Semua yang Perlu Anda Tahu Seputar Batu Ginjal

Oleh

Apa itu batu ginjal?

Batu ginjal adalah materi padat yang terbentuk di ginjal ketika ada tingkat tinggi zat tertentu dalam urin. Zat ini biasanya ditemukan dalam air seni dan tidak menimbulkan masalah jika tidak parah.

Sebuah batu mungkin menetap dalam ginjal atau bergerak menyusuri saluran kemih. Batu ginjal memiliki ukuran yang bervariasi. Sebuah batu ukuran kecil bisa keluar dengan sendirinya, menyebabkan sedikit rasa sakit atau tidak sakit sama sekali. Sebuah batu ukuran besar bisa terjebak di sepanjang saluran kemih. Sebuah batu yang terjebak dapat memblokir aliran urin, menyebabkan sakit parah atau perdarahan.

Apa penyebab batu ginjal?

Batu ginjal disebabkan oleh tingginya tingkat kalsium, oksalat, dan fosfor dalam urin. Beberapa makanan dapat menyebabkan batu ginjal pada orang-orang tertentu. Anda mungkin lebih cenderung terkena batu ginjal jika Anda memiliki:

  • suatu kondisi yang mempengaruhi kadar zat dalam urin Anda yang dapat menyebabkan pembentukan batu
  • memiliki riwayat keluarga terkena batu ginjal
  • kambuh atau berulangnya, infeksi saluran kemih
  • penyumbatan saluran kemih Anda
  • masalah pencernaan

Anda juga mungkin lebih cenderung terkena batu ginjal jika Anda tidak minum cukup cairan atau jika Anda menggunakan obat-obatan tertentu.

Apa saja jenis batu ginjal?

Para dokter telah menemukan empat jenis utama dari batu ginjal:

  • Jenis batu yang paling umum mengandung kalsium. Kalsium adalah bagian normal dari diet yang sehat. Kalsium yang tidak digunakan oleh tulang dan otot pergi ke ginjal. Pada kebanyakan orang, ginjal mengeluarkan ekstra kalsium bersamaan dengan sisa urin. Orang yang memiliki batu kalsium menyimpan kalsium dalam ginjal mereka. Kalsium yang tetap berada di belakang bergabung dengan produk-produk limbah lain untuk membentuk batu. Seseorang dapat memiliki kalsium oksalat dan batu kalsium fosfat, meskipun batu kalsium oksalat lebih umum.
  • Sebuah batu asam urat bisa terbentuk ketika air seni mengandung terlalu banyak asam. Orang-orang yang makan banyak daging, ikan, dan kerang mungkin terkena batu asam urat.
  • Sebuah batu struvite dapat terbentuk setelah Anda memiliki infeksi ginjal.
  • Batu sistin adalah hasil dari kelainan genetik, yang berarti masalah diturunkan dari orangtua ke anak. Gangguan tersebut menyebabkan sistin bocor melalui ginjal dan ke dalam urin.

Seperti apa batu ginjal itu?

Batu ginjal bervariasi dalam ukuran dan bentuk. Batu mungkin bisa sekecil butiran pasir atau sebesar mutiara. Beberapa batu bahkan sebesar bola golf. Batu mungkin berterkstur halus atau bergerigi dan biasanya berwarna kuning atau coklat.

Apa saja gejala batu ginjal?

Anda mungkin memiliki batu ginjal jika Anda:

  • memiliki rasa sakit saat buang air kecil
  • adanya darah dalam urin Anda
  • merasakan nyeri di punggung atau perut bagian bawah-daerah antara dada dan pinggul

Rasa sakit bisa berlangsung untuk waktu yang pendek atau panjang. Anda mungkin mengalami mual dan muntah disertai rasa sakit. Jika Anda memiliki batu kecil yang dapat lewat dengan mudah, Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali.

Kapan saya harus menghubungi dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika Anda memiliki salah satu dari hal berikut:

  • rasa sakit yang hebat di punggung atau perut bagian bawah yang tidak hilang
  • adanya darah dalam urin Anda
  • demam dan menggigil
  • muntah
  • urin yang berbau tidak sedap atau terlihat kabur
  • sakit ketika buang air kecil

Masalah-masalah ini mungkin menandakan Anda memiliki batu ginjal atau kondisi yang lebih serius.

