4 Perawatan Psoriasis Arthritis yang Bisa Dilakukan Pasien di Rumah

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Psoriasis arthritis adalah penyakit arthritis yang menyerang orang dengan psoriasis. Kondisi ini menyebabkan munculnya bercak merah pada kulit dengan sisik keperakan yang disertai dengan masalah pada sendi. Gejala tersebut tentu bisa mengganggu aktivitas. Selain perawatan dokter, Anda juga bisa mengobati psoriasis arthritis di rumah. Simak ulasannya berikut ini.

Perawatan di rumah untuk mengobati psoriasis arthritis

Psoriasis arthritis menimbulkan gejala yang mirip dengan rheumatoid arthritis, seperti nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. Hanya saja, setelah masalah sendi muncul, kulit juga akan ikut menimbulkan bercak, sisik keperakan, dan gatal.

Kondisi ini memerlukan perawatan karena bisa memburuk dari waktu ke waktu. Meski tidak bisa disembuhkan, orang dengan penyakit ini harus fokus pada perawatan untuk mengendalikan gejala dan mencegah kerusakan pada sendi yang semakin parah.

Selain pengobatan dari dokter, pasien juga dapat melakukan perawatan di rumah untuk membantu mengobati psoriasis arthritis.

Beberapa perawatan berikut ini bisa Anda lakukan di rumah untuk mengobati psoriasis arthritis, tapi sebelum melakukannya cobalah konsultasikan terlebih dulu ke dokter.

1. Menjaga pola makan

kulit sehat agar awet muda

Salah satu faktor risiko psoriasis arthritis adalah obesitas. Pasalnya, obesitas menyebabkan penimbunan lemak di tubuh dan akhirnya memicu sel-sel peradangan, yaitu sitokin.

Dengan begitu, pasia yang berat badannya tidak  terkontrol kemungkinan besar akan mengalami gejala psoriasis arthritis semakin parah.

Untuk mengatasinya, pola makan tentu perlu diperhatikan oleh pasien. Cobalah lakukan diet antiperadangan untuk menjaga berat badan dan mencegah peradangan memburuk.

Mengobati psoriasis arthritis di rumah dengan cara diet ini, Anda perlu membatasi makanan yang menyebabkan peradangan, seperti daging merah, susu, margarin, atau minyak sayur.

Anda juga harus meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan, seperti sayur berdaun hijau, buah beri, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Jangan lupa untuk memerhatikan porsinya juga.

Selain itu, Anda bisa minum suplemen minyak ikan karena dapat mengurangi peradangan. Akan tetapi, konsultasikan lebih dahulu pada dokter sebelum menggunakannya.

2. Kompres air panas atau es batu

kompres es setelah cedera

Saat masalah sendi muncul, Anda perlu beristirahat sejenak. Salah satu cara mudah untuk mengobati gejala psoriasis arthritis di rumah, yakni dengan menempelkan kompres.

Anda bisa menggunakan es batu untuk kompres agar rasa sakit dan pembengkakannya berkurang. Sensasi dingin dari es juga bisa mengurangi rasa gatal psoriasis di kulit.

Namun, pastikan untuk tidak menempelkan kompres pada kulit lebih dari 15 atau 20 menit karena bisa menimbulkan luka pada kulit.

Jika ingin menggunakan kompres air hangat, Anda perlu berhati-hati. Sensasi panas memang bisa melegakan otot dan sendi kekakuan, tapi juga dapat memicu kulit jadi semakin kering.

Jadi, pilih air yang hangat bukan air panas untuk kompres. Selain itu, beri jeda setiap 5 menit sekali dalam 20 menit ketika menempelkannya pada kulit.

3. Menggunakan Aloe vera atau koyo

manfaat lidah buaya

Gejala psoriasis pada kulit bisa Anda atasi dengan produk oles yang dibeli di toko. Contohnya, gel Aloe vera yang bisa menenangkan kulit dari rasa nyeri dan kemerahan.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa produk ini tidak dapat meredakan gejala dari nyeri sendi dan otot.

Untuk mengobati rasa nyeri sendi di rumah karena psoriasis arthritis, Anda bisa menempelkan koyo. Obat tempel ini mengandung capsaicin, yang efeknya memberikan sensasi panas pada kulit.

Namun, urungkan niat Anda untuk menggunakan koyo jika terdapat luka terbuka pada kulit.

4. Hindari dan kurangi stres

yoga di luar ruangan

Gejala penyakit apa pun, termasuk psoriasis arthritis dapat kambuh jika Anda sedang stres. Jadi, perawatan yang perlu Anda lakukan di rumah adalah mengurangi dan menghindari stres.

Anda bisa mengurangi stres dengan meningkatkan aktivitas fisik, seperti olahraga. Namun, pastikan olahraga tersebut tidak menekan otot maupun sendi yang bermasalah.

Olahraga yang aman untuk orang dengan kondisi ini, meliputi yoga, taichi, dan latihan meditasi.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca