10 Obat Alami yang Mujarab Menyembuhkan Diare

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Terkena diare memang tidak nyaman. Selain perut rasanya mulas tak karuan, Anda juga pasti capek harus bolak-balik untuk menuntaskan urusan di kamar kecil. Namun, jangan khawatir. Ada beberapa pilihan obat diare alami yang bisa Anda gunakan di rumah sembari istirahat untuk memulihkan tubuh.

Obat diare alami yang bisa Anda coba di rumah

Setidaknya beberapa dari 11 pilihan obat diare ini mungkin sudah tersedia di rumah Anda:

1. Air putih atau jus buah segar

Mengonsumsi cairan yang banyak bisa menjadi obat diare alami sekaligus mencegah dehidrasi. Pelan-pelan tingkatkan porsi cairan yang Anda minum, setidaknya 1 liter per jam selama 1-2 jam.

Anda boleh mengonsumsi cairan bening seperti air putih atau jus buah setiap hari. Namun, pastikan jus buahnya terbuat dari buah asli dan tidak ditambah pemanis, entah gula, madu, atau susu.

Selama diare, hindari dulu minum alkohol dan kafein.

2. Oralit bikinan sendiri

Anda rentan kena dehidrasi selama diare karena tubuh kehilangan banyak cairan yang keluar bersama feses. Selain cairan, nutrisi dan mineral penting yang tersimpan dalam tubuh juga bisa hilang. Kekurangan nutrisi bisa memperparah gejala diare Anda.

Menurut dokter Donald Kirby, MD, direktur Pusat Cleveland Clinic’s for Human Nutrition, Anda bisa mengonsumsi cairan oralit bikinan sendiri sebagai obat diare alami di rumah. Caranya cukup larutkan 6 sendok teh gula pasir dan 1/2 sdt garam dalam 1 liter air. Aduk merata, dan minum segelas tiap 4-6 jam sekali.

Gula dan garam adalah elektrolit. Garam dapat menahan simpanan cairan dalam tubuh, sementara gula membantu tubuh Anda menyerap garam. Dua kombinasi ini membantu Anda terhindar dari dehidrasi akibat diare.

3. Pisang

Pisang merupakan buah yang bisa menjadi obat diare alami. Pisang kaya akan kalium yang membantu menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh Anda akibat diare parah.

Kandungan serat dan pektin dalam pisang juga dapat membantu menyerap cairan di usus. Dengan begitu, feses yang keluar akan lebih padat dan tidak berair. 

Makan satu atau dua buah pisang setiap hari membantu mengembalikan memulihkan kerja sistem pencernaan Anda.

4. Makanan yang mengandung probiotik

Probiotik adalah sekumpulan bakteri sehat yang umumnya ditemukan di dalam sistem pencernaan tubuh, biasanya ada di usus. Probiotik dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat yang ada untuk melawan kuman dalam saluran pencernaan penyebab diare.

Salah satu produk probiotik yang bisa Anda dapatkan saat sedang diare adalah di dalam yogurt. Menurut dr. Kirby, saat diare tidak dianjurkan mengonsumsi produk susu, seperti susu cair atau keju. Namun, ada sebuah pengecualian untuk yogurt dan kefir. Keduanya merupakan minuman susu fermentasi yang mengandung probiotik.

Kedua minuman tersebut dapat memulihkan jumlah bakteri baik untuk meredakan diare. Pastikan yogurt atau kefir untuk obat diare alami Anda mengandung rendah gula. Pasalnya kadar gula yang lebih tinggi berpotensi memperburuk gejala diare.

5. Kentang

Kentang adalah salah satu obat diare alami yang bisa Anda konsumsi saat masih terus buang-buang air. Seperti pisang, kentang juga mengandung kalium yang bagus untuk meredakan diare. 

Jangan lupa untuk mengupas bersih kulit kentang saat ingin mengolahnya. Anda bisa mengukus atau merebus kentang sebagai menu makanan saat diare, dengan menambahkan sedikit garam.

Akan tetapi, hindari terlalu banyak menambahkan mentega, margarin, bumbu asam, atau saus pedas. Bumbu-bumbu tersebut dapat membuat diare makin parah. 

6. Wortel

Wortel adalah sayuran yang kaya akan kandungan pektin. Seperti yang telah diurai di atas, pektin membantu menyerap kelebihan cairan di usus sehingga feses yang keluar akan lebih padat. 

Anda bisa membuat bubur atau sup wortel dengan menumbuknya sampai halus lalu memblendernya dengan sedikit air. Sajikan di mangkuk kecil dan makan ¼ – ½ mangkuk setiap jam.

Sebetulnya sayuran apa pun bisa menjadi obat diare alami ketika sedang di rumah. Ini karena sayuran memberikan nutrisi penting seperti serat dan vitamin yang melancarkan pencernaan. Jika tidak ada wortel, kacang hijau dan buah bit bisa jadi pilihan Anda.

7. Gandum

Makanan dari gandum merupakan makanan sehat yang baik untuk pencernaan. Tidak terkecuali untuk menangani diare.

Sebagai obat diare alami, Anda bisa mengonsumsi roti putih atau pasta gandum. Keduanya mengandung sedikit serat sehingga mudah dicerna oleh sistem pencernaan yang sedang bermasalah. 

Hindari makan roti pakai mentega, margarin, madu, selai, meises, atau bahkan sirup selama masih diare. Hal yang sama berlaku juga saat memasak pasta. Sebisa mungkin hanya gunakan sedikit minyak zaitun sebagai bumbunya. Hindari menambahkan krim susu, bubuk cabai, atau saus pedas sebagai bumbu masak pasta.

Alternatifnya, Anda bisa makan bubur gandum alias havermut (oatmeal). Serat dalam oatmeal termasuk mudah larut dan diserap oleh pencernaan. Serat juga dapat membantu memadatkan feses saat Anda BAB.

Saat makan oatmeal untuk obat diare, hindari menambahkan gula, madu, atau produk susu sebagai perasa. Agar bubur oatmeal Anda tetap menggugah selera, Anda bisa menambahkan irisan pisang sebagai topping

8. Teh jahe

Jahe merupakan rempah yang bersifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri sehingga didapuk baik sebagai obat diare alami. Selain itu, antioksidan dari jahe dapat memberikan dampak positif pada sistem pencernaan perut Anda.

Diare biasanya hanya berlangsung selama beberapa hari. Nah, untuk menenangkan perut yang melilit coba rebus irisan jahe dan minum selagi hangat. 

Minum teh jahe juga dapat membantu mengisi kembali cairan tubuh yang hilang banyak saat terkena diare.

9. Sup kuah kaldu ayam

Kuah sup ayam dapat menjadi obat diare alami untuk menggantikan kebutuhan cairan tubuh saat diare.

Sup kaldu dari rebusan daging ayam juga lebih mudah dicerna ketimbang makanan padat lainnya sehingga memudahkan kerja saluran pencernaan Anda

Selain itu, sup juga termasuk makanan bergizi seimbang karena berisi beragam jenis makanan. Mulai dari potongan sayur-sayuran, daging ayam, kentang, hingga air. Dengan begitu, Anda tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi yang bervariasi.

Hangatnya kaldu dari sup ayam juga membuat perut terasa lebih setelah terus dilanda mulas karena diare. 

10. Daging kukus

Daging hewan seperti sapi, ikan, atau ayam adalah sumber protein yang baik untuk tubuh dan bisa dijadikan obat diare alami. Ini karena protein dapat mengatasi peradangan pada sistem pencernaan. 

Selain itu, jangan lupa hindari memasak daging pakai minyak atau mentega saat Anda terkena diare. Masak daging dengan cara dikukus, atau bila tidak ada kukusan bisa pakai alat pemanggang. 

Pantangan makanan saat diare 

Selama masih diare, usus Anda belum bisa mengolah makanan yang mungkin biasa Anda makan. Maka sebaiknya Anda menghindari beberapa makanan seperti:

  • Makanan pedas, buah-buahan tertentu, alkohol, dan kafein sampai 48 jam setelah semua gejala diare menghilang.
  • Bila Anda ingin makan permen karet, hindari yang mengandung sorbitol.
  • Hindari susu selama dan 3 hari setelah gejala diare Anda hilang. Pengecualian apabila keju yang Anda konsumsi mengandung probiotik.

Baca Juga:

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca