5 Tips Jitu Mengatasi Jerawat Buta Supaya Tidak Sakit dan Cepat Sembuh

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Walaupun tidak terlihat jelas, jerawat buta (blind pimple) bila disentuh akan terasa sakit dan membengkak. Jerawat ini pucat, tidak seperti jerawat lain yang terlihat bagian ‘ujung kepalanya’ dan memerah. Walaupun tidak terlihat dengan jelas, jerawat ini sangat mengganggu ketika Anda menyentuhnya saat membersihkan wajah. Bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya berikut ini.

Sekilas mengenai jerawat buta (blind pimple)

Jerawat buta adalah jerawat yang muncul di bawah permukaan kulit, tidak memiliki ‘ujung kepala’ atau whiteheads seperti jerawat lainnya, warnanya pucat sehingga tidak terlihat dari kejauhan. Namun, saat diraba Anda bisa merasakan permukaannya yang bengkak dan terasa sakit. Jerawat ini disebabkan oleh kombinasi minyak, bakteri, kotoran yang terjebak di dalam pori-pori. Bila sudah berwarna merah, kemungkinan daerah sekitar ikut mengalami peradangan.

Tips menghilangkan jerawat buta (blind pimple)

1. Kompres dengan handuk hangat

Mengompres jerawat batu dengan handuk hangat dapat meringankan rasa sakit dan membantu membuka pori-pori sehingga komedo akan mudah keluar. Caranya adalah dengan merendam handuk ke air hangat, peras sampai air tidak menetes. Kemudian, pastikan bahwa kulit wajah Anda dalam keadaan bersih, tempelkan kain pada area jerawat, diamkan selama 5 hingga 15 menit. Lakukan ini sebanyak tiga atau empat kali sehari hingga jerawat buta mencapai “ujung kepala” dan mengeluarkan nanahnya.

2. Gunakan obat anti-jerawat

Anda bisa menggunakan obat anti-jerawat dengan membasuh kulit wajah Anda terlebih dahulu dengan air hangat, oleskan obat anti-jerawat, pijat dengan lembut dan buat gerakan melingkar. Kemudian, basuh dengan air hangat lagi dan tepuk beberapa kali wajah Anda dengan lembut.

jerawat buta 1

Obat ini tidak selalu digunakan untuk cuci muka, bisa juga berupa krim atau losion. Oleskan obat ini tipis-tipis pada bagian kulit yang berjerawat. Kandungan pada obat juga berpengaruh terhadap kesembuhan jerawat, berikut kandungan obat anti-jerawat dan kegunaannya:

  • Kandungan asam salisilat dapat membuka pori-pori dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati pada permukaan kulit dan meredakan peradangan.
  • Kandungan benzoil peroksida mengurangi bakteri p. Acnes, si penyebab jerawat.
  • Kandungan sulfur menekan bakteri p. acnes untuk keluar dari pori-pori.
  • Kandungan retinoid membuka paru-paru dan mengurangi minyak.
  • Alpha hydroxy acids (AHAS) membantu pengelupasan kulit.

3. Gunakan madu mentah

Madu mentah merupakan alternatif alami yang berkhasiat membunuh bakteri pada jerawat. Caranya, oles tipis-tipis pada daerah area yang berjerawat dan diamkan hingga semalam. Madu ini juga bisa dicampur dengan air sebagai pembersih.

4. Gunakan es batu

Es batu dapat mengurangi peradangan kemerahan, peradangan, dan pembengkakan pada jerawat. Caranya dengan bersihkan wajah terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk. Tempatkan bongkahan es batu ke dalam handuk dan tempelkan pada area yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, kemudian angkat, dan tempelkan kembali dengan waktu yang sama. Ulangi kegiatan ini hingga empat kali sehari.

5. Gunakan tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Dilansir dari Medical News Today, studi menunjukkan bahwa gel yang mengandung 5 persen tea tree oil efektif merupakan pengobatan yang efektif untuk jerawat ringan dan sedang. Kemudian, studi lain menemukan bahwa pengobatan tersebut akan efektif bila dioleskan ke wajah sebanyak dua kali sehari selama 12 minggu. Gunakan tea tree oil  yang sudah dicairkan, yaitu dengan mencampurnya dengan minyak kelapa, minyak jojoba, atau minyak zaitun, lalu oleskan ke area wajah yang terdapat jerawat.

Beberapa hal yang harus Anda hindari:

Saat Anda merasakan bagian kulit wajah yang membengkak karena jerawat ini, mungkin Anda gemas untuk menekannya. Namun, tindakan ini dapat memperparah peradangan pada  jerawat. Area yang anda tekan, akan terlihat merah lebih sakit, dan meninggalkan bekas luka permanen, padahal sebelumnya jerawat ini berwarna pucat dan sulit dilihat.

Mengeluarkan komedo pada jerawat yang tidak memiliki kepala ini sangat sulit, tidak seperti jerawat biasa. Menekan jerawat buta dapat menyebabkan infeksi karena komedo malah lebih masuk ke dalam pori-pori akhirnya meningkatkan peradangan dan menjadi jaringan parut pada kulit, perlu metode pengobatan khusus untuk mengeluarkan nanah yang terjebak di dalamnya.

Selain itu, cuci wajah Anda tidak lebih dari dua kali sehari, sering mencuci muka tidak menjamin wajah Anda terbebas dari jerawat. Jangan menggosokkan kulit wajah terlalu keras sebab akan memperburuk jerawat. Perhatikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan dan kebersihan benda-benda yang sering menyentuh wajah, misalnya handuk atau bantal.

Kemudian, hindari menyentuh jerawat dengan tangan secara langsung dan menggunakan make up. Bila harus memakai make up, usahakan tidak terlalu tebal. Bila jerawat bertambah parah atau tidak kunjung sembuh, periksa ke dokter.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Telat haid memang bisa jadi ciri hamil, tapi bisa juga tidak. Jadi berapa lama sejak telat datang bulan bisa menjadi pertanda kehamilan. Cek di sini ya!

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Hidup Sehat, Seks & Asmara 14 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Dari Mana Datangnya Intuisi? Dan Kenapa Harus Kita Turuti?

Setiap orang memiliki intuisi, sebagian mempercayai intuisinya dan sebagian lagi tidak. Sebenarnya, apa itu intuisi? Dan kenapa kita perlu mengikutinya?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

Mana yang Lebih Sehat Buat Payudara: Bra Biasa Atau Berkawat?

Saat memilih bra, Anda mungkin bimbang antara bra kawat atau bra biasa tanpa kawat. Yuk, simak pertimbangan dari para ahli berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 13 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Begini Trik Mudah untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi gula tak semudah berhenti minum teh pakai gula atau menghindari makan cake. Ada banyak makanan sehari-hari yang ternyata mengandung gula tinggi.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Tips Sehat 12 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

vaksin MMR

Vaksin MMR: Manfaat, Jadwal, dan Efek Samping

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 9 menit
efek samping imunisasi

Mengenal Berbagai Efek Samping Imunisasi: Bahaya Atau Tidak?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 12 menit
obat sakit gigi

Pilihan Obat Sakit Gigi Antibiotik dan Apotek yang Ampuh untuk Anda

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 13 menit
alergi binatang kucing dan anjing

Alergi Binatang Kucing dan Anjing: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 8 menit