backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

10 Ciri-Ciri Anak Pintar Sejak Dini, Apakah si Kecil Termasuk?

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 19/03/2024

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Ciri-Ciri Anak Pintar Sejak Dini, Apakah si Kecil Termasuk?

Punya anak yang pintar pasti membanggakan ya, Bu. Namun sering kali, orangtua baru menyadari bahwa anaknya pintar dari rapor sekolah dasar yang diterimanya. Padahal terkadang, ciri-ciri anak pintar bisa diketahui sejak dini, yaitu ketika memasuki masa balita.

Dengan mengetahui ciri-ciri ini lebih awal, Anda sebagai orangtua bisa membantu mengoptimalkan kecerdasan dan mendukung perkembangan anak. Ketahui beberapa ciri anak cerdas atau pintar melalui ulasan berikut.

Apa yang dimaksud dengan anak pintar?

perkembangan otak anak

Anda mungkin setuju jika anak pintar atau cerdas adalah anak yang istimewa. Pasalnya, menurut beberapa pakar, jumlah anak pintar hanya sedikit ketimbang jumlah populasi dunia.

Anak cerdas istimewa itu sendiri adalah anak yang memiliki bakat atau kemampuan melebihi anak lain pada usianya.

Anak yang pintar atau cerdas juga bisa didefinisikan sebagai anak yang memiliki hasil tes IQ tinggi atau di atas rata-rata.

Beberapa pakar menyebutkan bahwa mereka yang pintar memiliki hasil tes IQ di atas 130.

Namun, pakar lainnya juga menyebut jika anak dengan IQ 115 ke atas, termasuk IQ superior, juga memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata.

Namun, terlepas dari skor IQ-nya, anak yang cerdas atau pintar juga bisa dilihat dari ciri-ciri tertentu yang terkadang ditunjukkan sejak masih balita.

Tahukah Anda?

Melansir laman GreatSchools, banyak pakar menyebutkan bahwa jumlah orang pintar hanya sekitar 3—5% dari total populasi dunia. Beberapa pakar lainnya menyebut jumlahnya bisa mencapai 20%. Namun pada dasarnya, sulit untuk menentukan berapa jumlah anak pintar yang tepat yang ada di dunia.

Ciri-ciri anak pintar atau cerdas yang bisa diketahui sejak dini

Tips untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak pada Usia 1 - 3 Tahun

Berikut adalah beberapa ciri anak cerdas istimewa yang mungkin bisa terlihat sejak si Kecil masih balita.

1. Memiliki memori yang baik

Salah satu ciri-ciri anak pintar, yaitu memiliki memori atau daya ingat yang kuat. Mereka bisa mengingat banyak hal dengan tepat serta dalam waktu yang cukup lama.

2. Cenderung lebih aktif

Anak-anak memang identik dengan sikapnya yang aktif. Namun, anak yang pintar cenderung lebih aktif ketimbang anak pada umumnya dan bahkan tampak seperti tak bisa diam.

3. Rasa ingin tahu yang tinggi

Bukan cuma keaktifannya yang tinggi, rasa ingin tahu anak pintar juga cenderung tinggi. Ia tampak seperti tidak pernah berhenti bertanya mengenai hal yang ingin diketahuinya.

Pertanyaan yang dilontarkan pun sering kali mendalam yang terkadang sulit untuk dijawab oleh orangtua.

4. Bersemangat pada hal yang disukai

Sejalan dengan rasa ingin tahunya, ciri anak cerdas lainnya yaitu bersemangat pada hal yang disukai. Jika menyukai suatu hal, ia bisa terus fokus pada satu hal tersebut dalam waktu yang lama.

Ia bisa sering membaca buku mengenal hal tersebut, kemudian terus menerus membahasnya. Uniknya, sesuatu yang diminatinya ini sering kali merupakan hal yang tak biasa.

5. Berbicara lebih awal dan lancar

Dibandingkan dengan anak-anak seusianya, anak yang pintar umumnya lebih cepat berbicara. Perbendaharaan katanya pun lebih luas ketimbang anak lainnya.

Jika ia lambat dalam bicara sekali pun, perkembangan bahasa si Kecil cenderung pesat dan tinggi sehingga sering kali lebih suka bicara dengan orang dewasa.

6. Kreatif dan imajinatif

Perkembangan kognitif anak pintar cenderung melebihi anak sebayanya. Hal ini membuatnya cenderung lebih kreatif, termasuk dalam memberikan ide-ide hingga memecahkan masalah.

Bukan cuma kreatif, anak yang cerdas istimewa juga adalah anak yang imajinatif. Baby Center menyebut, anak pintar umumnya memiliki imajinasi yang hidup dan kemampuan untuk berfantasi.

7. Memiliki kemampuan berpikir yang cepat

Perkembangan kognitif yang cenderung pesat ini tidak hanya membuat anak pintar menjadi kreatif, tetapi juga bisa berpikir serta menerima dan memahami informasi dengan cepat.

Bukan sekadar memahami, ia juga bisa menggunakan dan menerapkan informasi yang diterimanya tersebut dengan baik.

8. Kemampuan membaca lebih awal

Melihat perkembangannya yang pesat, anak yang cerdas sering kali memiliki kemampuan membaca yang lebih awal dan melampaui tingkat anak-anak pada umumnya.

Kemampuan membaca anak ini terkadang sudah terlihat sejak ia belum memasuki usia sekolah.

Bukan cuma cepat, anak yang pintar juga cenderung suka dan rajin membaca buku untuk memenuhi rasa ingin tahunya yang besar.

9. Lebih peka secara emosional

Apakah anak Anda lebih sensitif secara emosional? Misalnya, apakah ia dapat berempati atau memahami perasaan orang lain dan bisa mengekspresikan emosinya dengan baik?

Jika ya, bisa jadi anak Anda tergolong anak yang pintar. Pasalnya, anak yang lebih peka secara emosional ini merupakan salah satu ciri anak yang cerdas.

10. Lebih humoris

Kata siapa anak yang cerdas cenderung kaku? Justru, anak yang pintar sering kali lebih humoris atau memiliki selera humor yang tinggi sejak dini.

Bahkan terkadang, selera humor anak cerdas ini terkesan absurd atau unik yang tidak dimiliki anak-anak pada umumnya.

Itulah beberapa ciri-ciri anak pintar yang mungkin bisa terlihat sejak dini. Jadi, apakah anak Anda salah satunya?

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 19/03/2024

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan