home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

5 Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Kulit

Siapa bilang olahraga hanya bermanfaat untuk kesehatan jantung atau menurunkan berat badan? Ada juga manfaat olahraga untuk kulit yang dapat Anda peroleh bila dilakukan secara rutin.

Berbagai manfaat olahraga untuk kesehatan kulit

Berolahraga rutin bisa mendorong sirkulasi darah yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk menjaga kesehatan kulit.

Masalahnya, bila mengalami kulit berjerawat atau masalah lain, seperti psoriasis, Anda perlu berhati-hati saat melakukan olahraga yang membuat tubuh berkeringat.

Namun, dengan menerapkan kebiasaan yang tepat, masalah kulit tersebut tidak menghalangi Anda memperoleh manfaat olahraga untuk kulit.

1. Kulit tampak lebih bersih

cara meningkatkan kolagen kulit awet muda

Anda mungkin merasa jijik saat wajah berkeringat saat olahraga. Namun, keringat justru bisa membuat kulit wajah Anda tampak lebih sehat dan bersih.

Manfaat olahraga untuk wajah ini bisa Anda dapatkan karena produksi keringat yang lebih banyak dapat mendorong kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Namun, jika dibiarkan terlalu lama, keringat juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat atau masalah lainnya.

Untuk itu, segeralah mandi dan bersihkan tubuh dari keringat setelah berolahraga. Namun, pastikan dulu tubuh tidak lagi mengeluarkan keringat dan suhunya sudah kembali normal.

2. Kulit mendapatkan nutrisi yang cukup

Manfaat olahraga untuk kulit selanjutnya berkaitan dengan kelancaran sirkulasi darah.

Olahraga melancarkan peredaran darah yang lancar dalam tubuh, artinya sel-sel kulit mendapatkan oksigen dan nutrisi yang memadai.

Alhasil, kulit pun akan lebih terjaga kesehatannya. Kulit akan senantiasa lembap dan tampak lebih cerah secara merata.

Namun, kesehatan kulit akan terus terjaga apabila oIahraga ringan dilakukan secara konsisten.

3. Mencegah munculnya jerawat akibat stres

memencet jerawat

Salah satu kondisi yang bisa menjadi penyebab jerawat muncul pada wajah Anda adalah stres. Nah, ada manfaat olahraga yang mengatasi masalah kulit ini.

Stres dapat membuat kulit memproduksi minyak berlebih sehingga pada akhirnya menimbulkan jerawat di kulit.

Salah satu cara mudah untuk menghilangkan stres adalah berolahraga. Hal ini dikarenakan olahraga memicu pelepasan hormon endorfin dan serotonin.

Kedua hormon ini dapat meningkatkan mood dan mengurangi efek stres yang Anda alami. Alhasil, aktivitas fisik akan memberikan efek rileks pada otak maupun tubuh.

4. Mencegah mata panda

Olahraga juga dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Latihan fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Memperoleh tidur yang berkualitas secara tak langsung mencegah terbentuknya mata panda (lingkaran hitam di sekitar mata) yang mengganggu penampilan.

Namun, jika ingin memperoleh manfaat olahraga untuk kulit secara optimal, Anda sebaiknya tidak latihan terlalu keras mendekati waktu tidur.

Olahraga intens di malam hari membuat tubuh lebih berenergi sehingga sulit tidur. Sebaiknya, pilih olahraga ringan seperti berjalan santai, yoga, atau latihan pernapasan.

5. Mencegah proses penuaan dini

Meskipun penuaan kulit tidak terhindarkan, olahraga dapat membantu menghambat proses tersebut.

Penuaan dini umumnya ditandai dengan munculnya keriput. Pengeriputan kulit terjadi akibat produksi kolagen kulit menurun.

Olahraga secara rutin punya manfaat meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga proses penuaan dini bisa Anda cegah.

Namun, hal ini perlu dibarengi dengan konsumsi makanan sehat, berhenti merokok, dan perawatan kulit yang rutin untuk meningkatkan kolagen dalam tubuh.

Cara mencegah masalah kulit akibat olahraga

olahraga kanker tulang

Meski begitu, berbagai manfaat olahraga untuk kesehatan kulit tidak bisa Anda rasakan apabila tidak melakukan perawatan kulit dengan benar.

Berolahraga dapat menyebabkan keringat berlebih, penumpukan minyak, kotoran, dan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya jerawat.

American Academy of Dermatology Association menyarankan sejumlah perawatan kulit untuk Anda lakukan sebelum, selama, dan setelah berolahraga.

  • Membersihkan riasan wajah dengan cairan pembersih makeup sebelum berolahraga.
  • Kenakan pakaian olahraga yang bersih dan mampu menyerap keringat dengan baik.
  • Oleskan tabir surya atau sunscreen bebas minyak dengan SPF 30 atau lebih tinggi sebelum olahraga luar ruangan.
  • Gunakan handuk bersih untuk menyeka keringat dan usapkan secara lembut pada kulit.
  • Hindari berbagi peralatan olahraga dengan orang lain, tetapi bersihkan peralatan sebelumnya bila hal ini tidak memungkinkan.
  • Segera mandi setelah berolahraga untuk membilas keringat dan bakteri penyebab jerawat.

Walaupun sudah mengikuti sejumlah anjuran tersebut, sebagian orang mungkin masih mengalami gangguan kulit setelah berolahraga.

Segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui solusi terbaik sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

How your workout can affect your skin?. American Academy of Dermatology. Retrieved 16 November 2021, from https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/routine/workout-affect-skin

Is your workout causing your acne?. American Academy of Dermatology. Retrieved 16 November 2021, from https://www.aad.org/public/diseases/acne/causes/workouts

7 great reasons why exercise matters. Mayo Clinic. (2021). Retrieved 16 November 2021, from https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/fitness/in-depth/exercise/art-20048389

Exercise and mental health. Healthdirect Australia. (2019). Retrieved 16 November 2021, from https://www.healthdirect.gov.au/exercise-and-mental-health

Jackson, E. (2013). The Role of Exercise in Stress Management. ACSM’s Health & Fitness Journal, 17(3), 14-19. https://doi.org/10.1249/fit.0b013e31828cb1c9

Kline, C., Crowley, E., Ewing, G., Burch, J., Blair, S., & Durstine, J. et al. (2011). The Effect of Exercise Training on Obstructive Sleep Apnea and Sleep Quality: A Randomized Controlled Trial. Sleep, 34(12), 1631-1640. https://doi.org/10.5665/sleep.1422

Jariashvili, K., Madhan, B., Brodsky, B., Kuchava, A., Namicheishvili, L., & Metreveli, N. (2011). Uv damage of collagen: Insights from model collagen peptides. Biopolymers, 97(3), 189-198. https://doi.org/10.1002/bip.21725

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Satria Aji Purwoko Diperbarui 4 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan