Mengenal Obat Antiaritmia Grup III

Oleh

Obat-obatan yang mencegah atau mengobati aritmia jantung disebut antiaritmia. Obat-obatan antiaritmia digolongkan berdasarkan penggunaannya dalam 5 kelompok.

Kelompok III meliputi potassium channel blockers dengan efek yang memperpanjang aksi potensi. Hal ini menyebabkan perpanjangan interval QT, yang meningkatkan risiko Torsades de Pointes (TDP), aritmia ventrikel yang bisa mematikan. Agen kelas III yang umum digunakan untuk pemeliharaan ritme sinus normal meliputi:

  • Amiodarone
  • Dronedarone
  • Sotalol
  • Dofetilide

Bagaimana cara kerja antiaritmia grup III?

Potassium channel blockers bekerja dengan menghambat K+ channel yang meningkatkan periode refraktori. Hal ini meningkatkan durasi tanpa mempengaruhi fase 0 dan mengistirahatkan potensi membran. Potassium channel blockers meliputi senyawa antiarrhythmic kelas III yang mengikat dan menghalangi potassium chanel yang bertanggung jawab atas repolarisasi fase 3. Menghambat channel memperlambat repolarisasi dan mengakibatkan peningkatan durasi aksi potensi dan periode refraktori yang efektif.

Apa saja efek samping antiaritmia kelompok III?

Semua senyawa ini, seperti senyawa kelompok III, mengutamakan proarrhythmic dan antiarrhythmic. Sebagai contoh, peningkatan durasi aksi potensi dapat memproduksi Torsades de Pointes (jenis dari ventricular tachycardia) terutama pada pasien dengan sindrom long-QT. Amiodarone, akibat efek kelas IV-nya, dapat menyebabkan hambatan bradycardia dan antriventricular, dan memiliki kontraindikasi pada pasien dengan hambatan jantung atau disfungsi sinoatrial node. Efek samping yang dapat Anda alami meliputi:

  • Perpanjangan interval QT
  • Karena mirip dengan thyroxine, obat-obatan dapat mengganggu fungsi tiroid, sehingga menyebabkan hipo atau hipertiroid
  • Akibat Vd yang lebih besar, terikat, dan terdeposit pada kornea, maka ia menyebabkan masalah penglihatan dan photophobia
  • Memiliki kecenderungan endapan pada kulit, dapat membuatnya sensitif terhadap cahaya matahari. Diskolorasi terjadi pada bagian yang terpapar pada administrasi yang berkepanjangan (akibat kandungan iodin)
  • Pada administrasi yang berkepanjangan, bisa terjadi fibrosis paru-paru
  • Kerusakan hati dapat terjadi akibat metabolisme pada hati

Hal yang perlu diperhatikan

Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan antiaritmia kelompok III. Informasikan dokter jika Anda sedang atau berencana hamil atau sedang menyusui. Juga beri tahu dokter pengobatan apa saja yang Anda gunakan, termasuk suplemen natural dan herbal. Beri tahu dokter jika Anda memiliki alergi terhadap pengobatan antiarrhythmic kelompok III.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca