Ragam Cara dan Perawatan untuk Mencerahkan Kulit yang Kusam

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Februari 2021 . Waktu baca 11 menit
Bagikan sekarang

Kulit kusam masih menjadi salah satu masalah kulit yang paling sulit diatasi. Selain karena faktor penyebab yang beragam, tiap-tiap cara mencerahkan atau memutihkan kulit yang kusam belum tentu cocok untuk semua orang.

Lantas, seperti apa metode-metode tersebut dan bagaimana cara memilih yang cocok untuk Anda?

Cara mencerahkan kulit lewat kebiasaan sehari-hari

menjaga kesehatan tulang untuk perempuan

Gaya hidup, kebiasaan sehari-hari, hingga pola makan dapat memengaruhi kesehatan kulit. Berikut sejumlah perawatan untuk kulit serta kebiasaannya yang bisa membantu mencerahkan kulit Anda.

1. Banyak makan buah tinggi vitamin C

Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit kencang dan bercahaya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan produk skin care mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat menunda gejala penuaan dini.

Vitamin ini terbukti mengurangi keriput, mencegah kerusakan kulit, dan meningkatkan produksi kolagen yang merupakan penyokong jaringan kulit. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

2. Melindungi kulit dari sinar matahari

Jika Anda mendambakan kulit yang sehat dan bercahaya, jangan biarkan kulit Anda terlalu lama terkena sinar matahari. Pasalnya, paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat menyebabkan kulit kusam dan membuat rona warna kulit menjadi tidak merata.

Oleh karena itu, selalu lindungi kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya atau sunscreen mengandung SPF 30 setiap kali akan keluar rumah. Gunakan terutama pada bagian wajah dan lengan yang lebih sering terpapar sinar matahari.

3. Tidur yang cukup

Bila Anda tidur dengan cukup, tubuh memiliki kesempatan untuk membentuk kembali kolagen. Tidur yang cukup juga melancarkan aliran darah di bawah kulit sehingga kulit mendapatkan nutrisi. Jadi, pastikan Anda tidur setidaknya 7 jam setiap hari.

4. Berolahraga secara rutin

Olahraga meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Kulit yang menerima cukup asupan oksigen dan nutrisi akan tampak lebih sehat, lembap, dan cerah bersinar.

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut cukup dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga terbaik untuk kulit antara lain jogging, berjalan, berenang, dan bersepeda. Lakukan rutin setidaknya tiga hari dalam seminggu untuk mendapatkan hasilnya.

5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara mudah lainnya untuk mencerahkan kulit adalah memenuhi kebutuhan cairan. Air memelihara kelembapan kulit dan menjaga jaringan kolagen. Kedua hal ini berperan penting dalam membuat kulit tampak lembut, padat, dan bercahaya.

Sumber cairan terbaik untuk kulit adalah air, sayuran, dan buah-buahan. Hindari cairan dalam bentuk minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat menarik air. Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam.

6. Makan makanan kaya vitamin

Kulit memerlukan banyak nutrisi serta antioksidan untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya, menangkal radikal bebas, dan memproduksi kolagen. Vitamin B (biotin), vitamin C, dan vitamin E adalah beberapa jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Anda bisa mendapatkan semua zat gizi ini dari makanan sehat berupa sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Beberapa contoh makanan terbaik bagi kulit antara lain:

  • tomat,
  • wortel,
  • sayuran hijau,
  • madu,
  • anggur,
  • alpukat,
  • minyak zaitun, dan
  • kacang almon.

Cara mencerahkan kulit dengan rutinitas skin care

berapa lama skin care menunjukkan hasil

Manfaat perubahan gaya hidup yang Anda jalani akan menjadi lebih optimal apabila diiringi dengan rutinitas skin care. Berikut beberapa hal terkait rutinitas skin care yang bisa membantu mengatasi kulit kusam.

1. Rajin mandi dan mencuci muka

Salah satu penyebab kulit kusam adalah tersumbatnya pori-pori. Jadi, jaga kebersihan kulit Anda dengan mandi sedikitnya sekali sehari dan mencuci muka dua kali sehari. Kegiatan ini membantu mencegah tersumbatnya pori-pori akibat kotoran dan minyak.

Ketika mandi maupun mencuci muka, pilihlah sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan sabun berbahan lembut yang minim bahan kimia tambahan agar kulit tidak menjadi kering.

2. Menggunakan pelembab

Pelembap adalah syarat penting untuk mendapatkan kulit yang bercahaya. Gunakan pelembap dalam 2-3 menit setelah mandi dan mencuci muka agar kandungan di dalamnya bisa langsung memerangkap sisa air yang masuk ke dalam kulit.

Pastikan Anda memilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Bahkan jika kulit Anda berminyak sekali pun, Anda tetap perlu menggunakan pelembap. Hanya saja, Anda tentu harus pilih pelembap untuk kulit berminyak yang tidak menyumbat pori.

3. Menggunakan produk skin care mengandung vitamin C

Vitamin C membantu mencegah penuaan kulit serta menyamarkan bercak hitam dan coklat pada kulit. Vitamin ini juga mengurangi produksi melanin berlebih yang mungkin memperparah masalah kulit kusam pada beberapa orang.

Jadi, jangan lupa menambahkan vitamin C ke dalam rutinitas skin care Anda. Pilihlah produk dengan kandungan vitamin C tinggi dan gunakan secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.

4. Menggunakan asam kojic

Banyak orang mencerahkan dan memutihkan kulit dengan cara memanfaatkan asam kojic. Senyawa ini digunakan sebagai zat pencerah kulit karena mampu menahan fungsi enzim tertentu yang diperlukan dalam pembentukan melanin.

Anda dapat menemukan asam kojic dalam berbagai produk, termasuk masker dan sabun cuci muka. Secara umum, diperlukan waktu 2-6 minggu untuk melihat efeknya pada kulit yang kusam.

5. Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan unsur yang sangat penting dalam mencerahkan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi, Anda mengangkat lapisan sel kulit mati yang membuat kulit tampak kering dan kusam.

Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan dua cara, yakni secara mekanik memakai scrub atau secara kimiawi dengan toner mengandung AHA dan BHA. Lakukan secara rutin satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang lebih putih.

6. Jangan berlebihan

Hindari terlalu banyak menggunakan produk perawatan atau kecantikan. Hal ini justru bisa membuat kulit tidak sehat karena produk kecantikan yang Anda beli belum tentu cocok bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Cara mencerahkan kulit dengan mandi

gonta-ganti sabun mandi

Rajin mandi memang tidak serta-merta akan membuat kulit Anda jadi putih saat itu juga. Namun, cara mandi yang benar dapat menyingkirkan kotoran serta sel-sel kulit mati sehingga kulit Anda terlihat lebih putih dan bersih.

Berikut adalah sederet cara mandi yang benar agar memiliki kulit yang tampak putih.

1. Mandi dengan air dingin

Apabila Anda ingin memiliki kulit yang putih berkilau, solusinya adalah mandi dengan air dingin. Mandi air dingin dapat mempersempit pembuluh darah sementara pada kulit sehingga memperkecil pori-pori dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Pori-pori yang menutup juga dapat mencegah kotoran tidak mudah masuk. Kotoran adalah penyebab utama kulit kusam. Kulit yang senantiasa bersih dari kotoran akan membuat Anda tampak lebih putih dan cerah.

2. Menggosok kulit sebelum mandi

Menggosok kulit sebelum mandi adalah cara sederhana untuk memutihkan kulit yang kusam. Proses ini akan menghilangkan lapisan sel kulit mati. Kulit pun dapat beregenerasi dan lapisan teratasnya selalu diisi oleh sel-sel baru yang sehat.

Gunakan sikat penggosok yang terbuat dari serat alami. Pilihlah sikat dengan gagang panjang yang bisa menjangkau seluruh tubuh Anda. Setelah itu, ikuti langkah berikut.

  1. Mulailah menggosok dari telapak kaki, lalu bergerak ke atas.
  2. Gosok kulit Anda dengan gerakan memutar lebar searah jarum jam.
  3. Gosok dengan lembut pada kulit yang tipis, dan berikan sedikit tekanan pada kulit yang lebih tebal (misalnya telapak kaki). Hindari kulit yang mengalami ruam, terluka, atau terkena infeksi.
  4. Setelah menggosok seluruh bagian kaki, gosok seluruh lengan hingga ketiak.
  5. Begitu Anda selesai menggosok seluruh bagian tubuh, mandilah dengan air dingin untuk menghilangkan lapisan kulit mati.
  6. Keringkan tubuh Anda, lalu berikan pelembap alami seperti minyak kelapa.

3. Memilih produk perawatan yang tepat

Banyak orang fokus mencari cara mandi yang benar agar kulit tampak putih, tapi tidak memerhatikan produk yang digunakan. Padahal, produk tertentu dapat membuat kulit cepat kering, mengelupas, hingga menumpuk sehingga menyebabkan kulit kusam.

Beberapa produk lainnya bahkan dapat menyebabkan iritasi dan bersifat racun bagi kulit. Inilah pentingnya memerhatikan kandungan produk yang Anda gunakan. Batasi penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan-bahan di bawah ini.

  • Parfum
  • Paraben
  • Phthalate
  • Styrene
  • Triclosan
  • Petroleum distillate
  • Hydroquinone
  • Resorcinol
  • p-Phenylenediamine
  • Talcum

4. Hindari mandi dengan air hangat terlalu lama

Mandi dengan air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun, mandi air hangat terlalu lama dapat menghilangkan minyak alami dari kulit sehingga kulit tampak kusam. Kotoran pun dapat memasuki pori-pori yang terbuka.

Jika Anda ingin mandi dengan air hangat, jangan melebihi 5-10 menit. Hindari pula mandi dengan air terlalu panas. Setelah 10 menit, bilas tubuh Anda dengan air bersuhu suam-suam kuku dan segera keringkan dengan handuk.

Perawatan kulit kusam di klinik dokter spesialis

perawatan wajah dermabrasi

Langkah ini biasanya ditempuh bila perubahan gaya hidup dan penggunaan skin care tidak juga memberikan hasil. Perawatan oleh dokter spesialis kulit relatif aman, tapi Anda harus berkonsultasi dahulu sebelum memilih metode ini.

Dokter akan mengamati kondisi kulit Anda untuk menentukan jenis perawatan yang sesuai. Setelah proses konsultasi, dokter kemungkinan akan menyarankan satu atau beberapa metode berikut.

1. Suntikan pemutih

Semakin banyak jumlah pigmen melanin pada jaringan kulit, semakin gelaplah warna kulit tersebut. Kulit kusam sebenarnya bukan disebabkan oleh melanin yang tinggi, tapi tidak sedikit yang menempuh cara ini untuk membuat kulitnya tampak lebih putih.

Pemberian suntikan memberikan efek langsung terhadap kulit. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pigmen melanin sehingga kulit Anda tampak lebih putih dan bercahaya secara berangsur-angsur.

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati. Glutathione, komponen utama suntikan pemutih, dapat menyebabkan beberapa efek samping. Efek yang pernah dilaporkan antara lain rambut rontok, bintik putih pada kuku, mati rasa, serta gejala depresi dan kecemasan.

2. Mandi putih sebagai cara mencerahkan kulit

Ini merupakan salah satu cara memutihkan kulit melalui teknologi yang paling sering diandalkan. Dokter pun tidak boleh asal-asalan melakukannya terhadap pasien. Ada sejumlah kriteria mandi putih yang aman dan disarankan, yakni sebagai berikut.

  • Setelah mandi, kulit putih harus sehat, tidak terbakar matahari, belang-belang, atau bintik-bintik.
  • Bahan untuk mandi putih harus 100% alami dan harum.
  • Mandi putih harus membantu mencerahkan kulit dan tidak membuat bulu tubuh menjadi kuning.

Setelah menyelesaikan perawatan, Anda akan harus meningkatkan perlindungan kulit sehari-hari, seperti memakai kacamata hitam, tabir surya, lotion, dan lain-lain. Anda pun harus menjalani mandi putih kembali dalam 1-2 bulan untuk menjaga warna kulit.

3. Dermabrasi

Dermabrasi mengatasi kulit kusam dengan mengikis lapisan atas kulit yang berisikan sel kulit mati. Metode ini pada dasarnya adalah eksfoliasi kulit melalui pembedahan. Prosedur dilakukan dengan alat khusus yang berputar untuk mengelupas kulit mati.

4. Krioterapi

Krioterapi adalah prosedur medis untuk menghilangkan jaringan tak normal pada kulit. Dokter menggunakan nitrogen cair untuk membekukan sel-sel kulit yang mati. Sel-sel tersebut akan hancur sehingga sel baru yang sehat di bawahnya bisa muncul.

5. Laser skin resurfacing

Metode ini membantu memutihkan kulit dengan cara mengikis lapisan kulit yang mati. Sel-sel mati dikikis dengan teliti menggunakan sinar laser. Sel kulit baru yang tumbuh nantinya menghasilkan permukaan kulit yang lebih kencang, muda, dan bercahaya.

6. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi memanfaatkan alat khusus dengan ujung kasar yang akan mengikis lapisan kulit mati dan sel-sel kulit yang telah rusak. Metode ini dapat mengatasi kulit kusam, meratakan warna dan permukaan kulit, serta menghilangkan tanda penuaan.

7. Chemical peeling

Prinsip metode ini sama dengan eksfoliasi, yakni mengikis lapisan kulit mati sehingga sel-sel sehat di bawahnya dapat muncul ke permukaan kulit. Bedanya, Anda akan menggunakan bahan kimia dari dokter untuk melakukan eksfoliasi.

Ada banyak cara untuk mencerahkan kulit yang kusam, dari perubahan gaya hidup, rutinitas skin care, hingga perawatan di dokter spesialis. Agar perawatan memberikan hasil optimal, jangan lupa mempelajari manfaatnya dan konsultasi ke dokter bila perlu.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mandi Setelah Makan, Apa yang Terjadi pada Tubuh?

Pernah mendengar mandi setelah makan berbahaya? Kira-kira menurut Andam hal ini mitos atau fakta? Cari tahu info benarnya di artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Kesehatan, Informasi Kesehatan 16 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Mandi Saat Tubuh Berkeringat, Memangnya Boleh?

Saat tubuh berkeringat, Anda tentu memutuskan untuk membersihkan diri. Namun, bolehkah mandi saat tubuh berkeringat? Simak penjelasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 3 November 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Cara Ampuh Mengobati Dermatitis Stasis, Eksim yang Muncul di Kaki

Eksim di tangan dan kaki disebut dengan eksim dishidrosis. Cari tahu cara mengobati eksim di kaki dan tangan pada artikel ini!

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Kulit, Dermatitis 14 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit

9 Manfaat yang Dapat Diperoleh dari Mandi Pagi

Jika Anda sedang batuk, mandi air panas di pagi hari dapat membantu menyingkirkan dahak dan lendir dengan cepat. Apa lagi manfaat lainnya?

Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 30 September 2020 . Waktu baca 6 menit



Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mandi sehari sekali

Mandi Dua Kali Sehari Belum Tentu Sehat! Jadi Harus Sesering Apa?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Dipublikasikan tanggal: 5 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
manfaat mandi susu adalah

Manfaat Mandi Susu untuk Kulit dan Cara Melakukannya di Rumah

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
sabun susu kambing lebih baik

Sabun Susu Kambing Lebih Baik dari Sabun Mandi Biasa, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 27 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit