Apa itu atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Definisi

Apa itu atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Cacat septum atrial atau atrial septal defect adalah kelainan jantung bawaan yang langka. Kondisi ini terjadi di mana terdapat sebuah lubang di septum yang memisahkan atrium kiri dan kanan.

Bagian kiri jantung biasanya memompa darah lebih kuat dari bagian kanan. Namun atrial septal defect menghasilkan aliran darah kiri ke kanan yang abnormal melalui lubang di septum sehingga memungkinkan darah dari kedua sisi jantung untuk bercampur.

Akibatnya, darah yang mengandung sedikit oksigen dipompa ke tubuh, dan darah dengan oksigen tinggi bergerak kembali ke paru-paru. Sirkulasi yang tidak normal di bagian kanan dari sistem peredaran darah ini menyebabkan peningkatan tekanan pada paru-paru (hipertensi pulmonal).

Seberapa umumkah atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Atrial septal defect adalah cacat jantung bawaan yang umum terjadi pada bayi dan anak. Cacat septum jantung ini tidak dapat dicegah dan lebih sering terjadi pada anak perempuan daripada anak laki-laki.

Beberapa cacat dapat hilang seiring seorang anak tumbuh, tetapi pada kasus lain mungkin dapat bertahan sampai dewasa. Anda dapat membatasi kemungkinan anak-anak Anda mengalami penyakit ini dengan mengurangi faktor risiko Anda. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Sebagian bayi lahir tanpa adanya gejala dan gejala baru tampak pada masa kanak-kanak. Beberapa bayi lainnya menunjukkan gejala langsung ketika ia lahir sehingga membutuhkan tindakan segera. Ada pula yang tidak menunjukkan gejala sampai usianya dewasa atau bahkan usia lanjut.

Meski begitu, beberapa gejala khas penyakit atrial septal defect adalah:

  • Sesak napas pada saat beraktivitas
  • Mudah lelah
  • Pembengkakan kaki dan perut
  • Sering terjadi infeksi pernapasan pada anak-anak
  • Merasakan jantung berdebar (palpitasi) pada orang dewasa

Kemungkinan ada beberapa tanda atau gejala yang tidak tercantum di atas. Jika Anda mempunyai kekhawatiran apapun tentang gejala, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Hubungi dokter Anda jika Anda atau anak Anda memiliki salah satu dari tanda-tanda atau gejala-gejala ini:

  • Sesak napas
  • Mudah lelah, terutama setelah melakukan aktivitas
  • Pembengkakan kaki atau perut
  • Jantung berdebar-debar atau terdapat denyut kadang terhenti

Gagal jantung atau komplikasi penyakit jantung bawaan sangat berbahaya dan membutuhkan bantuan medis segera. Gejala tersebut bisa menjadi tanda-tanda atau gejala gagal jantung atau komplikasi lain pada penyakit jantung bawaan.

Penyebab

Apa penyebab atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Penyebab cacat jantung seperti atrial septal atrium di antara kebanyakan bayi tidak diketahui. Beberapa bayi memiliki cacat jantung karena genetika atau adanya faktor lain pada ibu selama kehamilan, contoh:

  • Lingkungan hidup
  • Infeksi
  • Beberapa jenis narkoba

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya terkena atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Beberapa kondisi yang bisa meningkatkan seseorang terkena atrial septal defect adalah:

  • Infeksi Rubella. Terkena infeksi rubella (campak Jerman) selama beberapa bulan pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko janin Anda mengalami cacat jantung.
  • Obat, tembakau atau alkohol, atau paparan zat tertentu. Penggunaan obat-obatan tertentu, tembakau, alkohol atau obat-obatan, seperti kokain, selama kehamilan dapat membahayakan janin yang sedang berkembang.
  • Diabetes atau lupus. Jika Anda memiliki diabetes atau lupus, Anda mungkin cenderung memiliki bayi dengan cacat jantung.
  • Obesitas. Memiliki kelebihan berat badan (obesitas) mungkin juga berperan dalam meningkatkan risiko memiliki bayi dengan cacat lahir.
  • Fenilketonuria (PKU). Jika Anda memiliki PKU dan tidak mengikuti pola makan PKU Anda, Anda cenderung akan memiliki bayi dengan cacat jantung.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Jika seorang anak didiagnosis dengan atrial septal defect, penyedia layanan kesehatan mungkin dapat memantau untuk sementara waktu untuk melihat apakah lubang dapat menutup dengan sendirinya.

Atrial septal defect mungkin tidak memerlukan pengobatan jika hanya ada sedikit gejala atau tidak ada gejala sama sekali, atau jika cacat kecil dan tidak terkait dengan kelainan lainnya. Namun jika cacat menyebabkan sejumlah besar pencampuran darah, jantung bengkak, atau gejala-gejala lain yang muncul, anak-anak Anda mungkin memerlukan pengobatan. Beberapa metode pengobatan untuk mengatasi atrial septal defect adalah:

Obat-obatan

Obat-obatan tidak akan memperbaiki lubang, tetapi dapat digunakan untuk mengurangi beberapa tanda dan gejala yang dapat menyertai suatu atrial septal defect. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko komplikasi setelah operasi. Selain itu, obat juga digunakan untuk menjaga detak jantung agar tetap teratur (beta blocker) atau untuk mengurangi risiko pembekuan darah (antikoagulan)

Pembedahan

Dokter mungkin merekomendasikan operasi untuk memperbaiki cacat septum atrium yang berukuran menengah hingga besar. Cacat septum atrium dapat diperbaiki dengan menggunakan dua metode ini:

  • Kateterisasi jantung. Dalam prosedur ini, dokter memasukkan tabung tipis (kateter) ke dalam pembuluh darah di pangkal paha dan memandunya ke jantung menggunakan teknik pencitraan. Melalui kateter, dokter menetapkan patch mesh atau plug untuk menutup lubang. Jaringan jantung tumbuh di sekitar mesh, dan akan menutup lubang secara permanen
  • Operasi jantung terbuka. Jenis operasi ini dilakukan di bawah anestesi umum dan memerlukan penggunaan mesin jantung-paru. Melalui sayatan di dada, ahli bedah menggunakan patch untuk menutup lubang

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Dokter akan memeriksa seberapa besar dan parah cacat septum atrial yang didasarkan pada gejala, pemeriksaan fisik, dan hasil tes jantung. Beberapa pemeriksaan yang biasanya dilakukan dokter untuk mendiagnosis atrial septal defect adalah:

  • Dokter mungkin akan mendengar detak jantung yang tidak normal saat memeriksa dada penderita dengan stetoskop. Sebuah desiran dapat didengar namun hanya dalam posisi tubuh tertentu. Kadang-kadang, desiran dapat tidak terdengar sama sekali. Jika terdengar adanya desiran berarti darah tidak mengalir melalui jantung dengan lancar.
  • Pemeriksaan fisik mungkin juga dapat menunjukkan tanda-tanda gagal jantung pada beberapa orang dewasa.
  • Echokardiogram (EKG) adalah tes yang menggunakan gelombang suara untuk menghasilkan gambaran gerak dari jantung. Tes ini biasanya akan dilakukan pertama.

Tes-tes lain yang mungkin dilakukan untuk mendiagnosis atrial septal defect adalah:

  • Kateterisasi jantung
  • Angiografi koroner (untuk pasien lebih dari 35 tahun)
  • Studi Doppler pada jantung
  • EKG
  • MRI jantung
  • Transesophageal echocardiography (TEE)

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi atrial septal defect (kebocoran bilik jantung)?

Beberapa gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi atrial septal defect adalah:

  • Olahraga. Memiliki cacat septum atrial tidak membatasi Anda dari kegiatan atau olahraga. Namun sebelum berolahraga, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui olahraga atau kegiatan apa yang aman dilakukan.
  • Perhatikan asupan makanan. Diet sehat untuk jantung dengan mengnsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian, dan makanan rendah lemak jenuh, kolesterol dan sodium, dapat membantu Anda menjaga jantung Anda sehat. Makan satu atau dua porsi ikan seminggu juga dapat menguntungkan.
  • Rutin konsultasi ke dokter. Hal ini dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi Anda dan mencegah terjadinya komplikasi serius.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Direview tanggal: September 22, 2016 | Terakhir Diedit: Maret 1, 2018

Sumber
Yang juga perlu Anda baca