Bagaimana mendiagnosis adanya batu ginjal dalam tubuh?

Untuk mendiagnosis batu ginjal, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan bertanya tentang riwayat kesehatan Anda. Dokter mungkin menanyakan apakah Anda memiliki riwayat keluarga batu ginjal dan tentang diet Anda, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya. Dokter dapat melakukan tes urin, darah, dan tes pencitraan untuk melengkapi diagnosis.

  • Tes urin dapat menunjukkan apakah Anda memiliki infeksi atau urin Anda mengandung zat-zat yang membentuk batu.
  • Tes darah dapat menunjukkan masalah yang menyebabkan batu ginjal.
  • Tes pencitraan digunakan untuk menemukan lokasi batu ginjal dalam tubuh Anda. Tes juga mungkin dapat menunjukkan masalah yang menyebabkan batu ginjal terbentuk.

Bagaimana mengobati batu ginjal?

Perawatan untuk batu ginjal biasanya tergantung pada ukuran dan material. Batu ginjal dapat diobati oleh dokter atau ahli urologi (dokter spesialis saluran kemih). Anda mungkin memerlukan pengobatan jika Anda memiliki gejala atau jika batu ginjal menghalangi saluran kemih Anda. Batu-batu kecil biasanya tidak membutuhkan pengobatan. Namun, Anda mungkin perlu obat nyeri. Anda juga harus minum banyak cairan untuk membantu memindahkan batu. Jika Anda sering muntah atau tidak minum cukup cairan, Anda mungkin perlu untuk pergi ke rumah sakit dan mendapatkan cairan melalui jarum di lengan Anda.

Jika Anda memiliki batu ginjal yang besar atau saluran kemih Anda diblokir, ahli urologi dapat mengangkat batu atau memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan perawatan berikut:

  • Kejutan gelombang lithotripsy. Seorang urologi dapat menggunakan mesin gelombang kejut untuk menghancurkan batu ginjal. Gelombang kejut bergerak dari mesin ke tubuh Anda. Potongan-potongan kecil dari batu kemudian melewati saluran kemih Anda.
  • Ureteroscopy. Urolog menggunakan alat panjang, seperti tabung dengan lensa mata, yang disebut ureteroscope, untuk menemukan batu. Alat ini dimasukkan ke dalam uretra dan melalui kandung kemih ke ureter. Setelah batu ditemukan, urologi dapat mengankat atau dapat memecahnya menjadi potongan-potongan kecil dengan energi laser.
  • Nephrolithotomy perkutan. Urolog menggunakan alat penglihat kawat-tipis, yang disebut nephroscope, untuk menemukan dan menghilangkan batu. Alat ini dimasukkan langsung ke dalam ginjal melalui luka kecil yang dibuat di punggung Anda. Untuk batu yang lebih besar, gelombang kejut juga dapat digunakan untuk memecah batu menjadi potongan-potongan kecil.

Bagaimana cara mencegah terbentuknya batu ginjal?

Untuk mencegah batu ginjal, Anda perlu mengetahui penyebab batu ginjal Anda. Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk mencoba menangkap batu ginjal saat keluar melalui urin Anda. Batu ginjal dapat kemudian dikirim ke laboratorium untuk mengetahui jenis batu itu. Jika Anda memiliki perawatan di rumah sakit dan dokter mengangkat batu lewat operasi, batu tersebut juga akan dikirim ke laboratorium untuk pengujian.

Dokter Anda mungkin meminta Anda untuk mengumpulkan urin Anda selama 24 jam setelah batu keluar atau sudah diangkat. Dokter Anda dapat mengukur berapa banyak urin yang Anda hasilkan dalam satu hari dan tingkat mineral dalam urin. Anda cenderung mengalami pembentukan batu jika Anda tidak cukup buang air kecil setiap hari atau memiliki masalah dengan kadar mineral.

Setelah Anda tahu jenis batu ginjal yang Anda miliki, Anda dapat membuat perubahan dalam makanan, diet, dan nutrisi Anda serta menggunakan obat-obatan untuk mencegah terjadinya batu ginjal di masa depan.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca