Tips Berhenti Merokok Bagi Penderita Kanker Hati

Oleh

Berdasarkan penelitian, hampir 50% dari 125 kasus kanker hati disebabkan oleh kebiasaan merokok. Hal ini menunjukkan bahwa merokok secara dramatis meningkatkan risiko kanker hati. Walaupun mengakui fakta ini, Anda mungkin masih kesulitan untuk berhenti merokok. Jangan khawatir! Beberapa tips di bawah ini bisa membantu Anda untuk berhenti merokok.

Temukan alasan Anda

Untuk mendapatkan motivasi, Anda perlu menuliskan alasan pribadi yang kuat untuk berhenti merokok. Anda dapat memulainya dengan membuat daftar alasan mengapa Anda ingin berhenti dan bacalah daftar tersebut ketika Anda membutuhkan dukungan. Usahakan untuk mengingat alasan tersebut, misalnya untuk mencegah keluarga dan kekasih menjadi perokok pasif, menurunkan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, atau kondisi lain, ingin terlihat lebih muda dan lebih kuat, maupun menetapkan contoh yang baik bagi anak-anak Anda. Mungkin alasan tersebut cukup efektif untuk membantu Anda berhenti merokok.

Ubah jenis minuman Anda

Umumnya, alkohol biasa dikonsumsi bersamaan dengan rokok. Teh dan kopi juga bisa membuat rokok terasa lebih enak. Alih-alih minum aljohol maupun minuman yang mengundang hasrat merokok, pilihlah air mineral dan jus. Jenis minuman ini juga baik bagi kesehatan sekaligus dapat membatasi alkohol. Bagi Anda yang terbiasa merokok setelah makan, lakukan kegiatan pengalihan lain seperti menyikat gigi, berjalan-jalan, ngobrol dengan teman, atau mengunyah permen karet sebagai alternatif.

Beri tahu keluarga, teman, dan rekan kerja mengenai rencana berhenti merokok

Meminta dukungan maupun dorongan dari teman dan keluarga dalam rencana Anda untuk berhenti merokok merupakan ide yang baik. Anda juga bisa mendapatkan dukungan dari seorang teman yang ingin berhenti merokok juga agar dapat saling membantu memerangi kecanduan merokok.

Aktif bergerak

Sebuah tinjauan studi ilmiah menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi ketagihan dan dapat memicu otak Anda untuk menghasilkan senyawa anti-craving alias anti-ngidam. Anda dapat memulainya dari gerakan kecil seperti berjalan kaki atau melakukan peregangan selama lima menit. Bila Anda ingin tergoda untuk rokok, Anda bisa berjalan-jalan atau joging untuk melupakan hasrat tersebut. Keinginan Anda untuk merokok dapat berkurang bahkan ketika Anda melakukan olahraga ringan seperti berjalan-jalan dengan anjing Anda atau mencabut rumput liar di kebun. Langkah ini juga membantu Anda untuk mencegah kenaikan berat badan ketika berhenti merokok.

Buang rokok dan produk tembakau lainnya dari rumah, mobil, dan kantor Anda.

Anda harus membuang semua rokok, korek api, dan asbak. Bersihkan pikiran Anda. Hilangkan sesuatu yang berbau asap dengan mencuci pakaian Anda. Pasalnya, langkah ini berguna untuk menghindari hasrat ingin mengisap tembakau.

Biarkan tangan dan mulut sesibuk mungkin

Nicotine replacement therapy (NRT), seperti nicotine patch, tablet, lozenges, permen karet, dan semprotan hidung dapat melipatgandakan peluang Anda agar berhasil dengan rencana berhenti merokok, Anda juga dapat menggunakan produk genggam seperti inhalator atau e-cigarettes.

Alih-alih memegang rokok, peganglah minuman di tangan Anda atau minumlah melalui sedotan untuk menjaga mulut Anda tetap sibuk.

Selain mencegah kanker hati, tindakan berhenti merokok dapat memperbaiki kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Apabila Anda masih kesulitan untuk berhenti, segera temui dokter untuk saran lebih lanjut.

BACA JUGA:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca