home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Segudang Manfaat Masker Lidah Buaya dan Tips Membuatnya

Lidah buaya adalah tanaman serbaguna yang dapat diolah menjadi berbagai macam produk skincare dan kosmetik. Bagi Anda yang sedang mencari cara alami untuk merawat kulit wajah dan tubuh, masker lidah buaya mungkin bisa jadi solusinya.

Masker alami yang satu ini menawarkan segudang manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang tentunya sayang jika terlewatkan. Apa saja manfaat tersebut?

Beragam nutrisi pada lidah buaya

jus lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman berduri yang berwarna hijau dengan bercak kekuningan dan bentuk agak meruncing di bagian ujung. Daun lidah buaya tidak bertulang, sementara dagingnya tebal dan banyak mengandung gel atau getah.

Bagian tanaman yang biasa diolah sebagai obat herbal atau produk kecantikan adalah daging dan getahnya. Ini didukung oleh banyak penelitian yang menyebutkan bahwa lidah buaya kaya akan senyawa dan nutrisi penting yang baik untuk tubuh.

Lidah buaya kerap dijadikan bahan baku masker wajah alami karena kaya akan nutrisi berupa:

  • vitamin A, C, B12, E,
  • asam folat,
  • kolin, serta
  • berbagai mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan natrium.

Aloe vera juga mengandung delapan enzim yang semuanya membantu mengurangi peradangan pada kulit serta pemecahan gula dan lemak dalam tubuh. Selain itu, lidah buaya juga memiliki tujuh dari delapan asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

Manfaat lidah buaya tidak berhenti sampai di situ. Penelitian juga menemukan bahwa lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki sifat anti-radang, antiseptik, antivirus, antibakteri, dan analgesik.

Bisakah Lidah Buaya Dipakai untuk Mengobati Jerawat?

Manfaat masker aloe vera

Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki lidah buaya membuat tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai masker wajah. Biasanya, pemakaian masker bertujuan untuk merawat dan mengobati berbagai masalah kulit serta rambut.

Gel aloe vera bekerja dengan menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami. Ini juga alasan mengapa masker lidah buaya kerap dijadikan salep alami untuk mengobati luka bakar serta mengatasi masalah kulit terkait sengatan matahari.

Sejumlah studi pun menemukan bahwa lidah buaya dapat mengatasi jerawat, ruam, dan iritasi kulit. Tak hanya itu, pemakaian gel tanaman ini diyakini bisa mengatasi gatal akibat gigitan serangga dan reaksi alergi, bekas luka, hingga gejala psoriasis.

Jika rambut rontok dan kusut, Anda bisa mengoleskan masker lidah buaya pada kulit kepala. Kandungan enzim pada lidah buaya dapat mengangkat sel kulit mati dan memberikan nutrisi ke akar rambut sehingga rambut tumbuh lebih kuat dan halus.

Meski gel lidah buaya sendiri sangat bermanfaat, perlu diingat bahwa penelitian terkait manfaat masker aloe vera masih perlu dikaji lebih lanjut. Beberapa studi yang ada hingga kini masih tergolong kecil dan belum memberikan banyak bukti yang kuat.

Oleh karena itu, jangan sampai Anda asal menggunakan masker lidah buaya tanpa memahami manfaat dan risikonya. Pemilik kulit sensitif atau riwayat alergi terutama, rentan mengalami efek samping penggunaan lidah buaya sehingga harus ekstra hati-hati.

Panduan cara membuat masker lidah buaya

Daripada harus merogoh kocek lebih dalam untuk membeli masker lidah buaya di pasaran, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih murah, bahan-bahan yang digunakan pun lebih terjamin keasliannya.

Cara membuat masker lidah buaya rumahan adalah sebagai berikut.

1. Masker lidah buaya murni

Ini adalah bentuk masker lidah buaya yang paling sederhana. Fungsi utamanya untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih sehat, kenyal, dan tahan dari faktor-faktor lingkungan yang dapat menyebabkan kerusakan.

Berikut cara membuat dan memakai masker aloe vera murni.

  1. Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.
  3. Oleskan daging lidah buaya secara merata di seluruh permukaan kulit Anda.
  4. Tunggu beberapa menit agar gel lidah buaya meresap ke kulit.
  5. Cuci wajah Anda sampai bersih.
  6. Ulangi cara di atas setidaknya dua kali dalam seminggu sebelum tidur atau tiap kali Anda sedang bersantai.

Anda juga bisa menggunakan masker ini untuk merawat rambut. Oleskan lidah buaya secara menyeluruh dan rata dari akar hingga ujung rambut Anda sambil memijat kepala. Diamkan selama sekitar satu jam, kemudian bilas rambut Anda hingga bersih.

Ragam Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami yang Manjur

2. Masker lidah buaya dan lemon

Sementara gel lidah buaya melembapkan kulit, vitamin C dari lemon akan membantu mencerahkan kulit Anda terutama di wajah. Selain itu, sifat asam yang dimiliki lemon dapat mencegah masuknya bakteri penyebab jerawat.

Berikut cara membuat dan memakai masker aloe vera dan lemon.

  1. Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.
  3. Campur gel dengan perasan satu buah lemon, lalu aduk rata.
  4. Simpan campuran lidah buaya dan lemon dalam kulkas setidaknya satu jam.
  5. Oleskan pada wajah setiap malam sebelum tidur.
  6. Diamkan beberapa menit dan bilas wajah Anda hingga bersih bersih.

3. Masker lidah buaya dengan madu dan kunyit

Kunyit ternyata dapat memberikan manfaat tak terduga ketika digabungkan dengan bahan-bahan masker wajah alami. Campuran masker ini dapat melembapkan kulit, mencegah infeksi kuman, serta merangsang penyembuhan bekas luka jerawat.

Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Siapkan lidah buaya dan cuci sampai benar-benar bersih.
  2. Kupas lidah buaya dan ambil daging buahnya yang berwarna putih bening.
  3. Tambahkan sedikit kunyit dan madu.
  4. Aduk semua bahan sampai rata, kemudian oleskan pada seluruh permukaan kulit secara menyeluruh.
  5. Diamkan selama 15 – 20 menit dan bilas wajah Anda sampai bersih.
  6. Lanjutkan proses ini secara teratur.

Cobalah semua metode di atas sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada. Jangan lupa, selalu periksa efeknya pada kulit di bagian tangan Anda sebelum memulainya di wajah, apalagi bagi Anda yang baru pertama kali menggunakannya.

Risiko penggunaan masker pada kulit

manfaat lidah buaya untuk rambut

Gel aloe vera memang sangat bermanfaat bagi kulit. Namun, bahan ini juga berisiko menimbulkan iritasi pada kulit sensitif. Ada pula laporan mengenai reaksi alergi kulit pada orang-orang dengan riwayat alergi tertentu.

Untuk menghindari risiko yang tidak diinginkan, pastikan Anda selalu menggunakan gel lidah buaya yang diambil langsung dari daun lidah buaya segar. Lidah buaya yang asli dan masih segar memiliki semua senyawa penting yang dibutuhkan kulit.

Sebelum menggunakan lidah buaya pada kulit, ada baiknya Anda melakukan tes kulit alergi terlebih dulu untuk melihat reaksi yang timbul. Caranya dengan mengoleskan sedikit gel lidah buaya pada punggung tangan atau daun telinga bagian belakang.

Jika kulit Anda terasa gatal dan memerah setelah diolesi masker lidah buaya, segera hentikan pemakaian. Bila perlu, segera konsultasikan hal ini kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Using Aloe Vera Has Multiple Benefits. (2020). Retrieved 10 November 2020, from https://www.bcm.edu/news/skin-and-hair/benefits-of-using-aloe-vera

Aloe Vera. (2020). Retrieved 10 November 2020, from https://www.nccih.nih.gov/health/aloe-vera

Surjushe, A., Vasani, R., & Saple, D. G. (2008). Aloe vera: a short review. Indian journal of dermatology, 53(4), 163–166.

Hashemi, S. A., Madani, S. A., & Abediankenari, S. (2015). The Review on Properties of Aloe Vera in Healing of Cutaneous Wounds. BioMed research international, 2015, 714216.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Risky Candra Swari Diperbarui 10/12/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x