4 Langkah Cerdas Mengendalikan Diabetes Dengan Olahraga

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Diabetes tipe 2 (kencing manis) merupakan suatu kondisi kesehatan yang paling sering dialami orang usia lanjut. Meski demikian, Anda yang berusia muda juga bisa mengalaminya. Nah, rupanya olahraga bisa jadi cara mencegah diabetes berkembang semakin parah. Olahraga untuk diabetes juga diketahui bisa mencegah berbagai jenis komplikasi penyakit yang fatal. 

Bagaimana bisa? Begini, saat Anda olahraga, sel-sel tubuh akan meningkatkan sensitivitasnya terhadap hormon insulin. Dengan begitu, Anda pun bisa mengendalikan kadar gula dalam darah Anda. 

Dr. Michele Olson, seorang profesor ilmu olahraga di Huntingdon College di Amerika Serikat, menganjurkan adanya perubahan yang dilakukan jika Anda mengidap diabetes, yaitu dengan lebih rajin berolahraga. Tidak perlu melakukan olahraga untuk diabetes yang terlalu berat dan esktrem. Ada beberapa tips berolahraga sebagai cara menghindari dan mencegah komplikasi diabetes. Yuk, simak beberapa tips berikut ini.

Tips-tips olahraga untuk diabetes agar lebih terkendali 

1. Selalu cek kadar gula darah sebelum dan sesudah berolahraga

Setiap hendak dan usai berolahraga, Anda harus memeriksa kadar gula darah Anda. Jika kadar gula darah rendah sebelum berolahraga, ada baiknya konsumsi makanan berkarbohidrat sebanyak 15 gram. Anda bisa makan jeruk, selembar roti tawar, atau satu buah apel guna menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Namun, jika kadar gula darah Anda terlalu tinggi sebelum berolahraga, baiknya makan makanan yang kaya protein sekitar satu jam sebelum Anda berolahraga.

2. Kurangi duduk, lebih banyak bergerak

Salah satu cara mencegah diabetes yang paling sederhana adalah banyak bergerak dan beraktivitas. Pasalnya, di masa kini, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar kaca daripada bergerak aktif mengolah tubuh.

Bahkan menurut penelitian yang dipublikasikan oleh National Cancer Institute, olahraga yang dilakukan sehari-hari masih belum bisa mengatasi bahaya dari kebanyakan duduk sehari-hari. Terlebih lagi, sebuah studi dari University of Leicester menemukan dengan mengurangi duduk sebanyak 90 menit setiap hari dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang amat baik orang yang punya penyakit diabetes.

3. Jalan-jalan sehabis makan

Kebanyakan orang akan menghabiskan waktu dengan duduk, mengobrol, atau bahkan tidur sehabis makan. Meskipun memang nikmat, hal ini amat sangat harus dihindari kalau Anda punya diabetes. Masalahnya, setelah makan, gula dari makanan akan diserap tubuh sehingga bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

Para ahli pun menyarankan Anda untuk menunggu sekitar 30 menit setelah makan, dan kemudian berjalan kaki selama 15 menit.

4. Pastikan kadar cairan tubuh tetap seimbang

Jika Anda memiliki diabetes dan hendak berolahraga, Dr. Olson menyarankan Anda untuk minum lebih banyak dari biasanya. Orang dengan diabetes butuh banyak cairan dalam tubuh guna menjaga status hidrasi dan membantu ginjal agar tidak bekerja terlalu keras.

Jangan pernah mengabaikan rasa haus. Ada baiknya Anda minum satu botol air ukuran 500 mililiter (ml) sebelum berolahraga, lalu minum sekitar sepertiga gelas air setiap 15 menit selama Anda beraktivitas fisik dan berolahraga.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Fit Saat Puasa

Jangan sampai karena puasa Anda jadi lemas, lesu, dan mudah sakit. Simak rutinitas yang bisa dilakukan agar tetap fit saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 09/05/2020

4 Tips Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki maag. Namun, jangan khawatir, berikut tips-tips mencegah maag saat puasa.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hari Raya, Ramadan 07/05/2020

5 Tips Lancar Puasa Bagi Anda yang Punya Tekanan Darah Tinggi

Punya masalah hipertensi alias tekanan darah tinggi saat puasa tentu memberikan tantangan sendiri. Agar puasa tetap lancar, ikuti tips ampuhnya berikut ini!

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Hari Raya, Ramadan 04/05/2020

Dua Vitamin dan Mineral yang Paling Diperlukan Tubuh Selama Puasa

Ketika bulan puasa, banyak orang yang mudah sakit dan merasa cepat lemas. Karena itu, Anda butuh minum vitamin C dan zinc untuk mengatasinya. Mengapa?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hari Raya, Ramadan 01/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
minum madu saat sahur

Rutin Minum Madu Saat Sahur Bisa Memberikan 5 Kebaikan Ini

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 17/05/2020
diabetes dan kanker hati

Diabetes Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Hati, Ini Tips Mencegahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Dipublikasikan tanggal: 16/05/2020
buah untuk berbuka puasa

3 Buah Selain Kurma yang Baik untuk Berbuka Puasa

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Monika Nanda
Dipublikasikan tanggal: 14/05/2020