Komplikasi Diabetes: Vitiligo

Oleh

Apa itu vitiligo?

Vitiligo adalah kelainan kulit di mana bercak putih pada kulit muncul di berbagai bagian tubuh akibat penghancuran melanosit, sel-sel yang membuat warna pada kulit. Vitiligo juga dapat mempengaruhi selaput lendir, seperti jaringan di dalam mulut, hidung, dan mata.

Siapa yang mungkin mengalami komplikasi ini?

Dari seribu orang, hanya ada satu atau dua pasien vitiligo. Banyak orang mulai terkena penyakit ini di usia 20-an, tetapi penyakit ini bisa terjadi pada semua usia. Gangguan tersebut mempengaruhi semua ras dan jenis kelamin. Namun, hal ini lebih terlihat pada orang dengan kulit gelap.

Apa saja gejala vitiligo?

Tanda utama vitiligo adalah kehilangan warna (pigmen) yang menghasilkan cahaya atau bercak putih pada kulit Anda. Pada awalnya, pemudaran warna muncul di daerah yang terkena sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir.

Tanda-tanda vitiligo meliputi:

  • Perubahan warna kulit
  • Berubannya rambut di kulit kepala anda, bulu mata, alis atau jenggot (biasanya sebelum usia 35)
  • Hilangnya warna pada jaringan yang melapisi bagian dalam dari mulut dan hidung (selaput lendir)
  • Kehilangan atau perubahan warna dari lapisan dalam dari bola mata (retina)
  • Bercak berwarna pudar di sekitar ketiak, pusar, alat kelamin, dan dubur

Mengapa saya mengalami vitiligo?

Seperti diabetes tipe 1, vitiligo tampaknya adalah gangguan autoimun, di mana sistem kekebalan tubuh meluncurkan serangan tak terarah pada jaringan sendiri. Dalam kasus vitiligo, target serangan autoimun adalah melanosit.

Orang dengan penyakit autoimun tertentu, seperti hipertiroidisme, lebih mungkin untuk mendapatkan vitiligo daripada orang yang tidak memiliki penyakit autoimun.

Para ilmuwan tidak tahu mengapa vitiligo terhubung dengan penyakit ini. Namun, kebanyakan orang dengan vitiligo tidak memiliki penyakit autoimun lainnya.
Vitiligo juga dapat terjadi dalam keluarga. Anak-anak yang orangtuanya mengalami gangguan tersebut lebih mungkin untuk mengembangkan vitiligo. Namun, kebanyakan anak tidak akan mendapatkan vitiligo bahkan jika orangtuanya adalah penderita.

Bagaimana cara dokter mendiagnosis kondisi ini?

Dokter akan menggunakan riwayat keluarga dan medis, pemeriksaan fisik, dan pengujian untuk mendiagnosis vitiligo. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk memilah masalah medis lainnya.

Tes medis yang mungkin dokter Anda minta meliputi:

  • Mengambil contoh kecil (biopsi) dari kulit yang terkena untuk diperiksa
  • Tes darah
  • Pemeriksaan mata

Apa pengobatan untuk vitiligo?

Banyak perawatan yang tersedia untuk membantu mengembalikan warna kulit. Hasilnya bervariasi dan tidak bisa ditebak. Beberapa pengobatan memiliki efek samping yang serius. Oleh karena itu, dokter mungkin menyarankan bahwa Anda pertama kali mencoba memperbaiki penampilan kulit Anda dengan menerapkan produk penggelap kulit atau make-up.

Jika Anda dan dokter Anda memutuskan untuk mengobati kondisi Anda dengan obat atau terapi lainnya, proses dapat berlangsung berbulan-bulan untuk melihat efektivitasnya. Selain itu, Anda mungkin harus mencoba lebih dari satu pendekatan sebelum Anda menemukan pengobatan terbaik.

Perawatan medis meliputi:

  • Obat-obatan (seperti krim) yang Anda oleskan pada kulit
  • Obat-obatan yang Anda konsumsi melalui mulut
  • Sebuah perawatan yang menggunakan obat ditambah ultraviolet A (UVA) cahaya (PUVA)
  • Menghapus warna dari daerah lain sehingga mereka cocok dengan bercak putih.

Perawatan bedah meliputi:

  • Cangkok kulit dari jaringan seseorang sendiri. dokter mengambil kulit dari satu daerah tubuh pasien dan menempel ke daerah lain. Ini kadang-kadang digunakan pada orang dengan bercak vitiligo kecil.
  • Tato pada daerah kecil kulit.

Apa yang dapat saya lakukan untuk menghadapi vitiligo?

Anda mungkin merasa stres, sadar diri, sedih, malu atau bahkan depresi oleh perubahan dalam penampilan Anda yang disebabkan oleh vitiligo. Anda mungkin merasa bahwa kondisi tersebut membatasi kemampuan Anda untuk melakukan kegiatan sehari-hari Anda, terutama jika menyebar atau mempengaruhi daerah tubuh Anda yang terlihat, seperti wajah, tangan, lengan dan kaki. Taktik perawatan diri berikut dapat membantu Anda merawat kulit Anda dan meningkatkan penampilan:

  • Lindungi kulit Anda dari sinar matahari dan sumber sinar UV buatan. Anda juga dapat mencari keteduhan dan memakai pakaian yang melindungi kulit Anda dari sinar matahari.
  • Melindungi kulit dari sinar matahari membantu mencegah kulit terbakar dan kerusakan jangka panjang.

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca