Serba-serbi Creambath Rambut dan Perbedaannya dengan Hair Spa

    Serba-serbi Creambath Rambut dan Perbedaannya dengan Hair Spa

    Salah satu perawatan rambut di salon yang populer di kalangan masyarakat adalah creambath rambut. Yuk, kenali apa itu creambath dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan rambut dan perbedaannya dengan hair spa yang juga sedang populer saat ini!

    Apa itu creambath rambut?

    creambath

    Bagi Anda yang baru mendengar kata creambath mungkin membayangkan akan mandi dibaluri dengan krim. Faktanya, tidak demikian.

    Creambath adalah perawatan mencuci rambut dan kulit kepala dengan bantuan krim khusus. Krim untuk creambath umumnya terbuat dari campuran bahan kimia dan bahan alami, seperti buah-buahan dan sayuran.

    Setiap krim memiliki kandungan yang berbeda sehingga manfaat yang ditawarkan pun bervariasi untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

    Manfaat creambath adalah melembutkan tekstur rambut agar lebih mudah diatur. Selain itu, perawatan rambut yang satu ini juga melindungi rambut dari dampak bahan kimia pada produk penata rambut, seperti cat rambut atau catokan.

    Itu sebabnya, creambath menjadi sangat populer, terutama di kalangan masyarakat di Indonesia. Pasalnya, perawatan yang disertai dengan pijat relaksasi ini cukup terjangkau dan menawarkan manfaat bagi kesehatan rambut.

    Proses creambath rambut

    detoks rambut

    Setelah membuat janji creambath, pegawai salon akan mencuci rambut terlebih dahulu hingga bersih. Lalu, ia akan mengoleskan krim sesuai pilihan dan posisi rambut yang rusak secara merata ke seluruh kulit kepala.

    Setelah itu, pegawai salon juga akan memijat lembut kulit kepala untuk membantu melancarkan peredaran darah. Setelah selesai mengoleskan krim, rambut akan diuap selama beberapa menit.

    Penguapan rambut dapat dilakukan dengan mesin atau hanya dibungkus dengan handuk hangat. Sementara rambut diuap, bagian tubuh lainnya seperti bahu, lengan, dan punggung belakang juga akan dipijat agar tubuh lebih rileks.

    Bila penguapan telah selesai, rambut akan dicuci kembali dan dikeringkan. Anda mungkin akan diberikan vitamin rambut agar rambut semakin sehat. Hasil akhirnya, rambut akan lebih harum, halus, lembut, dan berkilau dari sebelumnya.

    Seberapa sering creambath diperbolehkan?

    Creambath adalah perawatan yang hanya ada di Indonesia. Perawatan yang hampir mirip dengan hair spa ini belum memiliki penelitian medis yang menyatakan seberapa sering creambath diperbolehkan.

    Sebenarnya, cara kerja creambath mirip seperti keramas. Maka itu, aturan creambath dan keramas akan berbeda-beda tergantung pada jenis, tekstur, ketebalan rambut, kondisi kulit kepala setiap orang.

    Sebagai contoh, pemilik rambut kering dan mudah patah disarankan untuk mencuci rambut 3 kali dalam seminggu untuk menjaga kelembapannya. Sementara itu, pemilik rambut lurus dan berminyak diperbolehkan keramas setiap hari.

    Anjuran creambath mungkin akan berlaku sama dengan mencuci rambut. Akan tetapi, rambut yang telah sangat rusak mungkin dapat melakukan creambath beberapa minggu sekali, terlepas dari jenis dan tekstur rambut.

    Hal ini juga berlaku pada orang yang bekerja atau berkegiatan yang membuat Anda sering berkeringat dan membuat rambut kotor.

    Efek samping creambath

    Meski bermanfaat bagi kesehatan rambut, terlalu sering creambath ternyata dapat merusak rambut. Bagaimana bisa?

    Salah satu proses creambath adalah menguapi rambut. Rambut yang diuapi memang memberikan khasiat bagi rambut, terutama untuk merangsang pertumbuhan rambut.

    Hal ini mungkin dikarenakan penguapan dapat membuka pori-pori kulit kepala agar nutrisi dan krim dapat terserap sempurna hingga ke dalam. Menguapi rambut juga dapat menjaga kelembapan agar terhindar dari rambut kering.

    Sayangnya, proses penguapan dengan mesin dapat melemahkan kekuatan rambut akibat terpapar panas. Ketimbang menguapkan rambut dengan mesin bersuhu tinggi, Anda bisa menggantinya dengan handuk hangat.

    Anda pun juga bisa melakukan creambath sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan tanpa perlu pergi ke salon.

    Creambath versus hair spa

    perawatan keratin rambut hair spa

    Anda mungkin tidak akan menjumpai perawatan creambath di negara lain. Pasalnya, perawatan yang satu ini lebih dikenal dengan hair spa. Namun, creambath dan hair spa memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

    Salah satu perbedaan creambath dengan hair spa adalah proses akhirnya. Bila creambath hanya diberikan vitamin rambut, tidak demikian dengan hair spa.

    Jika Anda menjalani perawatan hair spa, terapis akan mengoleskan masker rambut, seperti serum agar rambut mendapatkan nutrisi yang cukup. Penggunaan masker rambut adalah solusi terbaik untuk masalah rambut, seperti kerontokan, ketombe, dan rambut tipis.

    Masker rambut juga membantu memaksimalkan manfaat hair spa untuk memperkuat folikel dan menutrisi rambut.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Tips for healthy hair. (n.d). American Academy of Dermatology. Retrieved 10 November 2020, from https://www.aad.org/public/everyday-care/hair-scalp-care/hair/healthy-hair-tips 

    Creambath is Indonesian version of hair spa. (2017). Indoindians. Retrieved 10 November 2020, from https://www.indoindians.com/creambath-is-indonesian-version-of-hair-spa/ 

    The Dirty Truth About Washing Your Hair. (2018). Cleveland Clinic. Retrieved 10 November 2020, from https://health.clevelandclinic.org/the-dirty-truth-about-washing-your-hair/ 

    Hawkins, R. (2016). 5 Benefits of Hair Steaming Every Curly, Coily Girl Should Know. Retrieved 10 November 2020, from https://blackdoctor.org/5-benefits-of-hair-steaming-every-curly-coily-girl-should-know/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui Jan 06
    Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro