Murmur (Suara Berdesing) pada Jantung, Bahaya atau Tidak?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 26 November 2020 . Waktu baca 7 menit
Bagikan sekarang

Murmur jantung adalah satu dari sekian keluhan jantung yang mungkin Anda rasakan. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya kondisi ini, penyebabnya, dan cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu murmur jantung?

Murmur jantung adalah kondisi adanya suara tiupan atau desingan yang muncul ketika aliran darah bergerak melalui jantung atau pembuluh darah di sekitar jantung. Bunyi desingan ini bisa terdengar dengan stetoskop dan digambarkan dengan  suara seperti “lub-dup”, yang merupakan suara katup Anda.

Munculnya bunyi desingan pada jantung ini terjadi akibat adanya turbulensi, yakni ketika darah mengalir lebih cepat melalui jantung. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang memiliki jantung sehat. Diketahui sekitar 10% orang dewasa dan 30% anak-anak (usia 3-7 tahun) mengalami kondisi ini, meskipun jantung mereka sehat dan normal.

Akan tetapi, adanya kondisi ini bisa menjadi tanda adanya penyakit jantung yang mungkin menyerang seseorang. Oleh karena itulah, Anda sangat perlu memerhatikan seberapa sering kondisi ini menyerang Anda dan mempertimbangkan untuk segera periksa ke dokter.

Seperti apa tanda dan gejala murmur jantung?

detak jantung ektopik

Bila Anda memiliki murmur jantung yang tidak berbahaya, atau lebih umum dikenal sebagai murmur jantung non-penyakit, kemungkinan Anda tidak akan memiliki tanda atau gejala lainnya.

Sementara jika kondisi ini terjadi disebabkan oleh adanya masalah kesehatan pada jantung, Anda menyadari adanya gejala lain yang menyertai. Berikut ini adalah tanda dan gejala murmur jantung yang umumnya terjadi, baik pada anak maupun orang dewasa:

  • Kulit yang tampak biru, terutama di ujung jari dan bibir.
  • Pembengkakan atau kenaikan berat badan tiba-tiba.
  • Sesak napas.
  • Batuk kronis.
  • Pembesaran hati.
  • Pembesaran vena di leher.
  • Kurangnya nafsu makan dan kegagalan tumbuh normal (pada bayi).
  • Nyeri dada (angina).
  • Pusing.
  • Perasaan ingin pingsan atau pingsan.

Setiap orang sangat mungkin merasakan gejala yang berbeda-beda. Ada pula yang merasakan gejala lain yang tidak disebutkan di atas.

Lantas, kapan Anda harus ke dokter?efek samping TAVR

Murmur jantung non-penyakit biasanya akan hilang setelah faktor pemicunya juga hilang. Pada anak biasanya kondisi ini akan menghilang secara perlahan.

Namun pada kondisi yang disebabkan oleh penyakit, frekuensinya akan lebih sering terjadi. Dalam waktu cepat atau beberapa minggu dan bulan, gejalanya kemungkinan akan semakin bertambah parah. Jika Anda mendapati kondisi ini diikuti dengan sesak napas, sakit kepala, dan nyeri dada, segera periksa ke dokter.

Guna menentukan pengobatan, dokter akan lebih dahulu mencari tahu penyebabnya. Anda akan diminta untuk melakukan serangkaian tes kesehatan, seperti tes darah, elektrokardiografi (EKG), kateterisasi jantung, dan ekokardiografi.

Apa saja penyebab murmur jantung?

hipertensi paru gagal jantung

Berikut ini adalah berbagai penyebab yang mendasari terjadinya murmur jantung:

1. Murmur jantung non-penyakit

Seseorang dengan jenis murmur ini memiliki jantung yang normal. Murmur ini biasa ditemukan pada bayi dan anak-anak. Kondisi ini bisa terjadi saat darah mengalir lebih cepat dari biasanya melalui jantung.

Nah, beberapa hal yang dapat menyebabkan aliran darah cepat melalui jantung Anda, mengakibatkan murmur jantung yang tidak berbahaya adalah:

  • Aktivitas fisik atau olahraga.
  • Kehamilan.
  • Demam.
  • Anemia.
  • Hipertiroidisme.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Fase pertumbuhannya cepat, seperti masa remaja.
  • Infeksi.

Murmur jantung ini mungkin akan hilang seiring berjalannya waktu, atau bisa berlangsung seumur hidup Anda tanpa menimbulkan masalah kesehatan lebih lanjut.

2. Murmur jantung abnormal

Murmur jenis ini bisa menjadi lebih serius dan membutuhkan perawatan. Pada anak-anak, murmur abnormal biasanya disebabkan oleh penyakit jantung bawaan. Pada orang dewasa, murmur abnormal paling sering terjadi karena masalah katup jantung.

Penyebab paling umum dari murmur abnormal pada anak-anak adalah ketika bayi dilahirkan dengan masalah struktural jantung (cacat jantung bawaan), meliputi:

  • Lubang di jantung atau shunts jantung. Dikenal sebagai kebocoran jantung, yaitu adanya lubang di septum/ pembatas antara serambi dan bilik jantung. Lubang di jantung bisa menjadi serius dan tidak, ini tergantug dari ukuran lubang dan lokasinya. 
  • Kelainan katup jantung. Kelainan katup jantung kongenital adalah kelainan bawaan lahir, tapi kadang belum ditemukan sampai dewasa. Ini termasuk katup aorta menebal dan menyempit (stenosis) atau katup tidak menutup dengan baik (regurgitasi).

Penyebab lain dari murmur yang abnormal adalah infeksi dan kondisi yang merusak struktur jantung dan lebih sering terjadi pada anak-anak atau orang lanjut usia.

  • Kalsifikasi katup. Pengerasan atau penebalan katup ini, seperti pada stenosis mitral atau stenosis katup aorta, dapat terjadi seiring bertambahnya usia. Katup bisa menjadi menyempit (stenotik), sehingga membuat darah sulit mengalir masuk ke jantung Anda, menyebabkan murmur.
  • Endokarditis. Infeksi pada lapisan dalam dari jantung dan katup Anda biasanya terjadi ketika bakteri atau kuman lain dari bagian lain tubuh Anda, seperti mulut Anda, menyebar melalui aliran darah dan masuk ke dalam hati Anda. ketika tidak diobati, endokarditis dapat merusak atau menghancurkan katup jantung Anda. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang sudah memiliki kelainan katup jantung.

Bagaimana cara mengatasi murmur jantung?

denyut nadi detak jantung normal

Murmur jantung non-penyakit tidak membutuhkan pengobatan karena bisa hilang dengan sendirinya. Sementara untuk pengobatan murmur jantung yang disebabkan oleh masalah jantung umumnya adalah:

Minum obat-obatan

Minum obat adalah pilihan utama untuk murmur jantung yang terjadi akibat gangguan pada jantung. Dikutip dari Mayo Clinic, beberapa obat yang biasanya diresepkan antara lain:

  • Obat pengencer darah untuk mencegah penggumpalan darah, seperti seperti aspirin, warfarin (Jantoven), clopidogrel (Plavix), apixaban (Eliquis), rivaroxaban (Xarelto), dabigatran (Pradaxa) dan lainnya.
  • Obat diuretik untuk membantu menghilangkan kelebihan cairan dalam tubuh.
  • Obat penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE) untuk membantu menurunkan tekanan darah (hipertensi).
  • Obat beta blockers untuk membantu menormalkan irama jantung yang terganggu (aritmia).
  • Obat statin untuk menurunkan kadar kolestesterol tinggi.

Prosedur operasi

Jika penyebab dasar dari murmur jantung adalah kelainan pada katup, katup yang rusak, atau katup bocor, maka operasi merupakan pengobatannya. Ada dua prosedur yang digunakan untuk memperbaiki katup jantung, yakni:

  • Valvuloplasti balon. Prosedur ini dilakukan untuk menghilangkan katup yang menyempit. Selama valvuloplasti balon, kateter kecil yang berisi balon yang dapat diperluas dimasukkan ke dalam jantung Anda, ditempatkan ke dalam katup, dan kemudian diperluas untuk membantu memperlebar katup yang menyempit.
  • Annuloplasty. Dalam prosedur ini, dokter bedah Anda akan mengencangkan jaringan di sekitar katup dengan memasang cincin buatan. Hal ini memungkinkan lubang abnormal di katup bisa menutup.
  • Perbaikan struktural jantung. Dalam prosedur ini, ahli bedah mengganti atau memperpendek tali yang menopang katup (chordae tendineae dan otot papiler) untuk memperbaiki penyangga struktural.
  • Perbaikan selebaran katup. Dalam perbaikan selebaran katup, ahli bedah akanmemisahkan, memotong atau melipat penutup katup (selebaran).

Pengobatan untuk mengatasui murmur jantung sangat beragam. Oleh karena itu, dokter akan mengevaluasi kondisi Anda terlebih dahulu dan penyebabnya, baru mempertimbangkan pengobatan mana yang paling tepat untuk Anda.

Normal Kah Detak Jantung Anda?

Kalkulator detak jantung kami bisa memperkirakan berapa target detak jantung saat olahraga yang perlu Anda capai.

Coba Hitung!
active

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Metode Pemeriksaan untuk Cek Kesehatan Jantung

Tidak hanya penderita penyakit jantung yang boleh melakukan cek jantung, namun juga termasuk yang memiliki faktor risiko. Berikut informasi lengkapnya.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung 9 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

10 Fakta Unik tentang Jantung Manusia

Tahukah Anda bahwa banyak serangan jantung terjadi di hari Senin pagi? Simak berbagai fakta jantung lainnya yang mungkin belum Anda tahu.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Kesehatan Jantung 7 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Kenali Bahaya Efusi Perikardium, Saat Jantung ‘Terendam’ Air

Efusi perikardium adalah kondisi di mana terdapat penumpukan cairan di sekitar jantung. Apa saja gejalanya? Apakah efusi perikardium ini berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Jantung, Penyakit Jantung Lainnya 7 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Angina

DefinisiApa itu angina? Angina adalah nyeri dada atau rasa tidak nyaman yang biasanya disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke jantung. Biasanya penyebab angina adalah disebabkan karena penyempitan atau penyumbatan ...

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Kesehatan Jantung, Serangan Jantung 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

perbedaan mentega dan margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin: Mana yang Lebih Sehat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
penyakit degeneratif

Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
senam jantung sehat

Yuk, Ketahui Manfaat dan Gerakan Senam Jantung Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 13 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
ablasi jantung

Ablasi Jantung, Prosedur Medis untuk Mengatasi Detak Jantung yang Tidak Normal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit