Puasa manfaatnya bukan hanya untuk belajar menahan hawa nafsu, dan mendapatkan pahala saja. Puasa Ramadan punya manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Manfaat mengejutkan yang bisa didapat dari berpuasa adalah mencegah penuaan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Mari simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat berpuasa untuk mencegah penuaan dini

puasa bebas ISK

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan manfaat berpuasa bisa mencegah tubuh awet muda, panjang umur, dan terhindar dari penyakit kronis. Penelitian ini diterbitkan oleh jurnal Molecular Cell.

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Ming Hui Zou, direktur Center for Molecular and Translational Medicine di Georgia State University di Atlanta. Dr. Zou mengatakan bahwa berpuasa bisa mencegah penuaan pada pembuluh darah.

Ia pun menjelaskan, ketika usia seseorang bertambah tua pembuluh darah yang memasok oksigen ke seluruh tubuh akan menjadi organ tua yang paling sensitif dan cepat rusak. Pada studi ini, tim peneliti mulai fokus pada proses penuaan di pembuluh darah dan bagaimana cara mencegahnya.

Nah, di  sini peneliti menguji tikus sebagai objek uji cobanya. Di mana asupan kalori makanannya dibatasi layaknya orang sedang puasa.  Peneliti melihat bahwa dalam tubuh tikus kelaparan menghasilkan molekul bermanfaat .

Molekul yang didapatkan dari manfaat berpuasa ini dinamakan Beta-hydroxybutyrate dan bisa mencegah penuaan pada pembuluh darah tikus. Beta-hydroxybutyrate adalah keton. Keton adalah molekul yang diproduksi oleh hati dan digunakan sebagai sumber energi ketika cadangan glukosa tidak tersedia.

Tubuh umumnya menghasilkan keton selama puasa atau kelaparan, pada diet rendah karbohidrat, dan setelah berolahraga dalam waktu lama.

Penelitian ini juga mengatakan, beta-hydroxybutyrate dapat menunda proses penuaan yang terjadi pada pembuluh darah. Ini tentunya merupakan kabar baik karena proses penuaan pada pembuluh darah melatarbelakangi beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah dan Alzheimer. Bila pembuluh darah dapat dipertahankan kemudaannya, maka risiko akan penyakit-penyakit tersebut pun menurun.

Manfaat berpuasa untuk meningkatkan metabolisme

Selain baik untuk mencegah penuaan di tubuh, manfaat berpuasa juga ditemukan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses yang dilakukan tubuh untuk mencerna makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Untuk mengetahui manfaat berpuasa, sebuah penelitian meneliti 4 orang sukarelawan yang berpuasa selama 58 jam. Dengan menggunakan metabolomik, atau pengukuran metabolit, para peneliti menganalisis sampel darah lengkap selama puasa. Ini karena saat tubuh manusia kekurangan makanan, akan ada ada sejumlah perubahan metabolisme yang terjadi.

Biasanya, ketika karbohidrat sudah tersedia karena makan teratur sebanyak 3 kali dalam sehari, tubuh akan menggunakannya sebagai bahan bakar. Tetapi begitu tubuh tidak mendapatkan persediaan karbohidrat, ia akan mencari energi di tempat lain.

Dalam proses yang disebut glukoneogenesis, tubuh juga akan memperoleh glukosa dari sumber non-karbohidrat, seperti asam amino.

Para peneliti menemukan proses glukoneogenesis dengan menilai kadar metabolit tertentu dalam darah, termasuk karnitin, dan butirat pada orang yang berpuasa. Selain itu, peneliti melihat adanya peningkatan produk siklus asam sitrat juga.

Siklus asam sitrat terjadi di mitokondria, dan fungsinya adalah untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam tubuh. Ini menandakan mitokondria sebagai sumber pembentuk energi bekerja lebih keras dibandingkan ketika tidak berpuasa. 

Namun penelitian ini masih berskala kecil. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai efek puasa terhadap peningkatan metabolisme tubuh, peneliti berencana untuk melakukan penelitian dengan skala yang lebih besar.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca