home

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Beragam Khasiat Masker Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

Beragam Khasiat Masker Oatmeal untuk Kesehatan Kulit

Demi menjaga kesehatan kulit, beberapa orang memilih menjalani perawatan di klinik kecantikan. Cara ini memang efektif meski harus merogoh kocek lebih dalam. Untungnya, ada berbagai cara alami dan manjur, salah satunya dengan masker oatmeal.

Manfaat masker oatmeal

Oatmeal obat alami herpes

Oatmeal berasal dari oats, yaitu biji-bijian dari tanaman serealia yang mungkin sering Anda konsumsi saat sarapan. Pasalnya, oats merupakan sumber serat dan mineral yang baik bagi kesehatan tubuh, terutama organ pada sistem pencernaan.

Tidak hanya itu, oats juga sering dimanfaatkan dalam produk skincare dan kecantikan karena mengandung efek antioksidan dan anti-peradangan. Tidak mengherankan bila banyak orang yang mencoba memanfaatkan oats secara topikal untuk kulit.

Di bawah ini sejumlah manfaat masker alami dari oatmeal yang bisa Anda peroleh dengan mudah.

1. Menjaga kelembapan kulit

Salah satu manfaat yang sayang Anda lewatkan dari masker oatmeal yaitu merawat kulit termasuk kelembapannya. Begini, kandungan koloid pada oatmeal membantu mengikat jaringan kulit dan memberikan perlindungan terhadap iritasi.

Hal ini dikarenakan senyawa tersebut mengandung polikasarida pengikat air dan hidrokoloid yang menjaga kelembapan pada kulit. Alhasil, koloid pun berpotensi menjadi emolien yang juga dapat meredakan gatal pada kulit.

Walaupun demikian, temuan ini memerlukan studi lebih lanjut, terutama seputar penggunaan masker oatmeal terhadap kulit wajah.

5 Makanan Wajib untuk Orang yang Kulitnya Kering

2. Melawan radikal bebas

Selain menjaga kelembapan kulit, khasiat masker oatmeal lainnya yaitu melawan radikal bebas. Berkat aktivitas antioksidan yang ditemukan pada oatmeal, masker alami yang satu ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Aktivitas antioksidan dalam oatmeal tersebut dilaporkan dapat menghambat produksi prostaglandin dan pelepasan asam arakidonat. Keduanya adalah faktor yang berisiko menimbulkan kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

Di lain sisi, penggunaan masker alami ini juga tetap perlu dibarengi dengan pemakaian tabir surya guna melindungi kulit dari sinar matahari. Sebab, Anda tidak bisa hanya bergantung pada masker karena efek antioksidannya tersebut.

3. Membantu mengatasi jerawat

Bagi Anda yang mengalami jerawat mungkin bisa mencoba masker oatmeal sebagai salah satu cara mengobati masalah kulit ini. Bagaimana bisa?

Pada dasarnya, efek antioksidan dan anti-peradangan pada oatmeal ternyata berkhasiat bagi penyakit kulit yang meradang, seperti jerawat. Hal ini dikarenakan koloid dari oatmeal menawarkan sifat yang menenangkan ketika dipakaikan pada kulit.

Sayangnya, khasiat masker oats ini hanya baru berlaku ketika biji-bijian ini digunakan saat mandi. Para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut apakah efek oatmeal ini akan sama terhadap kulit wajah berjerawat.

4. Mengecilkan pori-pori

Kandungan saponin pada oatmeal ternyata bisa dimanfaatkan oleh Anda untuk mengecilkan pori-pori kulit. Saponin yaitu senyawa kimia yang sering dijumpai pada sabun atau gel cukur karena berperan penting dalam membersihkan kulit.

Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan saponin pada oatmeal untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat pada kulit. Pemakaian masker oatmeal membantu membuka pori-pori dan memberikan Anda kulit yang halus nan bersih.

Hanya saja, metode ini mungkin tidak cocok untuk Anda dengan tipe kulit sensitif. Tidak berhati-hati dalam memakai oatmeal pada wajah justru bisa mengiritasi kulit.

5. Meredakan rasa gatal

Rasa gatal pada kulit sebagian besar disebabkan oleh peradangan di bawah kulit atau ketika terjadi peningkatan pada pH kulit. Untungnya, Anda bisa memakai masker oatmeal untuk mengembalikan kadar pH kulit menjadi normal.

Dilansir penelitian dari Jundishapur University of Medical Sciences, pemakaian oats secara topikal dapat mengurangi peradangan yang jadi penyebab gatal. Hal ini mungkin dikarenakan koloid pada oatmeal menambah aktivitas emolien.

Alhasil, aktivitas tersebut membantu mengobati gatal secara alami pada kulit kering. Pasalnya, oatmeal berperan sebagai buffering agent yang membantu menjaga pH (tingkat keasaman) normal pada kulit.

Tips membuat masker oatmeal

Setelah mengetahui apa saja khasiat dari masker oatmeal, Anda sudah tidak sabar bukan untuk membuat masker ini bermanfaat bagi kesehatan kulit? Di bawah ini sejumlah cara membuat masker oats yang bisa dipraktekkan di rumah.

Masker oatmeal dan baking soda

Bagi Anda yang ingin mengecilkan pori-pori di kulit, campuran masker oatmeal dan baking soda mungkin bisa membantu masalah tersebut.

Langkah-langkah:

  • Sediakan 2 sdt oatmeal dan 1 sdt baking soda
  • Campurkan oatmeal dan baking soda pada mangkuk
  • Tambahkan beberapa tetes air secara perlahan
  • Aduk keduanya hingga membentuk pasta
  • Oleskan masker pada wajah dan biarkan hingga mengering
  • Bilas wajah hingga bersih dan oleskan pelembap

Masker oatmeal dan madu

Masker oatmeal dan madu adalah salah satu jenis masker yang cocok untuk semua tipe kulit. Hal ini dikarenakanya baik madu dan oatmeal memberikan kelembapan, nutrisi, dan perlindungan pada kulit. Alhasil, kulit pun menjadi awet muda dan tampak bercahaya.

Langkah-langkah:

  • Siapkan 1 sdm tepung oat dan 1 sdm madu
  • Masukkan kedua bahan ke mangkuk kecil
  • Aduk campuran hingga lembut
  • Basuh wajah dahulu dan oleskan masker pada muka yang lembap
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas hingga bersih

Risiko menggunakan oatmeal pada kulit

Oatmeal merupakan bahan makanan yang aman. Namun, penggunaan oatmeal secara topikal terkadang memicu dermatitis kontak.

Itu sebabnya, Anda perlu berhati-hati saat memakai masker oatmeal karena dikhawatirkan bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi dokter spesialis kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Pazyar, N., Yaghoobi, R., Kazerouni, A., & Feily, A. (2012). Oatmeal in dermatology: a brief review. Indian journal of dermatology, venereology and leprology, 78(2), 142–145. https://doi.org/10.4103/0378-6323.93629. Retrieved 10 March 2021. 

Oatmeal. (2019). U.S Department of Agricultural. Retrieved 10 March 2021, from https://fdc.nal.usda.gov/fdc-app.html#/food-details/573252/nutrients 

Lim, D. (2011). Oatmeal. DermNet NZ. Retrieved 10 March 2021, from https://dermnetnz.org/topics/oatmeal/ 

Jovana, R. (2019). Oatmeal and Honey Face Mask – One of the Best DIY Face Masks Ever. Be Spotted. Retrieved 10 March 2021, from https://bespotted.org/oatmeal-and-honey-face-mask-diy-face-masks/ 

Higuera, V. (2019). Homemade Face Masks for 6 Different Skin Conditions: Recipes, Benefits, How to Use. Healthline. Retrieved 10 March 2021, from https://www.healthline.com/health/homemade-face-masks 

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 16/04/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro