home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Cara Membuat Masker Charcoal, Andalan untuk Atasi Komedo dan Jerawat

Cara Membuat Masker Charcoal, Andalan untuk Atasi Komedo dan Jerawat

Produk skin care yang mengandung activated charcoal kini semakin menyemarakkan panasnya dunia kecantikan. Selain ditambahkan ke pembersih muka dan pasta gigi, charcoal mask atau masker charcoal dikabarkan ampuh untuk menghilangkan jerawat dan mengangkat komedo membandel.

Namun, apa itu activated charcoal, dan apakah masker wajah dari charcoal benar efektif untuk membersihkan wajah? Simak di sini untuk cari tahu lebih lanjut.

Apa itu activated charcoal?

pil arang aktif

Meski diartikan sebagai arang, activated charcoal bukan terbuat dari arang batu bara yang biasa digunakan dalam proses pembakaran. Activated charcoal adalah karbon yang dihasilkan dari tempurung kelapa sawit tua, bambu, atau serbuk kayu dan telah melalui proses pengaktifan guna meningkatkan daya serapnya.

Arang aktif sendiri sebenarnya telah lama digunakan dalam dunia medis untuk mengobati keracunan alkohol dan overdosis narkoba. Zat karbon ini bekerja seperti spons yang mengikat diri pada racun dan menyerapnya sebelum terangkut dalam aliran darah.

Arang dikenal dapat menyerap kotoran hingga 100-200 kali dari beratnya. Sementara dengan melalui proses aktivasi, arang aktif diklaim mampu menyerap massa kotoran hingga ribuan kali beratnya sendiri, sehingga activated charcoal diklaim sebagai bahan masker alami yang sangat baik untuk membantu membersihkan kulit wajah.

Manfaat masker charcoal untuk kulit wajah

manfata masker charcoal masker arang

Tergantung dari jenis masker wajah yang Anda gunakan, Anda bisa mengoleskan produk secara merata ke seluruh wajah atau langsung menempelkan lembaran masker ke wajah Anda. Setelah itu, diamkan masker sekitar 10-15 menit.

Arang aktif yang terkandung dalam masker akan bekerja seperti magnet yang menarik bakteri, polusi, debu, dan partikel asing lainnya keluar dari dalam kulit. Ketika kotoran dan minyak di pori-pori tertarik oleh karbon, zat asing ini menempel di lapisan masker dan kemudian ikut terangkat saat Anda mengelupasnya.

Charcoal mask diklaim sangat baik untuk wajah berjerawat dan komedo karena dapat membantu mengurangi kelebihan minyak. Charcoal mask dapat membantu membuka pori-pori dan menyerap polusi lingkungan, minyak, serta kotoran dari kulit.

Kemampuan charcoal mask untuk membersihkan kulit wajah tampaknya belum bisa sepenuhnya dijelaskan. Jessica Wu, M.D., dokter kulit di Los Angeles dan penulis Feed Your Face, mengatakan bahwa sejauh ini tidak banyak studi tentang efek arang aktif dalam produk perawatan kulit.

Wu lebih lanjut menjelaskan, keampuhan masker charcoal untuk mencerahkan kulit mungkin lebih didasari bahwa kebanyakan produk perawatan kulit yang mengandung activated charcoal juga mengandung bahan-bahan lain.

Contohnya, banyak produk masker charcoal yang mengandung salicylic acid untuk membantu kulit berminyak dan berjerawat. Ada pula produk yang mengandung kaolin, zat tanah liat yang telah terbukti efektif mengikat sebum (minyak kulit).

Apakah masker charcoal aman digunakan?

Charcoal Aktif

Berita baiknya, activated charcoal termasuk zat yang aman. Bahkan jika produk tidak menampilkan banyak perubahan berarti, masalah kulit Anda tidak akan memburuk. Malah, Anda mungkin bisa mendapat manfaat dari bahan lain dalam produk tersebut.

Meski begitu, produk charcoal dalam bentuk krim kental mungkin kurang cocok untuk kulit berjerawat. Produk ini memiliki tekstur yang sangat lengket sehingga bisa ikut menarik lapisan terluar kulit beserta rambut-rambut halus di wajah. Ini bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Melissa Piliang, seorang dokter kulit di Cleveland Clinic, mengingatkan bahwa masker charcoal juga bisa mengandung bahan kimia yang dapat menimbulkan alergi. Jadi, periksalah komposisi produk untuk mencari tahu mana yang mungkin berisiko untuk Anda.

Cara membuat masker charcoal

Masker charcoal di pasaran biasanya tersedia dalam bentuk sheet mask, masker oles, dan masker peel-off yang dikelupas setelah kering. Akan tetapi, produk pasaran mungkin kurang cocok untuk sebagian orang dengan jenis kulit tertentu.

Anda bisa menyiasati ini dengan cara membuat masker charcoal sendiri di rumah. Berikut bahan-bahan yang Anda perlukan:

  • 2 sdm tanah liat bentonit
  • 2 sdm bubuk activated charcoal
  • 2 sdm air
  • ½ sdt madu murni
  • 1 tetes minyak esensial sesuai keinginan

Campurkan air dengan minyak esensial. Lalu, tambahkan tanah liat bentonit dan aduk hingga tanah liat menyerap seluruh campuran air-minyak. Setelah itu, aduk bersama bubuk activated charcoal dan madu murni hingga teksturnya membentuk pasta.

Cara mengurangi rasa sakit saat mengelupas masker peel-off

masker untuk jerawat peel off mask

Salah satu bentuk masker charcoal yang paling populer adalah masker peel-off. Jenis masker ini bisa mengangkat sel kulit mati dengan efektif, tapi sering kali menimbulkan rasa sakit ketika dikelupas.

Ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit ketika mengelupas masker peel-off. Anda bisa mencuci muka dan mencabut bulu-bulu halusnya terlebih dulu. Trik ini akan membuat pengelupasan masker lebih bisa ditoleransi.

Anda sebaiknya juga tidak mengoleskan krim masker di seluruh wajah. Terapkan krim masker hanya di bagian dahi, hidung, dagu, atau yang berkomedo saja. Ini karena bagian wajah yang lebih berminyak memiliki perlindungan yang lebih baik dari iritasi.

Setelah melepaskan masker, bersihkan wajah dengan sabun pembersih yang lembut untuk menghilangkan sisa masker yang tertinggal. Setelah itu, oleskan pelembab non-komedogenik yang bersifat menenangkan untuk melindungi kulit.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Is Charcoal Good for Acne Prone Skin? (2020) Retrieved 10 November 2020, from https://spacecoast.edu/blog/is-charcoal-good-for-acne-prone-skin.html

Villareal, J., Kahn, C., Dunford, J., Patel, E. & Clark, R. (2014). A retrospective review of the prehospital use of activated charcoal. The American Journal of Emergency Medicine, 33(1), pp.56-59.

Okiel, K., El-Sayed, M. and El-Kady, M., 2011. Treatment of oil–water emulsions by adsorption onto activated carbon, bentonite and deposited carbon. Egyptian Journal of Petroleum, 20(2), pp.9-15.

Kulkarni, S. V., Gupta, A. K. & Bhawsar, S. (2017). Formulation and Evaluation of activated charcoal peel off mask. International Journal of Pharmacy & Life Sciences, 8(5). pp.17.

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh Ajeng Quamila
Tanggal diperbarui 18/04/2017
x