home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Bahan Aktif yang Harus Terkandung Dalam Shampo Khusus Rambut Tipis

4 Bahan Aktif yang Harus Terkandung Dalam Shampo Khusus Rambut Tipis

Bagi sebagian orang, rambut adalah mahkota dan setiap helaiannya begitu berarti. Bahkan, orang yang memiliki rambut tipis pun merawat rambutnya agar terlihat tebal. Untuk mendukung hal tersebut, pilihlah sampo yang cocok untuk rambut tipis.

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui kandungan sampo apa yang dapat menebalkan rambut tipis Anda.

Bahan sampo yang cocok untuk rambut tipis

Rambut yang semakin tipis ketebalannya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti pola makan, usia, dan masalah kesehatan tertentu. Jika dibiarkan, risiko kebotakan pun semakin besar.

Oleh karena itu, merawat rambut tipis bisa dimulai dengan memperhatikan kandungan sampo yang Anda pakai. Apakah cocok dengan jenis rambut Anda atau tidak.

Ini dia beberapa kandungan yang seharusnya ada di dalam sampo untuk Anda yang memiliki rambut tipis.

1. Lidah buaya

menghilangkan ketombe lidah buaya

Salah satu bahan yang mungkin Anda perlu perhatikan ketika memilih sampo untuk rambut tipis adalah lidah buaya.

Gel lidah buaya dilaporkan baik untuk menjaga kesehatan rambut, terutama rambut yang tipis. Sebab, tanaman berwarna hijau ini mengandung vitamin B-12 yang membantu mengurangi kerontokan rambut.

Selain itu, lidah buaya juga membantu melancarkan peredaran darah dan meningkatkan aliran darah segar ke kulit kepala sehingga membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Alhasil, kerontokan dan kerusakan rambut pun berkurang.

Maka itu, penggunaan sampo yang mengandung lidah buaya bisa membuat rambut tipis Anda tampak lebih tebal dan menambah kepercayaan diri Anda.

2. Biotin

shampo untuk rambut kering

Selain lidah buaya, kandungan lain yang perlu Anda perhatikan pada sampo untuk rambut tipis adalah biotin.

Biotin merupakan nama lain dari vitamin B7 yang sangat penting untuk menciptakan enzim yang diperlukan untuk memperkuat rambut.

Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Di dalam penelitian tersebut terlihat bahwa konsumsi vitamin B7 selama 90 hari meningkatkan pertumbuhan rambut secara cepat pada wanita yang mengalami penipisan rambut.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih sampo yang mengandung biotin atau vitamin B7 agar rambut Anda tidak terlihat tipis.

3. Panthenol

memilih sampo

Senyawa kimia yang terbuat dari asam pantotenat atau biasa disebut sebagai panthenol ini berasal dari tumbuhan dan hewan. Zat kimia yang juga disebut sebagai vitamin B-5 ini biasa digunakan sebagai aditif pada produk kosmetik, termasuk sampo dan perawatan rambut.

Panthenol dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih bersinar, tebal, dan kuat. Maka itu, senyawa kimia yang bersifat anti iritasi ini cocok untuk rambut yang tipis.

Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian dari British Journal of Dermatology yang mengujicobakan senyawa CNPDA pada rambut. CNPDA merupakan singkatan dari kafein, niacinamida, panthenol, dimethicone, dan polimer akrilat.

Di dalam penelitian tersebut terlihat bahwa panthenol termasuk senyawa kimia yang menguatkan dan melembutkan rambut. Hal ini dikarenakan panthenol berhasil menembus seluruh lapisan kutikula dan lapisan kulit kepala, sehingga efeknya lebih terasa.

Maka itu, sebaiknya Anda menggunakan sampo dengan bahan panthenol karena lebih cocok untuk rambut yang tipis.

4. Ginseng

manfaat ginseng buat pria

Ginseng tidak hanya digunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh saja, melainkan juga bermanfaat dalam dunia kecantikan, seperti rambut.

Menurut sebuah penelitian dari International Journal of Molecular Sciences, ginseng terbukti dapat mengatur aktivitas protein yang ada dalam siklus pertumbuhan rambut.

Ginseng membantu meningkatkan produksi sel papila derma manusia yang bertanggung jawab atas pertumbuhan rambut dan terbagi menjadi tiga fase, yaitu:

  • Anagen (pertumbuhan)
  • Katagen (transisi)
  • Telogen (pengguguran)

Bagi Anda yang memiliki rambut tipis umumnya dikarenakan fase anagennya terganggu, sehingga rambut tumbuh lebih sedikit, namun jumlah rambut yang rontok lebih banyak.

Sampo dengan kandungan ginseng adalah salah satu solusi andalan untuk Anda yang memberikan rambut tipis. Selain menumbuhkan rambut dengan cepat, setiap helaiannya semakin kuat dan tidak mudah rontok, sehingga tampak lebih tebal.

Jika Anda ragu dengan pilihan di atas, sebaiknya tanyakan langsung kepada dermatolog untuk mengetahui jenis sampo mana yang cocok untuk rambut tipis.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Bradford, A. (2017). What is Biotin (Vitamin B7)?. Retrieved 31 October 2019, from https://www.livescience.com/51696-biotin-vitamin-b7.html 

Choi B. Y. (2018). Hair-Growth Potential of Ginseng and Its Major Metabolites: A Review on Its Molecular Mechanisms. International journal of molecular sciences, 19(9), 2703. doi:10.3390/ijms19092703 Retrieved 31 October 2019. 

Davis, M., Thomas, J., van de Velde, S., Boissy, Y., Dawson, T., Iveson, R., & Sutton, K. (2011). A novel cosmetic approach to treat thinning hair. British Journal Of Dermatology, 165, 24-30. doi: 10.1111/j.1365-2133.2011.10633.x. Retrieved 31 October 2019. 

Glynis A. (2012). A Double-blind, Placebo-controlled Study Evaluating the Efficacy of an Oral Supplement in Women with Self-perceived Thinning Hair. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 5(11), 28–34. Retrieved 31 October 2019. 

Nast, C. (2018). These Are the Best Shampoos for Thinning Hair, According to Dermatologists. Retrieved 31 October 2019, from https://www.allure.com/story/best-shampoos-for-thinning-hair 

Surjushe, A., Vasani, R., & Saple, D. G. (2008). Aloe vera: a short review. Indian journal of dermatology, 53(4), 163–166. doi:10.4103/0019-5154.44785 Retrieved 31 October 2019. 

Watson, K. (2017). Aloe Vera for Hair: Benefits for Hair Growth. Retrieved 31 October 2019, from https://www.healthline.com/health/aloe-vera-for-hair#benefits-for-hair 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 12/08/2020
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x