home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Memakainya

Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut dan Cara Memakainya

Tidak hanya digunakan sebagai pengganti minyak goreng, minyak zaitun pun dapat dimanfaatkan untuk merawat rambut. Kandungan vitamin dan mineral pada minyak zaitun membuatnya cukup populer sebagai perawatan rambut. Apa saja khasiat minyak zaitun untuk rambut?

Manfaat minyak zaitun untuk rambut

minyak zaitun untuk jerawat

Minyak zaitun sudah dikenal sejak lama sebagai bahan alami untuk merawat rambut. Pasalnya, minyak dari ekstrak zaitun ini bersifat melembapkan, sehingga baik digunakan pada rambut.

Jangan heran bila minyak rambut ini kerap dijadikan kondisioner karena zaitun dipercaya dapat membuat rambut semakin bersinar, lembut, dan kuat. Berikut ini berbagai khasiat minyak zaitun (olive oil) untuk kesehatan rambut.

1. Menjaga kelembapan rambut

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kelembapan rambut. Penelitian dari International Journal of Trichology menyebutkan bahwa minyak berperan penting dalam menjaga rambut dari kerusakan.

Hal ini mungkin dikarenakan beberapa minyak, termasuk minyak zaitun, dapat terserap hingga ke batang rambut. Minyak zaitun juga membantu mengurangi jumlah air yang diserap oleh rambut, sehingga mengurangi risiko rambut mengembang.

Bila rambut tidak terlalu mengembang, setiap helaiannya tidak akan menyusut dan mengurangi tekanan yang disebabkan oleh rambut. Dengan begitu, kulit kepala terhindar dari kerusakan.

Minyak zaitun dapat digunakan pada setiap jenis rambut, terutama rambut kering. Pemilik rambut kering mungkin membutuhkan manfaat dari minyak rambut yang satu ini untuk menjaga kelembapan kulit kepala agar tidak cepat kering dan terkelupas.

2. Menambah kilau alami rambut

Selain menjaga kelembapan, bahan alami ini juga berguna untuk menambah kilau alami rambut. Pasalnya, kandungan vitamin A dan antioksidan pada minyak zaitun berperan melindungi keratin rambut dan menjaga kelembapannya.

Alhasil, minyak zaitun mungkin dapat mengurangi penumpukan sebum (minyak alami) yang menghambat pertumbuhan folikel dan rambut. Hal ini yang membuat rambut menjadi lebih berkilau karena pertumbuhan rambut baru.

Tidak hanya itu, kandungan asam oleat, asam palmitat, dan squalen pada minyak zaitun juga berguna untuk membuat rambut lebih sehat dan lembut.

3. Membantu mengurangi ketombe

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa bahan alami satu ini berfungsi melembapkan kulit kepala. Nah, sifatnya yang melembapkan ini ternyata bermanfaat bagi pemilik rambut kering dan kulit kepala yang mudah mengelupas.

Tingkat kelembapan yang seimbang pada kulit kepala mengurangi jumlah kulit yang terkelupas yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe. Meski bukan obat ketombe, minyak zaitun setidaknya membantu mengurangi jumlah serpihan-serpihan putih ini.

Bahan ini memang menawarkan manfaat yang banyak bagi kesehatan rambut. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk melihat tingkat efektivitas dari bahan alami ini sebagai perawatan rambut,terutama untuk menumbuhkan rambut.

Jenis rambut yang cocok menggunakan minyak zaitun

shampo untuk rambut berwarna

Pada dasarnya, minyak rambut seperti minyak zaitun dapat digunakan pada jenis rambut apa saja. Bahkan, ada beberapa jenis rambut yang justru membutuhkan sifat melembapkan minyak zaitun.

Berikut ini beberapa jenis rambut yang memperoleh manfaat yang besar dari minyak zaitun.

  • Rambut yang diwarnai karena efek cat rambut menyebabkan rambut mudah kering.
  • Rambut bercabang karena minyak zaitun membantu melembutkan ujung rambut yang rusak.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan rambut, mulai dari masker untuk rambut hingga pengganti kondisioner rambut. Umumnya, minyak zaitun juga bisa menjadi minyak pengencer saat mengolah minyak esensial sebagai perawatan rambut.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti saat hendak menggunakan minyak zaitun sebagai perawatan rambut kering.

  • Tuangkan kondisioner secukupnya ke telapak tangan.
  • Campurkan kondisioner dengan 1 – 2 sendom makan minyak zaitun ke mangkuk.
  • Aduk hingga rata.
  • Oleskan campuran tersebut ke bagian bawah rambut dengan berfokus pada ujungnya.
  • Kumpulkan rambut hingga berada di bagian atas kepala.
  • Tutupi rambut dengan handuk lembap yang hangat.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bilas rambut hingga bersih.

Bila Anda memiliki rambut berminyak, sebaiknya bilas rambut dengan produk sampo berbahan lembut.

Jika Anda mempunyai pertanyaan lebih lanjut, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau dermatolog untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 12 November 2020. 

Techniques to Achieve Natural Healthy Hair. (2011). United States Environmental Protection Agency [PDF File]. Retrieved 12 November 2020, from https://nepis.epa.gov/Exe/ZyPDF.cgi/P100AW8W.PDF?Dockey=P100AW8W.PDF 

Gouvinhas, I., Machado, N., Sobreira, C., Domínguez-Perles, R., Gomes, S., Rosa, E., & Barros, A. (2017). Critical Review on the Significance of Olive Phytochemicals in Plant Physiology and Human Health. Molecules (Basel, Switzerland), 22(11), 1986. https://doi.org/10.3390/molecules22111986. Retrieved 12 November 2020. 

Almohanna, H. M., Ahmed, A. A., Tsatalis, J. P., & Tosti, A. (2019). The Role of Vitamins and Minerals in Hair Loss: A Review. Dermatology and therapy, 9(1), 51–70. https://doi.org/10.1007/s13555-018-0278-6. Retrieved 12 November 2020.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 24/11/2020
x