home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

7 Masker Penghilang Komedo yang Bisa Dicoba di Rumah

7 Masker Penghilang Komedo yang Bisa Dicoba di Rumah

Bagi pemilik tipe kulit berminyak mungkin tidak asing dengan kehadiran komedo. Meski tergolong ringan, jenis jerawat yang satu ini tentu bisa mengurangi kepercayaan diri. Nah, salah satu cara tersebut yakni memanfaatkan masker penghilang komedo.

Pilihan masker untuk mengangkat komedo

waktu yang baik untuk maskeran

Komedo yakni jenis jerawat yang ringan dan terbentuk akibat pori-pori kulit yang tersumbat karena sekresi minyak dan sebum berlebih. Bila dibiarkan, komedo dapat berkembang menjadi jerawat yang mengganggu dan menyakitkan.

Untungnya, Anda tidak perlu menjalani perawatan di dokter untuk mengatasi masalah ini. Di bawah ini sejumlah pilihan masker penghilang komedo yang bisa dibuat di rumah.

1. Clay mask

Clay mask merupakan masker yang terbuat dari berbagai macam tanah liat yang dipercaya dapat menyerap minyak dan bakteri. Masker penghilang komedo ini juga diklaim dapat membuat kulit tampak lebih bersih.

Meski belum ada penelitian khusus terkait clay mask untuk menghilangkan komedo, tidak ada salahnya untuk melakukannya. Clay mask terdiri dari beberapa mineral yang disebut dapat mengikat kotoran di kulit.

Kotoran tersebut ditarik ke dalam masker dan dibersihkan saat Anda membilas wajah. Maka itu, clay mask dapat membersihkan kulit secara mendalam sekaligus menghilangkan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

2. Charcoal mask (masker arang)

Selain masker yang terbuat dari tanah liat, bahan alami lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo yaitu arang.

Masker arang atau charcoal mask dikenal sebagai penghilang komedo yang cukup efektif. Pasalnya, senyawa aktif pada arang dapat membantu menarik bakteri, kotoran, dan minyak yang menyumbat pori-pori.

Anda bisa memperoleh charcoal mask di toko kecantikan terdekat atau membuatnya sendiri dengan memanfaatkan bentonite clay dan bubuk arang aktif.

3. Masker lemon

Penggunaan lemon cukup bermanfaat bagi untuk mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat dan komedo. Berkat kandungan vitamin dan antioksidan dalam buah sitrus ini, lemon bisa dijadikan sebagai masker untuk menghilangkan komedo.

Begini, lemon mengandung asam sitrat yang memiliki efek mengeringkan kulit. Artinya, jenis asam tersebut mungkin dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit yang berpotensi mencegah komedo.

Anda bisa mencampurkan air lemon dengan bahan alami lainnya untuk membuat masker, seperti gula atau madu. Meski begitu, Anda perlu berhati-hati karena lemon dapat menimbulkan efek samping terutama pada tipe kulit sensitif.

Benarkah Ampuh Menggunakan Lemon untuk Jerawat?

4. Masker oatmeal dan yogurt

Selain untuk dimakan, perpaduan oatmeal dan yogurt ternyata menghasilkan masker penghilang komedo yang ampuh. Oatmeal merupakan pengganti eksfoliator atau bahan yang dapat mengelupas sel kulit mati karena memiliki tekstur yang kasar.

Sementara itu, asam laktat pada yogurt membantu membersihkan dan mencerahkan kulit.

Anda bisa membuat masker ini dengan langkah-langkah yang mudah. Cukup campurkan beberapa sendok makan yogurt dan oatmeal dan oleskan pada komedo yang membandel.

5. Masker putih telur

Putih telur tak hanya menjadi makanan sehat saja, melainkan juga berkhasiat bagi kesehatan kulit.

Dengan teksturnya yang lengket, masker dari putih telur mudah menempel pada hidung dan mengangkat komedo dengan mengecilkan pori-pori.

Bahkan, beberapa orang percaya bahwa kandungan protein di dalamnya dapat mengencangkan kulit untuk mencegah pembentukan komedo. Sayangnya, belum ada penelitian khusus yang membuktikan klaim tersebut.

6. Masker kunyit dan kayu cendana

Masker kunyit memang dikenal baik untuk kesehatan kulit, terutama ketika Anda ingin mencerahkan warna kulit. Namun, tak banyak yang tahu bahwa campuran kunyit dan kayu cendana bisa menghasilkan masker penghilang komedo.

Melansir Phytotherapy research, kunyit menawarkan sifat terapeutik saat dioleskan pada kulit dan membantu memperbaiki sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat.

Sementara itu, minyak kayu cendana bersifat anti-peradangan dan anti-infeksi. Alhasil, kulit akan terbebas dari iritasi, kecuali Anda memiliki reaksi alergi terhadap kayu ini. Oleh sebab itu, selalu lakukan uji tempel sebelum mencoba masker ini.

7. Masker teh hijau dan lidah buaya

Minum teh hijau memang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan berkat kandungan polifenol di dalamnya. Tak hanya itu, penggunaan teh hijau secara topikal disebut berperan penting dalam mengatasi masalah kulit seperti komedo.

Meski belum ada penelitian yang benar-benar membuktikannya, pemakaian teh hijau pada kulit dipercaya dapat menenangkan kulit.

Sementara itu, lidah buaya yang dijadikan masker mempunyai sifat anti-jerawat yang tentu dapat meningkatkan kualitas kulit berkomedo. Jadi, silakan mencobanya dengan catatan untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakan masker ini.

Sejumlah masker penghilang komedo yang telah disebutkan memang bisa Anda buat atau temukan dengan mudah. Namun, selalu konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi sebelum mencoba bahan-bahan alami di atas.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Velasco, Maria & Zague, Vivian & Dario, Michelli & Nishikawa, Deborah & Pinto, Claudineia & Almeida, Mariana & Trossini, Gustavo & Vieira-Coelho, Antonio & Baby, André. (2016). Characterization and Short-Term clinical study of clay facial mask. Revista de Ciencias Farmaceuticas Basica e Aplicada. 37. Retrieved 6 May 2021. 

Qudah, Tamara & Zahra, Umber & Rehman, Rafia & Majeed, Muhammad & Sadique, Sadia & Nisar, Shafaq & Al-Qudah, Tamadour & Tahtamouni, Reham. (2018). Lemon as a source of functional and medicinal ingredient: A review. 55-61. Retrieved 6 May 2021. 

Vaughn, A. R., Branum, A., & Sivamani, R. K. (2016). Effects of Turmeric (Curcuma longa) on Skin Health: A Systematic Review of the Clinical Evidence. Phytotherapy research : PTR, 30(8), 1243–1264. https://doi.org/10.1002/ptr.5640. Retrieved 6 May 2021. 

Nall, R. (2017). Are egg white face masks good for your skin?. Medical News Today. Retrieved 6 May 2021, from https://www.verywellhealth.com/clay-mask-5089225 

Sihna, R. (2021). 10 Easy DIY Blackhead Removal Masks You Must Try. Style Craze. Retrieved 6 May 2021, from https://www.stylecraze.com/articles/best-diy-blackhead-removal-face-masks/ 

Moy, R. L., & Levenson, C. (2017). Sandalwood Album Oil as a Botanical Therapeutic in Dermatology. The Journal of clinical and aesthetic dermatology, 10(10), 34–39. Retrieved 6 May 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 29/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro