backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

10 Manfaat Masker Charcoal, Bisa Atasi Komedo dan Jerawat

Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan · General Practitioner · None


Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    10 Manfaat Masker Charcoal, Bisa Atasi Komedo dan Jerawat

    Masker yang mengandung activated charcoal dikabarkan ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo. Namun, apa itu activated charcoal?Apakah masker wajah dari charcoal efektif menjaga kesehatan kulit? 

    Manfaat masker charcoal untuk kulit wajah

    Masker charcoal terbuat dari bahan activated charcoal, yakni arang yang dihasilkan dari pemanasan tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu. Arang ini telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya.

    Berita baiknya, arang aktif termasuk zat yang aman. Meski begitu, produk charcoal mungkin bisa menimbulkan reaksi alergi bagi sebagian orang. 

    Jadi, sebelum mencoba, sebaiknya lakukan uji coba pada kulit terlebih dahulu untuk melihat reaksinya. 

    Masker wajah yang terbuat dari charcoal ini diketahui memiliki berbagai manfaat berikut untuk menjaga kesehatan kulit.

    1. Mengangkat sel kulit mati

    perbedaan kulit kering dan berminyak

    Kulit umumnya melepaskan sel-sel kulit mati untuk memberikan tempat bagi sel kulit yang baru tumbuh.

    Akan tetapi, terkadang sel kulit mati tidak terangkat dan menumpuk di permukaan kulit. Hal ini seringkali menyebabkan kulit terlihat kusam.

    Charcoal diketahui mampu mencerahkan kulit karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Dengan begitu, sel kulit baru akan tumbuh dan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih cerah. 

    2. Mengurangi minyak berlebih di kulit

    Sebum atau minyak di wajah memang berperan penting untuk melindungi kulit sekaligus melembapkan kulit.

    Akan tetapi, jika produksi minyak di kulit terlalu banyak, minyak tersebut justru akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo.

    Masker charcoal dapat membantu untuk mengurangi kadar minyak berlebih dalam kulit karena kemampuannya dalam menyerap minyak serta mengurangi kotoran yang menumpuk di wajah.

    3. Mengatasi jerawat

    Jerawat disebabkan oleh penumpukan kotoran, sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit.

    Studi dalam jurnal Microporous Mesoporous Mater memaparkan bahwa charcoal  dapat mengatasi jerawat karena bahan alami ini memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

    Masker dengan activated charcoal juga memiliki daya serap tinggi sehingga mampu menyerap kotoran serta sel kulit mati yang menempel di kulit.

    4. Mengatasi komedo

    Komedo merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Kondisi ini terjadi karena penyumbatan pori-pori akibat kotoran, debu, dan sisa make-up yang menempel di wajah.

    Nah, arang aktif yang terkandung di dalam masker charcoal bekerja seperti magnet yang menarik bakteri, polusi, debu, dan partikel asing lainnya keluar dari dalam kulit. 

    Ketika Anda membersihkan masker, kotoran, sel kulit mati, dan minyak berlebih di pori-pori akan ikut terangkat. 

    5. Menghaluskan kulit

    Masker charcoal juga punya manfaat membantu masalah kulit kering dan kasar. Potensi ini dijelaskan dalam sebuah studi terbitan International Journal of Pharmacy & Life Sciences.

    Kulit kering dan kasar dapat disebabkan oleh kurangnya kadar air dan sebum (minyak kulit) yang menjaga hidrasi serta kelembapan kulit. 

    Nah, masker charcoal mampu meningkatkan kelembapan kulit sehingga tekstur kulit menjadi lebih halus dan segar. 

    6. Mencegah penuaan dini

    Manfaat lainnya dari masker charcoal adalah untuk mencegah penuaan kulit. Hal ini berkat khasiat antioksidan di dalamnnya.

    Kandungan antioksidan di dalam activated charcoal mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan kulit.

    Oleh sebab itu, masker bahan alami ini mampu untuk mengatasi tanda penuaan dini, seperti keriput atau flek hitam.

    7. Mengecilkan pori-pori

    Sering melakukan aktivitas di luar ruangan, dapat membuat polusi dan kotoran menyumbat pori-pori, sehingga membuat pori-pori wajah terlihat membesar. 

    Charcoal mask dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori karena mampu membersihkan kotoran yang menyumbat di pori-pori.

    Jika Anda rutin menggunakan charcoal mask sebagai perawatan wajah, lama-kelamaan pori-pori kulit akan mengecil dan membuat kulit terlihat lebih halus. 

    8. Membersihkan kulit

    Menggunakan charcoal mask juga bisa menjadi cara yang tepat untuk membantu Anda membersihkan wajah secara menyeluruh. 

    Hal ini karena bahan activated charcoal memiliki kemampuan menyerap kotoran atau bakteri yang menempel di kulit dengan baik.

    Selain itu, bahan alami ini mampu membantu menghilangkan sel kulit mati, sehingga kulit wajah akan terlihat lebih bersih dan halus. 

    9. Mengencangkan kulit

    Paparan radikal bebas dapat memicu kerusakan kolagen. Kolagen merupakan protein penting yang berperan dalam pembentukan sel kulit.

    Kerusakan sel kolagen akibat paparan radikal bebas ini dapat membuat kulit perlahan mulai kehilangan elastisitasnya.

    Charcoal mask diketahui memiliki kandungan antioksidan yang mampu melindungi kulit dengan menangkal radikal bebas, sehingga kulit terlihat lebih kencang.

    10.  Meningkatkan penyerapan skincare

    Menggunakan masker yang berasal dari bahan activated charcoal juga dapat membantu meningkatkan penyerapan produk skincare.

    Pasalnya, activated charcoal mampu membersihkan wajah secara menyeluruh, bahkan menghilangkan kotoran dan sisa make-up yang menempel di kulit. 

    Jika kotoran dan sisa make-up yang menyumbat pori telah tersingkirkan, tentu produk skincare akan lebih mudah meresap ke dalam kulit.

    Cara membuat masker charcoal

    manfata masker charcoal masker arang

    Masker charcoal di pasaran biasanya tersedia dalam bentuk sheet mask, masker oles, dan masker peel-off yang dikelupas setelah kering. 

    Akan tetapi, produk pasaran mungkin kurang cocok untuk tipe kulit tertentu. Pasalnya, beberapa produk charcoal mungkin menggunakan tambahan bahan kimia lainnya yang dapat memicu alergi.

    Untuk mencegah timbulnya alergi karena paparan bahan kimia, Anda bisa menyiasatinya dengan cara membuat masker charcoal sendiri di rumah.

    Berikut bahan-bahan yang Anda perlukan:

    • 2 sdm tanah liat bentonit,
    • 2 sdm bubuk activated charcoal,
    • 2 sdm air,
    • ½ sdt madu murni, dan
    • 1 tetes minyak esensial sesuai keinginan.

    Setelah seluruh bahan telah siap, campurkan air dengan minyak esensial ke dalam mangkuk. Kemudian, tambahkan tanah liat bentonit (betonit clay) dan aduk hingga tanah liat menyerap seluruh campuran air dan minyak. 

    Setelah itu, aduk bersama bubuk activated charcoal dan madu murni hingga teksturnya membentuk pasta dan oleskan di kulit wajah sebagai masker.

    Nah, itulah beberapa manfaat masker charcoal untuk perawatan wajah. Meskipun charcoal aman digunakan di kulit, beberapa orang mungkin dapat mengalami reaksi alergi.

    Jika muncul gejala alergi setelah menggunakan masker charcoal, segera konsultasikan dengan dokter. 

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Andreas Wilson Setiawan

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Zulfa Azza Adhini · Tanggal diperbarui 07/09/2023

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan