Benarkah Sabun Amoorea Bisa Bikin Kulit Mulus Bebas Jerawat? Cek Faktanya di Sini!

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Semakin banyak orang yang beralih menggunakan produk skin care berbahan alami untuk memberantas masalah kulitnya. Satu yang tengah populer di kalangan wanita adalah sabun amoorea.

Sabun ini diklaim menawarkan segudang manfaat kesehatan untuk kulit. Mulai dari membantu menghilangkan bekas jerawat membandel, mencerahkan wajah, menyamarkan garis halus akibat penuaan dini, hingga menghilangkan mata panda. Namun, benarkah berbagai klaim manfaat sabun amoorea tersebut? Yuk, cek fakta-faktanya dari sisi medis.

Apa itu sabun amoorea?

Sabun amoorea adalah produk perawatan kulit berbentuk sabun batangan yang dapat dipakai dari ujung rambut, wajah, hingga ujung kaki. Jika digunakan rutin dan telaten, sabun ini menjanjikan kulit halus, cerah, dan berseri. Tak hanya itu. Sabun ajaib ini juga diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari menghilangkan selulit, panu, bekas luka, dan masih banyak lagi.

Produsennya mengklaim bahwa sabun ini aman untuk digunakan oleh semua kalangan usia dan jenis kelamin, terlepas dari jenis kulitnya. Sebab sabun amoorea dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami pilihan yang berkualitas dan berkhasiat tinggi. Sama sekali tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Sabun amoorea juga dikatakan aman untu ibu hamil serta menyusui.

Fakta klaim manfaat sabun amoorea

Di Indonesia, sabun ini dipasarkan secara online melalui media sosial. Testimoni bombastis yang banyak beredar di internet membuat sabun ini banyak diburu pembeli. Terutama bagi para wanita muda yang ingin memiliki kulit wajah mulus tanpa noda. Namun, jika ditelaah dari sisi medis, benarkah klaim manfaat sabun amoorea tersebut? Mari teliti satu per satu bahan kandungannya.

1. Heilmoor clay

Heilmoor clay merupakan bahan utama dari sabun amoorea. Heilmoor clay adalah endapan tanah liat kaya nutrisi yang terbuat dari campuran residu lebih dari seribu macam tumbuhan dan bunga-bungaan yang terkubur hingga 19 meter di bawah tanah pegunungan Austria.

Endapan tanah liat ini sudah terbentuk setidaknya lebih dari 2.000 tahun lalu, dan benar-benar terlindungi dari polusi udara, hujan, atau limbah pertanian. Tanpa adanya paparan oksigen yang dapat memulai proses pembusukan, tumbuhan-tumbuhan tersebut akan terus mengalami proses ‘pematangan’ hingga menghasilkan moor. Moor adalah zat cair mirip lumpur berwarna hitam pekat yang bertekstur licin dan kental.

Sebuah penelitian dari Ludwig-Maximilians-Universität di Jerman mengatakan bahwa Heilmoor clay umum digunakan sebagai campuran air rendaman untuk mengatasi gangguan muskoskeletal. Gangguan muskoskeletal adalah masalah pada persendian, otot, saraf, dan tulang. Penelitian yang sama pun menunjukkan bahwa berendam dalam Heilmoor clay berpotensi mengurangi kadar stres kortisol.

Terkait kesehatan kulit, tanah liat asal Austria ini diklaim dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah untuk mengangkat sel kulit mati dan meremajakan kulit. Akan tetapi, penelitian tentang heilmoor clay sampai saat ini sangat terbatas. Masih terlalu dini untuk menyimpulkan heilmoor clay dalam sabun amoorea ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

2. Tea tree oil

Anda mungkin sudah familier dengan pamor tea tree oil yang sejak lama dikenal efektif buat meredakan jerawat merah meradang.

Sebuah penelitian terbitan Australasian Journal of Dermatology tahun 2017 menemukan bahwa tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida untuk mengatasi jerawat taraf ringan hingga sedang. Benzoil peroksida adalah senyawa kimia yang banyak digunakan dalam obat jerawat.

Tea tree juga dipercaya bisa membantu meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit. Namun, butuh lebih banyak penelitian lagi untuk memastikan manfaat ekstrak daun tree tea yang satu ini.

3. Ekstrak licorice

Licorice atau akar manis berasal dari tanah Mediterania dan banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Licorice sering dijadikan salep oles untuk mengobati gatal eksim karena memiliki sifat antibakteri. Namun sayangnya masih sedikit penelitian yang membuktikan manfaat-manfaat ekstrak licorice untuk kulit.

4. Hydration microalagae

Hydration microalagae adalah kombinasi ekstrak ganggang Chlorella dan Haematococcus pluvalis.

Chlorella merupakan jenis mikroalga hijau yang tumbuh di air tawar. Chlorella kaya akan kandungan antioksidan seperi klorofil, vitamin C, beta karoten, likopen, dan lutein. Berbagai kandungan antioksidan tersebut dapat membantu menangkal radikal bebas penyebab keriput, flek hitam, dan garis-garis halus akibat penuaan dini.

Sementara Haematococcus pluvalis adalah mikroalga yang kaya akan kandungan astaxanthin. Astaxanthin alami yang diproduksi H. pluvialis dapat digunakan sebagai obat untuk perawatan anti-aging kulit. Mikroalga satu ini juga bermanfaat untuk membantu melindungi kulit dari radiasi ultraviolet.

Namun, berbagai manfaat kedua mikroalga ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Apakah sabun amoorea aman untuk kulit?

Produsen pembuat sabun ini mengklaim bahwa produknya aman untuk segala kalangan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati ketika menggunakannya. Ingat, bahan alami/herbal tidak selalu aman dan cocok untuk semua orang.

Beberapa orang yang memang memiliki riwayat alergi terhadap bahan herbal tertentu atau salah satu komponen penyusun dalam sabun amoorea mungkin akan mengalami efek samping atau reaksi alergi yang berbahaya. Reaksi bisa muncul segera atau setelah pemakaian dalam jangka waktu lama.

Oleh sebab itu, jika Anda memiliki riwayat alergi sebaiknya konsultasi lebih dulu ke dokter sebelum menggunakan sabun amoorea. Saran ini juga berlaku buat Anda yang memiliki kulit sensitif atau riwayat penyakit kulit tertentu. Hal ini tentu untuk menghindari segala hal buruk yang mungkin saja terjadi.

Masih dibutuhkan banyak penelitian medis dengan cakupan yang lebih luas untuk memastikan keamanan dan efektivitas sabun ini untuk kulit.

Sebelum beli sabun amoorea…

Usahakan untuk selalu membeli produk yang asli dari distributor resmi dan terpercaya. Pastikan juga bahwa produk tersebut sudah terdaftar di Badan POM (BPOM) Indonesia. Anda bisa mengecek produk yang akan Anda gunakan di website resmi BPOM Indonesia.

Pasalnya, kini banyak beredar produk-produk palsu di pasaran. Apabila Anda tidak pintar-pintar dalam berbelanja, bukannya untung, Anda justru bisa buntung.

Intinya, telitilah sebelum membeli produk apa pun. Jadilah pembeli yang cerdas dan selektif. Jangan sekali pun Anda terkecoh dari harga yang lebih murah, testimoni yang berlimpah, atau kemasan yang unik.

Sekali lagi, jangan pernah mengambil risiko untuk merawat kesehatan kulit Anda.

Baca Juga:

Sumber