home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Pasti Anda pernah mencoba ragam produk perawatan kulit yang cocok untuk menghilangkan bekas jerawat. Memiliki kulit yang bersih dan bebas dari bekas jerawat selalu jadi keinginan perempuan. Terutama Anda yang selalu berhadapan dengan polusi jalanan setiap hari saat pergi kuliah atau ke kantor, kerap menghadapi masalah bekas jerawat.

Siapa tahu mencoba tips berikut bisa membantu Anda menghilangkan bekas jerawat.

Memilih produk perawatan kulit untuk menghilangkan bekas jerawat

Bekas jerawat kerap meninggalkan noda atau kehitaman pada kulit. Terkadang noda jerawat membuat penampilan jadi terganggu. Apalagi saat Anda kerap bertatap muka dengan banyak orang atau bertemu dengan klien.

Supaya bekas jerawat tidak lagi mengganggu keseharian Anda, berikut tips produk perawatan kulit yang dapat menghilangkan bekas jerawat.

1. Sabun muka atau cleanser

Membersihkan wajah dengan sabun muka yang mengandung asam salisilat dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Kandungan tersebut juga dapat meredakan bekas merah dan noda hitam akibat jerawat, serta mengangkat kulit mati.

Sabun muka ini dapat dipakai oleh semua jenis kulit untuk perawatan wajah sehari-hari. Anda bisa melihat perubahan dalam beberapa minggu setelah menggunakannya secara rutin.

Alternatif lain untuk menghilangkan bekas jerawat, cobalah memakai produk sabun dengan kandungan pepaya. Pepaya dapat merawat dan mengatasi noda jerawat yang tertinggal pada wajah.

Anda juga bisa menggunakan sabun muka dengan bahan dasar pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meredakan peradangan kulit. Kandungan vitamin A dalam sabun muka pepaya juga mendukung pertumbuhan sel kulit baru dan mengurangi bekas jerawat.

2. Menggunakan toner atau astringent

Penggunaan toner maupun astringent perlu disesuaikan dengan kondisi kulit wajah. Bila Anda memiliki tipe kulit normal atau kulit kering sensitif, ada baiknya Anda menggunakan toner.

Biasanya toner berbahan dasar air dapat meghilangkan residu make-up dan kotoran. Pilih toner dengan kandungan asam glikolat untuk membantu memudarkan noda bekas jerawat. Toner juga mampu menghidrasi kulit dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

Sementara itu, astringent biasanya mengandung alkohol untuk menghilangkan minyak pada wajah dan menghindarkan Anda dari jerawat. Namun, penggunaan astringent dan toner disarankan bila Anda memiliki tipe kulit berminyak untuk mencegah pertumbuhan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

3. Gel anti bekas jerawat

Aplikasikan juga produk anti bekas jerawat untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Pilih produk yang mengandung Niacinamide, Allium Cepa dan MPS (Mucopolysachharide, serta pionin.

Ketiga kandungan ini memiliki peran masing-masing dalam menghilangkan bekas jerawat. Niacinamide mengandung vitamin B3 yang mampu menyamarkan noda bekas jerawat. Allium Cepa dan MPS (Mucopolysachharide) bekerja sama untuk mengatasi ketidakmerataan kulit atau hiperpigmentasi, membunuh bakteri penyebab jerawat, serta mencegah peradangan.

Anda bisa menggunakannya pada area bekas jerawat setidaknya 2-3 kali sehari, terutama pada pagi dan sebelum tidur. Namun, jangan lupa untuk membersihkan tangan sebelum dan setelah penggunaan.

4. Serum

Produk serum wajah juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yang tertinggal. Pilihlah serum yang memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C memiliki kandungan antioksidan asam askorbat yang dapat menenangkan kulit wajah dan menghilangkan bekas jerawat. Kandungan tersebut juga merawat kesehatan dan kekencangan kulit dengan mendukung produksi kolagen.

Penggunaan serum dengan kandungan asam azelat juga jadi alternatif yang baik. Asam azelat mampu mengatasi peradangan kulit dan hiperpigmentasi yang terkait dengan bekas jerawat.

5. Masker wajah lidah buaya

Gunakan produk masker wajah yang mengandung lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat. Lidah buaya mengandung komponen aloesin yang mengurangi hiperpigmentasi akibat bekas jerawat. Selain itu, aloesin juga memudarkan kulit gelap dan noda bekas jerawat secara alami.

Selain membuat kulit wajah berelaksasi, masker lidah buaya juga memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Gunakan masker lidah buaya dua kali sehari dalam beberapa minggu, diiringi dengan perawatan produk lainnya supaya bekas jerawat bisa tuntas secara optimal.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The best ways to get rid of acne scars. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324784.php. Diakses 24 September 2019.

What Is Papaya Soap and When Should I Use it? https://www.healthline.com/health/papaya-soap. Diakses 24 September 2019.

Astringent vs. Toner: Which Is Right for Your Skin? https://www.verywellhealth.com/astringent-vs-toner-4151988. Diakses 24 September 2019.

Niacinamide: A B vitamin that improves aging facial skin appearance. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16029679. Diakses 24 September 2019.

How to Treat Skin Hyperpigmentation Naturally. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-pigmentation. Diakses 24 September 2019.

The Effects of Mucopolysaccharide Polysulphate on Hydration and Elasticity of Human Skin. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3130995/. Diakses 24 September 2019.

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/325801.php


Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 13/11/2019
x