home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Pilihan Makanan Pengganti Rokok dan Pantangannya untuk Membantu Anda Berhenti

Pilihan Makanan Pengganti Rokok dan Pantangannya untuk Membantu Anda Berhenti

Ada beberapa makanan pengganti rokok yang memiliki fungsi untuk membantu Anda berhenti merokok. Jadi, jangan berputus asa dulu ketika niat menghentikan kebiasaan merokok terasa begitu berat. Faktanya, efek kecanduan rokok ini bisa ditahan dengan mengatur pola makan yang sehat. Simak penjelasannya berikut ini.

Apa saja makanan pengganti rokok?

Ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh Anda ketika memutuskan berhenti merokok. Salah satu yang paling sering dirasakan setelah berhenti merokok yakni jadi mudah stres.

Bukan cuma itu, reseptor lidah dan hidung Anda pun ikut rusak akibat terkena zat-zat kimia dalam rokok.

Bukan tanpa alasan, satu kepulan asap rokok melepaskan sekitar 7.000 bahan beracun.

Bayangkan hanya dalam satu kali merokok, sudah berapa banyak racun yang merusak saraf-saraf di mulut? Alhasil, saraf di lidah dan hidung jadi baal dan hanya mengenali sensasi bahan aktif dari rokok.

Namun tenang dulu, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Tobacco Induced Diseases, mengatur pola makan ternyata bisa menjadi salah satu cara sukses untuk berhenti merokok.

Berikut ini adalah berbagai makanan untuk berhenti merokok yang bisa membantu Anda.

1. Susu

susu cair UHT

Ketika hasrat merokok kembali muncul, jangan buru-buru mengambil sebatang rokok untuk memuaskan keinginan tersebut.

Ada baiknya, segeralah pergi ke dapur dan ambil segelas susu. Ya, susu bisa menjadi alternatif makanan pengganti rokok.

Susu rupanya dapat membuat rasa rokok menjadi lebih pahit sehingga menjadi tidak nikmat lagi.

Oleh karena itu, minum susu secara rutin dapat membuat rokok yang Anda hisap menjadi tak enak sehingga dapat membantu Anda setop dari kebiasaan tersebut.

2. Sayur dan buah

sarapan sayur

Anda sedang mencari makanan pengganti rokok? Coba pilih berbagai sayur dan buah kesukaan Anda, misalnya jeruk, pir, apel, atau pisang yang mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan serat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research tahun 2013, para mantan perokok yang suka makan sayur dan buah cenderung lebih mudah terbebas dari jeratan rokok.

Bahkan, hasrat untuk setop merokok terus menguat hingga 30 hari ke depan dibandingkan dengan mereka yang jarang makan sayur dan buah.

Sama seperti susu, makan sayur dan buah dapat membantu mengembalikan sensitivitas lidah. Dengan begitu, Anda tak lagi mencari rokok saat stres, justru beralih ke sayur dan buah yang lebih sehat.

3. Popcorn

popcorn-menyebabkan-kanker-700×467.jpg” alt=”popcorn menyebabkan kanker” width=”640″ height=”427″ srcset=”https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/popcorn-menyebabkan-kanker-700×467.jpg 700w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/popcorn-menyebabkan-kanker-400×267.jpg 400w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/popcorn-menyebabkan-kanker-90×60.jpg 90w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/popcorn-menyebabkan-kanker-45×30.jpg 45w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/11/popcorn-menyebabkan-kanker-300×200.jpg 300w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px” />

Siapa bilang bahwa popcorn cuma boleh dimakan saat menonton film? Popcorn juga bisa menjadi makanan andalan sebagai pengganti rokok.

Bukan cuma membuat tangan jadi sibuk ngemil, makan popcorn juga bisa membuat Anda lebih cepat kenyang.

Sekitar 1.000 gram atau setara dengan 5 cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori. Jadi, Anda tak perlu cemas mengalami kegemukan setelah makan popcorn.

Dengan catatan, hindari menambahkan mentega, gula, atau garam pada popcorn. Gantilah dengan sedikit minyak zaitun atau keju parmesan supaya lebih gurih dan menambah cita rasanya.

4. Kacang

kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-700×467.jpg” alt=”meningkatkan kesuburan pria” width=”640″ height=”427″ srcset=”https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-700×467.jpg 700w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-400×267.jpg 400w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-90×60.jpg 90w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-45×30.jpg 45w, https://cdn.hellosehat.com/wp-content/uploads/2018/12/manfaat-kacang-meningkatkan-kesuburan-pria-300×200.jpg 300w” sizes=”(max-width: 640px) 100vw, 640px” />

Salah satu efek berhenti merokok yang paling umum adalah berat badan naik drastis.

Hal ini terjadi karena nafsu makan mantan perokok cenderung meningkat, kemudian dilampiaskan dengan ngemil makanan yang tidak sehat.

Tenang, ini bukan berarti Anda tidak boleh ngemil demi menjaga berat badan tetap stabil. Hal terpenting adalah Anda harus lebih hati-hati saat memilih makanan untuk berhenti merokok.

Agar lebih sehat dan aman untuk berat badan, pilihlah kacang sebagai camilan Anda hari ini.

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Annals of Internal Medicine mengungkapkan bahwa orang yang makan makanan tinggi serat mengalami penurunan berat badan hingga 2,5 kilogram (kg) dalam sebulan.

Makanan tinggi serat ini tidak hanya kacang, tetapi juga termasuk brokoli, raspberry dan jenis buah beri lainnya, serta oatmeal.

5. Kayu manis

kayu manis

Makanan pengganti rokok lainnya yang bisa jadi pilihan Anda adalah satu tangkai kayu manis. Namun, kayu manis ini tidak disarankan langsung dimakan atau dikunyah.

Jadikan kayu manis sebagai pengganti rokok ketika Anda mengidam atau rindu rasanya mengisap rokok.

American Cancer Society menyebutkan bahwa kayu manis dapat mengobati rasa rindu Anda terhadap sensasi mengisap rokok mengingat bentuknya yang mirip dengan sebatang rokok.

Selain kayu manis, Anda juga bisa menggunakan tusuk gigi, lolipop, atau bahkan sedotan.

6. Permen karet

manfaat permen karet

Selain kayu manis, Anda juga bisa menjadikan permen karet sebagai makanan pengganti rokok.

Fungsi permen karet untuk berhenti merokok yaitu membuat mulut Anda sibuk mengunyah. Pilihlah permen karet dengan rasa mint dan tanpa gula.

Selain permen karet, Anda bisa mengunyah makanan lainnya, seperti wortel mentah atau batang seledri.

Makanan yang harus dihindari saat berhenti merokok

Di samping memilih makanan untuk berhenti merokok, ada beberapa jenis makanan yang juga harus Anda hindari.

Pasalnya, ada makanan tertentu yang justru bisa memancing hasrat kembali merokok jadi lebih tinggi.

Berikut makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari karena tidak berperan sebagai pengganti rokok.

1. Kopi

minum minuman panas saat sakit gigi

Berlawanan dengan susu, kopi justru menjadi salah satu teman terbaik untuk diminum saat sedang merokok.

Bukan berarti baik, hal ini justru menjadi bumerang bagi Anda yang sedang berusaha berhenti merokok.

Kandungan kafein dalam rokok dapat merangsang reseptor di lidah untuk kembali merokok.

Sebisa mungkin, hindari jenis minuman ini supaya usaha Anda untuk berhenti merokok bisa sukses.

2. Alkohol

risiko terkena diabetes

Sama seperti kopi, tidak sedikit orang yang suka minum alkohol sembari mengisap rokok dalam waktu yang bersamaan.

Katanya, efek menenangkannya bisa berkali-kali lipat jika Anda melakukannya sekaligus.

Padahal, efek alkohol dan rokok yang menenangkan ini hanya bersifat sementara. Di balik itu semua, ada banyak zat-zat racun yang mengalir dalam darah dan merusak organ-organ tubuh Anda secara perlahan.

Oleh karena itu, alkohol tidak termasuk bahan makanan atau minuman yang berguna sebagai pengganti rokok untuk Anda.

3. Makanan rendah kalori

diet rendah kalori aman

Makanan rendah kalori kerap dikira dapat membantu menjadi pengganti rokok.

Ini karena makanan rendah kalori dipercaya dapat membantu mengurangi risiko kelebihan berat badan yang umum terjadi setelah berhenti merokok.

Padahal, kenyataannya justru sebaliknya. Para pakar kesehatan justru mengungkapkan bahwa makanan rendah kalori justru menjadi bumerang bagi Anda yang sedang berupaya menjauhkan diri dari rokok.

Menghentikan kebiasaan merokok memang bukan perkara yang mudah.

Namun, ada berbagai upaya yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan menggunakan obat berhenti merokok, cara alami berhenti merokok, terapi berhenti merokok, hingga terapi pengganti nikotin.

Namun, ingatlah bahwa Anda selalu bisa meminta bantuan profesional dan orang-orang terdekat untuk terlepas dari kebiasaan buruk tersebut.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Chao, A., White, M., Grilo, C., & Sinha, R. (2017). Examining the effects of cigarette smoking on food cravings and intake, depressive symptoms, and stress. Eating Behaviors, 24, 61-65. doi: 10.1016/j.eatbeh.2016.12.009

4 foods and drinks that could help smokers quit. (2021). Retrieved 18 March 2021, from https://truthinitiative.org/research-resources/quitting-smoking-vaping/4-foods-and-drinks-could-help-smokers-quit

Haibach, J., Homish, G., & Giovino, G. (2012). A Longitudinal Evaluation of Fruit and Vegetable Consumption and Cigarette Smoking. Nicotine & Tobacco Research, 15(2), 355-363. doi: 10.1093/ntr/nts130

Help for Cravings and Tough Situations While You’re Quitting Tobacco. (2021). Retrieved 18 March 2021, from https://www.cancer.org/healthy/stay-away-from-tobacco/guide-quitting-smoking/quitting-smoking-help-for-cravings-and-tough-situations.html

Chéruel, F., Jarlier, M., & Sancho-Garnier, H. (2017). Effect of cigarette smoke on gustatory sensitivity, evaluation of the deficit and of the recovery time-course after smoking cessation. Tobacco Induced Diseases, 15(1). doi: 10.1186/s12971-017-0120-4

Haibach, J., Homish, G., & Giovino, G. (2012). A Longitudinal Evaluation of Fruit and Vegetable Consumption and Cigarette Smoking. Nicotine & Tobacco Research, 15(2), 355-363. doi: 10.1093/ntr/nts130

Single-Component Versus Multicomponent Dietary Goals for the Metabolic Syndrome: A Randomized Trial: Annals of Internal Medicine: Vol 162, No 4. (2021). Annals Of Internal Medicine. Retrieved from https://www.acpjournals.org/doi/10.7326/M14-0611

10 ways to resist tobacco cravings. (2021). Retrieved 18 March 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/quit-smoking/in-depth/nicotine-craving/art-20045454

Foto Penulis
Ditulis oleh Fajarina Nurin pada 4 minggu lalu
x