Mengalami mata gatal di malam hari bisa membuat tidur terganggu dan tidak nyenyak. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa menurunkan produktivitas Anda karena rasa kantuk yang mengganggu akibat kurang tidur. Apabila Anda sering merasakan gatal pada mata di malam hari, simak cara untuk mencegahnya berikut ini.

Mencegah mata gatal di malam hari

1. Bersihkan area mata sebelum tidur

penyebab mata berair

Debu, bahan kimia, dan makeup yang masih menempel di sekitar mata bisa memicu rasa gatal. Oleh karena itu, sempatkan untuk membersihkan mata sebelum tidur meski Anda sangat mengantuk. Jika Anda menggunakan riasan mata, pastikan untuk membersihkannya secara sempurna hingga tak ada lagi yang tersisa.

Setelah membersihkan area mata, Anda juga bisa mengompresnya dengan air hangat atau dingin agar lebih rileks.

2. Terapkan aturan 20-20-20

kacamata anti radiasi komputer

Mata yang terlalu lelah akibat terlalu lama di depan komputer bisa memicu gatal di malam hari. Oleh karena itu, Anda perlu mencegah kondisi ini dengan mengikuti aturan 20-20-20 untuk mengurangi risiko kelelahan pada mata.

Aturan 20-20-20 artinya setiap 20 menit menatap komputer atau layar gawai, Anda harus memalingkan muka dari layar dan melihat objek lain yang berjarak 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Cara ini akan membuat mata menjadi jauh lebih rileks.

3. Menghindari pemicu alergi

mata perih

Jika penyebab gatal di mata karena Anda memiliki alergi, hindari pemicunya. Misalnya jika Anda alergi dengan serbuk sari, pastikan untuk tidur dengan jendela tertutup untuk mencegahnya terbawa masuk ke dalam kamar.

Selain itu, Anda juga harus rutin ganti seprai untuk mencegah tungau bersarang dengan subur di kasur. Tak hanya itu, jangan malas untuk membersihkan kamar jika Anda memiliki alergi debu. Sapu dan pel kamar setiap hari agar tetap bersih sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman.

4. Gunakan humidifier

manfaat Humidifier

Mata yang kering bisa memicu rasa gatal di malam hari. Untuk mencegah mata kering, gunakan humidifier atau pelembap udara. Selain melembapkan udara, humidifier juga efektif untuk menangkal virus dan debu yang bisa menyebabkan alergi. Namun jika Anda tidak memiliki humidifier, gunakan tetes mata untuk menjaga mata tetap lembap sepanjang malam.

5. Jangan gunakan lensa kontak seharian penuh

mata perih saat pakai softlens

Faktanya, lensa kontak yang digunakan seharian bisa membuat mata gatal di malam hari. Hal ini bisa disebabkan karena lensa yang kotor, mata yang kering, atau iritasi. Oleh karena itu, jangan gunakan lensa kontak seharian penuh.

Untuk lebih amannya, pilih lensa kontak sekali pakai. Meski lebih mahal dan boros, lensa kontak jenis ini bisa mencegah mata mengalami iritasi. Namun, jangan gunakan lensa kontak terlebih dahulu jika setiap kali memakainya di siang hari, malamnya mata terasa gatal.

Saat mata gatal, hal terpenting yang perlu diingat yaitu jangan menguceknya. Mengucek mata merangsang tubuh untuk memproduksi histamin lebih banyak sehingga gatal akan jadi semakin parah. Selain itu, mengucek mata juga bisa mendorong bakteri untuk masuk dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca