home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

10 Cara Melembutkan Rambut agar Sehat Berkilau

10 Cara Melembutkan Rambut agar Sehat Berkilau

Memiliki rambut yang sehat nan lembut adalah impian kebanyakan orang. Kabar baiknya, Anda bisa menggapai impian tersebut dengan berbagai cara yang mudah dilakukan di rumah. Simak apa saja cara melembutkan rambut yang perlu Anda coba.

Cara melembutkan rambut

cara merawat rambut

Rambut yang lembut merupakan salah satu ciri rambut yang sehat. Akan tetapi, hal ini tidak bisa didapatkan hanya dengan menyisir rambut secara rutin. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan halus.

Di bawah ini beberapa cara melembutkan rambut yang bisa Anda coba di rumah.

1. Mengenali jenis rambut

Salah satu langkah awal dalam menghaluskan rambut yakni mengenali jenis rambut Anda terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan karena Anda perlu memakai produk sesuai dengan jenis rambut agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai contoh, rambut lurus dengan kulit kepala normal mungkin tidak membutuhkan produk dengan kandungan minyak tinggi. Berbeda dengan rambut keriting yang mungkin memerlukan lebih banyak minyak agar bisa melembutkan lapisan pelindung rambut.

Sayangnya, jenis rambut bisa berubah seiring bertambahnya usia akibat produksi minyak alami yang menurun serta lingkungan tempat tinggal. Oleh sebab itu, selalu kenali jenis rambut Anda terlebih dahulu sebelum mengganti produk perawatan rambut.

2. Keramas dengan air dingin

Cara berikutnya dalam melembutkan rambut yaitu keramas yang benar dengan air dingin. Metode keramas yang satu ini ternyata membantu membuat rambut lebih mudah diatur.

Hal ini dikarenakan air dingin dapat mempertahankan minyak alami pada kulit kepala. Alhasil, tingkat kelembapan rambut pun terjaga dan membuat rambut terasa lebih halus.

Selain itu, air dingin membantu menutup kutikula yang ternyata bisa membuat rambut tampak berkilau.

3. Mencuci rambut hanya saat diperlukan

Mencuci rambut merupakan bagian dari menjaga kebersihan yang harus dilakukan. Namun, bukan berarti Anda harus keramas setiap hari. Pasalnya, tekstur rambut akan berubah seiring bertambahnya usia.

Sebagai contoh, pemilik rambut kering mungkin tidak akan keramas setiap hari karena akan membuat rambutnya lebih kering. Di sisi lain, orang yang memiliki kulit kepala dan rambut berminyak mungkin perlu mencuci rambut setiap hari agar tidak lepek.

Itu sebabnya, kenali jenis rambut terlebih dahulu untuk mengetahui berapa kali keramas yang cocok untuk Anda. Hal ini tentunya dapat membantu melembutkan rambut bila diterapkan dengan baik.

4. Memakai sampo dan kondisioner yang tepat

Cara menghaluskan rambut yang tak kalah penting dan merupakan bagian dari tips keramas adalah memakai sampo dan kondisioner yang tepat. Berkat kemajuan teknologi saat ini, ada banyak produk sampo dan kondisioner yang tersedia di pasaran.

Namun, pilihan yang bervariasi ini terkadang membuat orang sulit untuk menentukan sampo dan kondisioner rambut mana yang terbaik. Salah menggunakan produk perawatan rambut justru dapat menjadi bumerang bagi rambut Anda.

Itu sebabnya, memakai sampo dan kondisioner sesuai dengan jenis rambut Anda perlu untuk mendapatkan rambut yang sehat dan lembut.

5. Membatasi alat penata rambut

Alat penata dan pengering rambut, seperti hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut, diperlukan agar rambut lebih mudah diatur. Sayangnya, beberapa alat ini memancarkan panas tinggi yang dapat membuat rambut rusak.

Hal ini dikarenakan panas dari hair dryer dan catokan dapat menciptakan gelembung pada kutikula rambut. Kabar baiknya, Anda masih bisa menggunakan alat penata rambut ini sesekali dengan beberapa tips, yakni:

  • gunakan vitamin rambut sebelum menggunakan alat penata rambut,
  • atur suhu panah serendah mungkin,
  • jangan pernah gunakan alat pada rambut yang basah,
  • pakai alat penata pada rambut setengah kering, serta
  • hindari menggunakannya terlalu sering.

6. Menggunakan pelindung rambut saat berenang

Tahukah Anda bahwa sebenarnya rambut memerlukan pelindung saat berenang? Tips yang satu ini cukup membantu bagi Anda yang ingin menghaluskan rambut.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, kandungan klorin pada air kolam renang dapat merusak rambut. Sebelum menggunakan pelindung atau topi renang, Anda bisa sedikit membasahi rambut.

Setelah itu, usahakan menggunakan topi renang yang pas di kepala. Setelah itu, pakailah sampo dan kondisioner khusus untuk perenang. Hal ini bertujuan menggantikan kelembapan rambut yang hilang sehingga kehalusannya tetap terjaga.

7. Menyisir rambut dengan hati-hati

Salah satu cara mudah melembutkan rambut dengan cepat adalah menyisirnya dengan baik. Meski cara ini hanya memiliki efek yang sebentar, ketika dilakukan dengan rutin tentu akan menghasilkan efek jangka panjang, bukan?

Di lain sisi, terlalu sering menyisir rambut juga tidak baik karena dapat memicu gesekan yang dapat membuat rambut Anda kusut. Cobalah untuk meminimalisir frekuensi menyisir rambut dan sebaiknya lakukan ketika rambut dalam keadaan kering.

Menyisir rambut yang basah bisa membuat kutikula (lapisan pelindung) rambut lebih rentan patah. Beberapa tips menyisir yang bisa Anda terapkan di rumah antara lain:

  • lakukan sebelum mandi,
  • gunakan sisir bergigi lebar, serta
  • sisir rambut sekali atau dua kali sehari untuk menghilangkan kusut.

8. Memakai masker rambut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada banyak produk perawatan rambut yang kini tersedia sesuai kebutuhan Anda. Tidak hanya sampo dan kondisioner, Anda sudah bisa menjumpai masker rambut untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Bila Anda ingin melembutkan rambut, cobalah masker rambut yang mengandung minyak nabati. Pasalnya, minyak dari tumbuhan ini dapat meningkatkan kelembapan rambut, terutama pada rambut kering.

Penggunaan masker rambut dapat dilakukan setiap minggu agar tingkat kelembapannya tetap terjaga. Anda bisa mengoleskan masker pada rambut yang lembap setelah keramas, lalu bilas setelah lima menit.

9. Rutin memotong ujung rambut

Cara melembutkan rambut lainnya yang tak kalah penting yaitu memotong rambut, terutama bagian ujungnya. Ujung rambut yang bercabang ternyata bisa menyebabkan kerusakan hingga menyebar ke batang rambut.

Akibatnya, rambut Anda pun kusut dan menjadi kering. Maka dari itu, rutin memotong ujung rambut setiap empat hingga enam minggu perlu dilakukan guna mendapatkan rambut sehat dan halus.

10. Memanfaatkan bahan alami

Cara-cara melembutkan rambut yang di atas tidak akan lengkap tanpa memanfaatkan bahan alami. Kebiasaan menjaga kesehatan rambut memang penting, tetapi hal ini ternyata bisa didukung dengan memakai bahan alami untuk menghaluskan rambut.

Berikut ini ada beberapa bahan alami yang berfungsi melembutkan rambut dan dapat Anda terapkan di rumah.

Minyak kelapa

Salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan rambut lembut adalah minyak kelapa. Hal ini dikarenakan minyak kelapa telah terbukti bermanfaat bagi kulit kering dan mungkin berpotensi bisa menghaluskan rambut.

Minyak kelapa termasuk minyak yang dapat meresap jauh ke dalam kulit hingga ke batang rambut. Ada banyak produk minyak kelapa untuk rambut yang beredar dan bisa Anda gunakan setelah Anda keramas.

Minyak zaitun

Bahan lain yang bisa Anda manfaatkan untuk melembutkan rambut yakni memakai minyak zaitun untuk rambut. Minyak dari buah berwarna kuning kehijauan ini memang memiliki peran yang penting dalam kesehatan rambut.

Bagaimana tidak, minyak zaitun dianggap dapat berperan sebagai penghalang air yang membantu mencegah molekul air meregang dan merusak kutikula. Kabar buruknya, penghalang dari bahan alami ini dapat membuat rambut berminyak.

Anda mungkin bisa mengoleskan sedikit minyak zaitun pada permukaan rambut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Minyak argan

Dikenal sebagai minyak yang menawarkan kelembapan, minyak argan telah digunakan dalam berbagai produk perawatan rambut. Bahkan, rambut yang sangat kering bisa mendapatkan manfaat dari ekstrak buah argan asal Maroko ini.

Penggunaan minyak argan ini juga dapat melembutkan rambut dan membuat Anda terhindar dari bahan kimia atau zat adiktif lainnya.

Sebenarnya, ada banyak bahan alami lainnya untuk menghasilkan rambut yang lembut. Hanya saja, perlu diingat bahwa apakah kulit kepala Anda memiliki reaksi alergi terhadap bahan alami tertentu.

Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter untuk rambut terkait cara melembutkan rambut yang tepat bagi Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Lee, Y., Kim, Y. D., Hyun, H. J., Pi, L. Q., Jin, X., & Lee, W. S. (2011). Hair shaft damage from heat and drying time of hair dryer. Annals of dermatology, 23(4), 455–462. https://doi.org/10.5021/ad.2011.23.4.455. Retrieved 17 March 2021. 

Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 17 March 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 

Evangelista, M. T., Abad-Casintahan, F., & Lopez-Villafuerte, L. (2014). The effect of topical virgin coconut oil on SCORAD index, transepidermal water loss, and skin capacitance in mild to moderate pediatric atopic dermatitis: a randomized, double-blind, clinical trial. International journal of dermatology, 53(1), 100–108. https://doi.org/10.1111/ijd.12339. Retrieved 17 March 2021. 

Gavazzoni Dias M. F. (2015). Hair cosmetics: an overview. International journal of trichology, 7(1), 2–15. https://doi.org/10.4103/0974-7753.153450. Retrieved 17 March 2021. 

Cherney, K. (2018). 12 Remedies for Softer Hair. Healthline. Retrieved 17 March 2021, from https://www.healthline.com/health/how-to-soften-hair 

Ganji, L. (2020). Should You Wash Hair With Hot Water Or Cold? Skinkraft. Retrieved 17 March 2021, from https://skinkraft.com/blogs/articles/hot-vs-cold-water-which-one-is-better-for-hair-wash 

D’Souza, P., & Rathi, S. K. (2015). Shampoo and Conditioners: What a Dermatologist Should Know?. Indian journal of dermatology, 60(3), 248–254. https://doi.org/10.4103/0019-5154.156355. Retrieved 17 March 2021. 

Curly Hair Types Chart & Textures Guide: The Ultimate Hair Type Guide. (2018). African American Hairstyles. Retrieved 17 March 2021, from https://africanamericanhairstyles.org/curly-hair-type-guide/

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Nabila Azmi
Tanggal diperbarui 4 minggu lalu
x