persalinan.

Caranya:

  1. Gunakan jempol pada kedua tangan, lalu pijat dengan gerakan memutar pada titik ini selama 4-5 detik.
  2. Kemudian lepaskan selama beberapa detik dan ulangi kembali dengan cara yang sama.

6. Bigger rushing

Selain pijatan di sekitar kepala, leher, dan bahu, titik pijat refleksi di kaki juga dapat jadi salah satu cara untuk mengobati sakit kepala. Salah satunya adalah bigger rushing atau disebut juga dengan great surge (LV3). Titik akupresur ini dapat Anda temukan di bagian atas kaki di cekungan tempat ibu jari bertemu dengan telunjuk kaki.

Teknik memijat di titik ini sering digunakan untuk mengobati perut kembung, mual, sembelit, penglihatan kabur dan menstruasi yang tidak teratur. Namun, sakit kepala, termasuk migrain, juga bisa diredakan dengan cara memijat bigger rushing. 

Caranya:

  1. Duduklah dalam posisi yang nyaman dan letakkan kaki kanan Anda di atas paha kiri Anda.
  2. Tekan atau pijat dengan lembut ke titik akupresur selama dua menit, lalu ulangi cara ini pada kaki kiri Anda.
  3. Lakukan pijatan tersebut tiga kali setiap hari untuk hasil terbaik atau setiap Anda mengalami migrain.

7. Above tears

Teknik pijat dengan titik akupresur di kaki lainnya yang dapat Anda coba untuk meredakan sakit kepala dan migrain, yaitu above tears atau disebut juga dengan Zu Lin Qi (GB41). Titik ini dapat Anda temukan di kaki bagian atas, sekitar 2-3 cm di atas jari kaki keempat dan kelima.

Caranya:

  1. Pijat atau tekan titik akupresur pada salah satu kaki dengan kuat, tetapi lembut, dengan ibu jari Anda selama satu menit.
  2. Kemudian lakukan hal yang sama pada kaki lainnya.

Maksimalkan pijatan refleksi untuk meredakan sakit kepala

pijat untuk migrain

Pijatan refleksi untuk meredakan sakit kepala di area-area tersebut memang terkesan mudah. Namun, untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama melakukan teknik titik pijat sakit kepala berikut.

  • Teknik pijat akupresur ini dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri yang nyaman dan rileks.
  • Selalu menekan titik refleksi dengan tekanan yang sama kuatnya.
  • Menarik napas dalam-dalam agar membantu tubuh lebih santai dan rileks.
  • Berhenti melakukan teknik pijat jika sakit kepala yang Anda rasakan semakin parah atau justru menimbulkan rasa sakit lainnya.

Pijat akupresur harus dilakukan dengan tepat agar Anda bisa benar-benar mengatasi sakit kepala yang Anda rasakan. Jika Anda tidak yakin dengan teknik akupresur yang Anda lakukan, lebih baik Anda memercayakan pijat refleksi ini kepada ahlinya.

Jika Anda ingin melakukannya secara mandiri, Anda bisa belajar terlebih dahulu kepada para terapis atau refleksiologis untuk memahami cara melakukannya dengan benar. Baru setelahnya, Anda mungkin boleh melakukan pijat sendiri di rumah.

Apabila setelah menjalani pijat kondisi Anda tidak membaik atau justru semakin buruk, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut atau bisa mencoba cara lainnya, seperti obat alami sakit kepala yang bisa Anda coba di rumah.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Sering kali diet Anda gagal karena Anda tak bisa menahan lapar dan akhirnya menyerah dan kembali makan dengan porsi besar. Begini cara mengatasinya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Tips Berat Badan Turun, Nutrisi 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Mengenakan selimut dan pakaian tebal merupakan salah satu cara menghangatkan tubuh saat kedinginan. Apakah ada cara lainnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
Mengurangi Bau Badan

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tips lari untuk penderita rematik

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit