Bagaimana Menangani Emosi Ketika Remaja Memiliki Penyakit Ginjal Kronis?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 6 menit
Bagikan sekarang

Apa yang bisa pasien dan keluarga mereka lakukan tentang perasaan depresi dan kecemasan?

Perasaan ini sangat umum. Salah satu hal paling membantu yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan mereka. Perasaan adalah nyata dan perlu untuk diekspresikan. Anda mungkin telah diajarkan bahwa  menangis itu “lemah,” tetapi sering kali itulah yang perlu Anda lakukan. Anda dan keluarga Anda akan memiliki lebih banyak kesulitan beradaptasi dengan gagal ginjal jika Anda menyimpan kesedihan dan kecemasan sendiri. Pasien lain dapat menjadi sumber dukungan dan inspirasi yang baik. Minta nama-nama pasien yang dapat Anda jadikan teman berbicara kepada tim perawatan.

Bahkan anggota keluarga terdekat tidak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran Anda. Mengekspresikan kebutuhan Anda adalah hal yang baik. Dengan adanya stres akibat penyakit ginjal, penting untuk menjaga rasa hangat dan kedekatan dengan keluarga dan teman-teman. Mengungkapkan perasaan secara terbuka dan jujur penting untuk kesehatan keluarga Anda dan ketenangan emosional Anda. Namun, penting untuk tidak membuat anggota keluarga Anda merasa bersalah tentang penyakit atau untuk melampiaskan kemarahan Anda tentang penyakit ini pada mereka.

Pasien mungkin merasa mereka adalah beban bagi keluarganya. Penting untuk menyadari bahwa gagal ginjal tidak terjadi hanya pada diri Anda sendiri, tetapi juga terjadi pada keluarga Anda. Berbagi pikiran dan perasaan dalam cara yang baik dan jujur dapat membantu Anda dan keluarga Anda. Termasuk perasaan negatif seperti kesedihan, kemarahan, ketakutan dan kebencian. Menyimpan pikiran-pikiran dan perasaan ini sendirian akan membuat jarak emosional antara anggota keluarga.

Bagaimana pasien dan keluarga mereka dapat menangani stress dari penyakit ginjal kronis?

Penting untuk menyadari bahwa tekanan dan frustrasi dari gagal ginjal adalah nyata dan merupakan waktu yang sangat sulit. Anggota keluarga mungkin merasa seolah-olah ingin menyerah, terutama jika mereka belum pernah menghadapi tantangan besar sebelumnya dan diagnosis merupakan hal tak terduga. Mereka mungkin merasa tak berdaya karena mereka tidak bisa berbuat apa-apa terkait penyakit ini. Mereka mungkin marah karena penyakit ginjal terjadi pada keluarga mereka. Mereka mungkin takut bahwa pasien bisa meninggal. Mereka mungkin merasa bersalah jika mereka tidak menyadari betapa seriusnya penyakit ini.

Masa kebingungan dan ketegangan dapat terjadi karena semua orang mencoba untuk mengatasi tuntutan penyakit, kecemasan pengobatan, gangguan kehidupan sehari-hari dan tiba-tiba “pengawasan” dari sistem perawatan kesehatan. Gagal ginjal memerlukan perubahan dalam gaya hidup. Tugas-tugas rutin dan kegiatan yang membutuhkan kekuatan fisik mungkin sulit untuk dilakukan sekarang. Anggota keluarga atau teman-teman mungkin harus mengambil alih tanggung jawab tambahan.

Akhirnya, kehidupan keluarga dapat kembali mendekati normal, dengan pengobatan dimasukkan sebagai rutinitas baru.

Langkah-langkah berikut dapat membantu untuk mengurangi stres:

  • Berbicara dengan staf di unit dialisis atau klinik transplantasi
  • Tuliskan pertanyaan sebelumnya dan menginformasikan anggota keluarga tentang perubahan dalam pengobatan
  • Cari tahu sebanyak mungkin tentang penyakit melalui Lembaga Ginjal Nasional, kelompok dukungan lokal atau nasional, materi tertulis dan kelas pendidikan
  • Tetap terlibat dalam hal-hal yang menyenangkan, aktivitas dan tanggung jawab sehari-hari
  • Cari waktu untuk berolahraga yang sesuai dengan kondisi Anda
  • Berbagi perasaan Anda dengan keluarga atau teman dekat
  • Berbagi perasaan dengan pasien lainnya
  • Carilah bantuan dari pekerja sosial di unit dialisis atau klinik transplantasi atau dari konselor luar, jika masalah keluarga atau pribadi perlu mendapat perhatian lebih
  • Cari waktu untuk menikmati alam bebas
  • Cobalah untuk mencapai tujuan Anda sebelumnya dan mengatur perawatan Anda yang sesuai tujuan Anda
  • Bersabarlah dan menetapkan tujuan yang realistis dalam menyesuaikan diri dengan semua perubahan gaya hidup.

Apakah normal untuk pasien dialisis terkadang merasa kecewa dengan staf di unit dialisis?

Ya. Setiap unit dialisis berbeda dari setiap perawatan kesehatan lainnya. Unit dialisis hampir menjadi “keluarga kedua” karena jumlah waktu yang Anda habiskan di sana. Staf benar-benar peduli tentang kesehatan dan kesejahteraan Anda. Namun, seperti halnya dengan anggota keluarga, adalah normal untuk merasa frustrasi dan marah pada mereka kadang-kadang. Kebencian yang disebabkan oleh rasa ketergantungan pada orang lain adalah penyebab paling umum munculnya perasaan ini. Penting bagi Anda untuk membicarakan kekhwatiran Anda dengan staf melalui cara yang sopan. Menyimpan rasa kebencian rapat-rapat pada diri sendiri dapat mempengaruhi perawatan Anda, kesehatan dan penyesuaian.

Kapan sebaiknya mencari konseling profesional?

Hidup dengan penyakit ginjal dan pengobatannya dapat menjengkelkan, terutama di minggu-minggu dan bulan-bulan awal. Kebanyakan pasien dan keluarga melalui masa berduka ketika mereka mencoba untuk menyesuaikan diri dengan perasaan yang kompleks dan membuat perubahan yang diperlukan. Banyak orang bertanya-tanya apakah mereka akan mampu mengatasi dengan cukup baik dan apakah perasaan mereka “normal.” Kebanyakan orang melalui periode krisis di awal, tetapi dengan dukungan dari keluarga, teman, staf medis dan pasien lain, mereka akhirnya menyesuaikan diri dengan kehidupan penyakit ginjal.

Unit dialisis dan fasilitas transplantasi memiliki pekerja sosial terlatih secara profesional yang tersedia untuk memberikan konseling penyesuaian. Umumnya, hal berikut mungkin mengindikasikan perlunya bantuan tenaga profesional:

  • Depresi berlangsung lebih dari dua minggu
  • Berpikir untuk bunuh diri
  • Kehilangan nafsu makan atau nafsu makan meningkat
  • Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur
  • Kehilangan minat dalam kegiatan yang biasa Anda nikmati
  • Berulang kali merasa marah
  • Obat atau penyalahgunaan alkohol
  • Ketidakmampuan untuk membuat keputusan
  • Isolasi sosial

Melalui konseling, pasien dan keluarga dapat belajar menguatkan batin mereka dan mempelajari cara-cara baru untuk mengatasi penyakit ginjal dan pengobatan yang diperlukan. Jika tambahan bantuan profesional yang diperlukan melampaui apa yang bisa diberikan oleh pekerja sosial, minta rujukan ke klinik mental setempat atau konselor swasta (psikiater, psikolog atau pekerja sosial). Ingat, meminta bantuan bukanlah tanda bahwa Anda lemah, namun keinginan Anda untuk menjadi lebih baik.

Apakah normal untuk pasien ginjal memiliki perubahan suasana hati?

Kemurungan adalah umum di antara pasien ginjal. Hal ini sering dianggap akibat dari faktor-faktor berikut:

  • Uremia, atau penumpukan produk limbah dalam darah, bisa menyebabkan iritasi pada sistem saraf, menyebabkan peningkatan iritabilitas
  • Beberapa obat dapat menyebabkan kemurungan atau membuat Anda tampak tertekan.

Stres yang disebabkan oleh penyakit kronis dapat mempengaruhi berbagai perasaan dan suasana hati. Ini termasuk perasaan iritasi secara umum, kemarahan dan frustrasi atas masalah yang disebabkan oleh penyakit, dan perasaan putus asa dan tidak berdaya ketika berhadapan dengan penyakit yang mengancam jiwa.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Otot Sering Kedutan, Bahaya atau Tidak?

Hampir semua orang pernah mengalami mata atau tangan kedutan. Namun, apakah Anda tahu arti kedutan dan risikonya bagi kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 15/06/2020 . Waktu baca 5 menit

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Tips Sehat 13/06/2020 . Waktu baca 4 menit

Fungsi Penting Air Putih untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Air dibutuhkan oleh seluruh organ dalam tubuh, termasuk ginjal. Lantas, apa fungsi air untuk ginjal? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Tips Sehat 02/06/2020 . Waktu baca 3 menit

Saat Teman Sedang Sedih dan Berduka, Lakukan 4 Hal Ini

Melihat teman yang sedang dilanda rasa sedih dan berduka, pasti membuat Anda juga sedih. Lantas, apa yang harus Anda lakukan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Hidup Sehat, Psikologi 27/05/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

menjaga kesehatan anak dengan penyakit jantung bawaan

Panduan Menjaga Kesehatan Anak dengan Penyakit Jantung Bawaan

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 01/07/2020 . Waktu baca 10 menit
akibat anak terlalu sering dibentak

Apa Akibat Anak Sering Dibentak? Orangtua Perlu Tahu Ini

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 22/06/2020 . Waktu baca 8 menit
penyakit ginjal anak

Perawatan untuk Pasien Setelah Menjalani Transplantasi Ginjal

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 19/06/2020 . Waktu baca 6 menit
hipnoterapi

Memanfaatkan Hipnoterapi untuk Menyembuhkan Trauma Psikologis

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 18/06/2020 . Waktu baca 5 menit