Apakah Diabetes Gestasional Pada Ibu Berbahaya Bagi Bayi?

Oleh

Kebanyakan wanita yang menderita diabetes gestasional melahirkan bayi yang sehat, terutama ketika mereka menjaga gula darah di bawah kontrol, makan makanan sehat, melakukan aktivitas fisik sedang, dan menjaga berat badan yang sehat. Namun, pada beberapa kasus, diabetes gestasional bisa mempengaruhi kehamilan.

Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin terjadi akibat diabetes gestational yang diderita ibu hamil. Perlu diingat bahwa hanya karena Anda memiliki diabetes gestasional, tidak berarti masalah ini akan terjadi.

  • Makrosomia — Tubuh bayi lebih besar dari biasanya. Bayi berbadan besar kadang-kadang terluka saat kelahiran normal melalui vagina, sehingga bayi mungkin perlu dilahirkan melalui operasi Caesar. Komplikasi yang paling umum untuk bayi seperti ini adalah distosia bahu.
  • Hipoglikemia—Gula darah bayi terlalu rendah. Anda mungkin perlu segera memulai menyusui agar bayi mendapatkan lebih banyak glukosa ke dalam sistem tubuhnya. Jika tidak mungkin bagi Anda untuk mulai menyusui, bayi mungkin perlu untuk mendapatkan glukosa melalui tabung plastik tipis di lengannya agar glukosa langsung dimasukkan ke dalam darah.
  • Kulit menguning—kulit bayi berubah kekuningan; bagian putih pada mata mungkin juga berubah warna sedikit. Bila diobati, penyakit kuning bukanlah masalah serius bagi bayi.
  • Sindrom pernapasan distress—bayi mengalami kesulitan bernapas. Bayi mungkin memerlukan oksigen atau bantuan pernapasan lain jika dia mengalami sindrom pernapasan distress.
  • Kadar kalsium dan magnesium rendah dalam darah bayi—bisa bmenyebabkan kejang pada tangan dan kaki, atau kedutananatdau kram otot pada bayi. Kondisi ini bisa diobati dengan suplemen kalsium dan magnesium.

Apakah diabetes gestasional saya akan mempengaruhi kesehatan bayi di masa mendatang?

Diabetes gestasional biasanya tidak menyebabkan cacat lahir. Kebanyakan perkembangan cacat atau fisik terjadi selama trimester pertama kehamilan, antara 1 dan minggu ke-8.

Gestational diabetes biasanya berkembang di sekitar atau setelah minggu ke-24 kehamilan. Wanita dengan diabetes gestasional biasanya memiliki kadar gula darah normal selama trimester pertama, yang memungkinkan tubuh dan sistem tubuh janin untuk berkembang secara normal.

Kenyataan bahwa Anda memiliki diabetes gestasional tidak akan menyebabkan diabetes pada bayi Anda. Tapi, anak Anda berisiko lebih tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Saat anak Anda tumbuh, hal-hal seperti makan makanan sehat, menjaga berat badan, dan melakukan aktivitas fisik sedang yang teratur, dapat membantu mengurangi risiko itu.

Jika bayi Anda makrosomia, atau bertubuh besar saat lahir, maka ia berisiko lebih tinggi untuk obesitas pada masa anak-anak dan dewasa (kelebihan berat badan yang ekstrem). Bayi berbadan besar juga berisiko tinggi untuk terkena diabetes tipe 2 dan sering terkena pada usia lebih dini (lebih muda dari 30).

Akankah diabetes gestasional mempengaruhi persalinan saya?

Kebanyakan wanita dengan diabetes gestasional bisa melahirkan di waktu yang sesuai perkiraan dan menjalani persalinan secara normal. Pada beberapa kasus, diabetes gestasional bisa menentukan bagaimana cara bayi dilahirkan. Bicarakan dengan dokter terkait kekhawatiran soal proses kelahiran.

Bila Anda menderita diabetes gestasional, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat selama kelahiran:

  • Keseimbangan gula darah dan insulin— Menjaga tingkat gula darah di bawah kontrol selama persalinan sangat penting bagi kesehatan Anda sendiri dan kesehatan bayi Anda. Jika Anda tidak menggunakan insulin selama kehamilan, Anda mungkin tidak membutuhkannya selama persalinan. Jika Anda menggunakan insulin selama kehamilan, Anda mungkin menerima suntikan insulin saat persalinan dimulai, atau Anda mungkin mendapatkan insulin melalui tabung plastik tipis di lengan Anda yang masuk ke dalam aliran darah Anda selama persalinan.
  • Persalinan dini— Diabetes gestasional menempatkan perempuan pada risiko yang lebih tinggi daripada wanita tanpa kondisi ini untuk terkena preeklampsia dalam kehamilan mereka nantinya. Preeklampsia adalah suatu kondisi yang berhubungan dengan peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba; dan kondisi ini bisa menjadi serius.
  • Operasi Caesar adalah jenis operasi yang digunakan untuk persalinan bayi, sebagai ganti dari persalinan normal melalui vagina. Memiliki diabetes gestasional bukanlah alasan kenapa Anda melahirkan sesar, tetapi dokter memiliki alasan lain untuk memilih persalinan sesar, seperti perubahan pada kesehatan Anda atau bayi.

Sumber
Yang juga perlu Anda baca