Mengobati Kanker Payudara Dengan Bantuan Kacang Kedelai

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Pada tahun 2011, kanker payudara bertanggung jawab atas kematian lebih dari 508 ribu wanita di dunia. Namun sekarang ini, dengan penanganan medis yang tepat serta dukungan makanan yang sehat, telah banyak pasien kanker payudara yang berhasil disembuhkan. Salah satu fakta yang baru-baru ini terungkap adalah ternyata kacang kedelai mampu mencegah serta mengobati kanker payudara.

Apa yang menyebabkan kacang kedelai mampu membantu pengobatan kanker payudara?

Kacang kedelai meningkatkan angka harapan hidup pasien kanker payudara

Kacang kedelai adalah sumber protein nabati yang biasanya diolah menjadi susu kedelai, tahu, atau tempe. Tidak sekadar sumber protein yang baik untuk membangun sel tubuh saja, tetapi kacang kedelai bisa digunakan untuk menunjang pengobatan pasien kanker payudara. Hal tersebut telah dibuktikan dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal American Cancer Society, yang menyatakan bahwa kacang kedelai bisa mencegah bahkan meningkatkan angka harapan hidup dari pasien kanker payudara.

Penelitian ini melibatkan sebanyak 6.235 wanita yang didiagnosis mengalami kanker payudara dan diikuti perkembangannya selama 9 tahun. Selama masa penelitian, peserta diminta untuk mengisi kuesioner tentang pola makan mereka sehari-hari dan seberapa banyak makanan olahan kacang kedelai yang dimakannya.

Di akhir penelitian, ditemukan bahwa pasien kanker payudara yang mengonsumsi lebih banyak kacang kedelai dalam makanannya sehari-hari angka harapan hidupnya meningkat hingga 21%.

Kandungan dalam kacang kedelai yang bisa mengobati kanker payudara

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa zat isoflavon – zat yang terkandung di dalam kacang kedelai – berguna untuk mencegah kanker payudara memburuk. Zat isoflavon ini mampu untuk menghambat perkembangan sel kanker payudara dengan cara merangsang peningkatan hormon estrogen di dalam tubuh. Estrogen sendiri telah terbukti dalam berbagai studi ilmiah berperan penting dalam pengobatan kanker payudara.

Selain itu, isolfavon juga termasuk ke dalam kelompok antioksidan dan zat anti peradangan, sehingga sangat berguna untuk membantu mengobati kanker payudara. Antioksidan adalah zat yang mampu mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa menyebabkan sel tubuh berkembang menjadi sel kanker.

Berapa banyak kacang kedelai yang harus dikonsumsi untuk bantu mengobati kanker payudara?

American Institute for Cancer Research menganjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 1-2 porsi kacang kedelai per hari. Satu porsi kacang kedelai dan makanan olahannya setara dengan:

  • Sepertiga gelas kacang kedelai
  • Setengah kacang edamame
  • Satu gelas susu kedelai
  • Satu potong sedang tahu atau tempe

Beberapa studi lain juga mengungkapkan jika kacang kedelai dan semua makanan olahannnya mampu mencegah kanker payudara terjadi pada wanita yang berada di masa premenopause. Kacang kedelai dapat menjadi pilihan sumber protein yang baik, apabila Anda sedang membatasi protein hewani. Bentuk rantai protein yang dimiliki kedelai juga hampir sama seperti daging merah, yang merupakan sumber paling baik sebab mudah dicerna dan diserap untuk tubuh.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: April 14, 2017 | Terakhir Diedit: November 15, 2019

Sumber
Yang juga perlu Anda baca