Berhenti merokok dapat menjadi tantangan, namun berhenti merokok adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. Merokok adalah kebiasaan yang berbahaya, bahkan mematikan. Merokok adalah penyebab utama kanker. Merokok juga meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, penyakit paru-paru dan masalah kesehatan lainnya, seperti retak tulang dan katarak.

Jika patch, permen karet nikotin, konseling, dan metode lain tidak membantu Anda berhenti, jangan menyerah. Tanyakan pada dokter jika Anda dapat mencoba hipnotis. Beberapa studi menunjukkan bahwa hipnotis dapat membantu beberapa perokok untuk berhenti.

Apa itu hipnotis?

Hipnotis adalah perubahan kondisi kesadaran di mana Anda dibuat dalam keadaan trance atau seperti tertidur. Hipnotis klinis digunakan untuk mengobati masalah fisik atau psikologis. Sebagai contoh, hipnotis sering digunakan untuk menolong pasien mengendalikan rasa sakit, serta kondisi lainnya seperti masalah berat badan, kelainan berbicara, dan masalah ketergantungan.

Terdapat perdebatan tentang bagaimana hipnotis bekerja. Beberapa orang percaya bahwa saat Anda dihipnotis, Anda merasa rileks dan lebih berkonsentrasi, serta lebih bersedia mendengarkan sugesti, seperti berhenti merokok.

BACA JUGA: 3 Fakta Tentang Hipnotis untuk Berhenti Merokok

Walau Anda seperti tidak sadar saat hipnotis, Anda bukanlah tidak sadar. Anda masih sadar akan sekitar dan Anda tidak dapat dibuat melakukan hal di luar persetujuan Anda. Uji otak yang dilakukan pada pasien pada sesi hipnotis telah menunjukkan aktivitas neurologis yang tinggi.

Hipnotis untuk perokok

Selama prosedur hipnotis untuk berhenti merokok, pasien akan diminta untuk membayangkan akibat buruk dari merokok. Sebagai contoh, seorang hipnoterapis dapat memberi sugesti bahwa asap rokok berbau seperti asap truk, atau merokok dapat membuat mulut terasa sangat kering.

Metode Spiegel adalah salah satu teknik hipnotis populer yang berfokus pada 3 pokok utama:

  • Merokok dapat meracuni tubuh
  • Anda memerlukan tubuh untuk hidup
  • Anda harus menghargai dan melindungi tubuh Anda

Hipnoterapis akan mengajarkan pasien self-hypnosis dan meminta pasien untuk mengulang kalimat afirmasi tersebut saat keinginan untuk merokok muncul.

BACA JUGA: Perubahan Tubuh Dari Hari ke Hari Setelah Berhenti Merokok

Apakah hipnotis ampuh untuk berhenti merokok?

Hipnotis tidak bekerja untuk semua orang. Sekitar 1 dari 4 orang tidak dapat dihipnotis. Jika berhasil, intensitas hipnotis dapat bervariasi pada masing-masing orang.

Bagaimana hipnotis bekerja untuk menolong perokok berhenti tergantung pada sumber yang Anda tanyakan. Hasil penelitian bervariasi. Pada 2010, ulasan sistematis terhadap studi tidak menemukan cukup bukti yang mendukung penggunaan hipnotis. Ulasan lain yang diterbitkan pada 2012 menunjukkan bahwa studi mendukung kemungkinan manfaat dari penggunaan hipnotis. Dari diskusi metode alternatif untuk berhenti merokok, American Cancer Society menyebutkan bahwa walau studi yang terkontrol tidak mendukung efektivitas dari hipnotis, ada bukti anekdot yang menunjukkan beberapa orang mengalami manfaatnya.

Walau beberapa website dan materi promosional mengklaimnya, hipnotis bukanlah terapi yang telah disetujui. Para peneliti mengatakan bahwa diperlukan lebih banyak studi yang menyeluruh untuk menentukan apakah hipnotis benar-benar membantu perokok menghilangkan kebiasaan merokok untuk selamanya, namun para peneliti menambahkan bahwa hipnotis memiliki harapan dan memiliki keuntungan lainnya. Namun, cara terbaik untuk berhenti merokok adalah dengan kombinasi beberapa teknik.

Yang harus diperhatikan sebelum menjalani hipnoterapi

Jika Anda ingin mencoba hipnotis untuk membantu Anda berhenti merokok, minta penyedia medis untuk merekomendasikan hipnoterapis.

Berikut tips untuk mecari hipnoterapis yang terkualifikasi:

  • Pastikan hipnoterapis memiliki lisensi dan terlatih. Hipnotis untuk alasan medis dan perilaku hanya dapat dilakukan dengan seseorang yang memiliki lisensi yang berlaku pada bidang kesehatan khusus, seperti obat-obatan, psikiatri, psikologi atau perawatan.
  • Waspadalah terhadap klaim atau jaminan yang terlalu menjanjikan. Hipnotis tidak bekerja untuk semua orang.

Ingatlah, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Berhenti merokok memiliki manfaat kesehatan langsung. Apabila Anda berhenti merokok sebelum Anda berusia 50, Anda mengurangi setengah risiko kematian pada 15 tahun ke depan, dibanding dengan orang yang masih merokok.

BACA JUGA: Memanfaatkan Jahe untuk Berhenti Merokok, Efektifkah?

Sumber
Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan
Yang juga perlu Anda baca