5 Cara yang Salah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Jerawat adalah hal yang wajar terjadi pada semua orang, tetapi tidak menyenangkan karena dapat memengaruhi penampilan. Ketika sembuh, jerawat dapat meninggalkan bekas luka pada kulit. Bekas jerawat terkadang lebih menyebalkan dibanding jerawat itu sendiri, sehingga orang mencoba untuk mengobatinya dengan berbagai cara, berdasarkan beberapa mitos. Mari kita gali berbagai mitos dan kesalahpahaman tentang cara menghilangkan bekas jerawat.

Menjemur bekas jerawat di bawah sinar matahari

Beberapa orang berpikir bahwa sinar matahari dapat membantu memperbaiki bekas jerawat. Merika mengira, menjemur bekas jerawat ke sinar matahari dapat membantu bekas yang berwarna merah muda berubah menjadi cokelat dan berbaur lebih baik.

Faktanya

Radiasi UV dari matahari dapat merangsang melanosit di bawah kulit, menggelapkan bekas jerawat, dan memperlambat proses penyembuhan. Panas-panasan di bawah sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko terbakar sinar matahari dan kanker kulit.

Solusi

Anda harus melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Jangan pergi keluar di antara jam 10 pagi hingga 2 siang tanpa pelindung berupa tabir surya. Tabir surya harus memiliki faktor perlindungan matahari (SPF) minimal 30. Jika Anda harus berada lama di bawah sinar matahari, Anda harus menggunakan tabir surya dengan SPF lebih tinggi. Tabir surya dengan spektrum luas dapat melindungi kulit Anda dari baik UVA dan UVB.

Karena tabir surya tidak dapat melindungi kulit Anda 100%, Anda harus menggunakan pakaian berlengan panjang, celana panjang, masker, dan topi jika Anda berada di bawah matahari.

Menghilangkan bekas jerawat dengan mengoleskan vitamin E

Banyak orang mengira vitamin E dapat membantu bekas jerawat sembuh dengan lebih cepat dan lebih baik.

Faktanya

Mengoleskan vitamin E secara langsung pada bekas jerawat tidak akan membantu memperbaiki penampilan kulit. Bahkan ini bisa menghambat proses penyembuhan dan menyebabkan dermatitis kontak.

Solusi

Anda dapat mencoba beberapa nutrisi yang terbukti memperbaiki bekas jerawat, seperti vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi bekas jerawat.

Mengekspos bekas jerawat ke udara

Cara lain yang sering digunakan adalah dengan membiarkan bekas jerawat kering terkena udara, supaya dapat sembuh dengan lebih baik.

Faktanya

Bekas jerawat dapat sembuh dengan lebih baik ketika Anda melembapkannya dengan benar. Menutupi bekas tersebut dapat membantu melindunginya dari kotoran, bakteri, iritasi, dan membuatnya tetap terhidrasi.

Solusi

Tutup bekas jerawat dengan perban medis. Anda juga dapat menggunakan krim antibiotik untuk menjaganya tetap kering dan terhidrasi.

Membiarkan bekas jerawat hilang dengan sendirinya

Banyak orang yang tidak melakukan apa-apa pada bekas jerawat karena menganggap bekas jerawat akan menghilang seiring waktu.

Faktanya

Bekas jerawat yang berupa keloid, bekas hipertrofik, dan bekas dari jerawat yang terinfeksi tidak akan menghilang begitu saja jika Anda tidak memberikan perlakuan khusus pada bekas tersebut.

Solusi

Beberapa jenis bekas luka tidak dapat menghilang seiring waktu. Namun, pengobatan seperti operasi, tindakan di klinik, atau terapi cahaya dapat membantu Anda mengobati bekas luka ini. Meskipun beberapa bekas luka tidak dapat menghilang sepenuhnya, perawatan dapat membantunya menjadi tampak samar.

Mencuil kerak jerawat kering untuk mencegah timbulnya bekas jerawat

Anda mungkin berpikir bahwa mencuil kerak dapat membantu jerawat sembuh dengan lebih cepat dan meminimalkan bekas jerawat.

Faktanya

Setelah Anda mencuil jerawat, tubuh Anda mulai menyembuhkan lukanya. Sel-sel darah putih bergerak menuju area yang bermasalah dan menyerang bakteri. Sel-sel darah merah menciptakan bekuan darah dan setelahnya kerak terbentuk.

Jika Anda mencuil kerak, Anda dapat membuka kembali luka tersebut. Anda mengekspos luka itu ke kotoran dan bakteri. Ini dapat menyebabkan  bekas jerawat yang besar dan parah.

Solusi

Jangan mencuil kerak jerawat yang mulai mengering. Biarkan sembuh dengan cara alami, dan bekas jerawat akan menghilang setelah beberapa hari.

Mengobati bekas jerawat selalu merupakan salah satu masalah yang paling menyusahkan yang berhubungan dengan perawatan jerawat. Namun, Anda harus mengikuti metode yang terbukti secara medis untuk proses penyembuhan yang aman dan efektif.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Entah karena terbakar matahari, perawatan wajah, atau alasan lain, Anda mungkin menemukan kulit mengelupas tiba-tiba. Bagaimana merawatnya agar tak rusak?

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hidup Sehat, Kecantikan 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Bibir hitam dan gelap bisa mengurangi penampilan Anda. Tahukah Anda ternyata tidak hanya merokok saja yang bisa jadi penyebab bibir hitam? Lalu apa saja?

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Kecantikan 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit

Rangkaian Skincare Anti-aging untuk Cegah Penuaan Dini

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat ampas teh bagi kecantikan

7 Cara Memanfaatkan Ampas Teh untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 20 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
ciri kulit sensitif

Ciri Kulit Sensitif dan 8 Cara Jitu Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 7 Oktober 2020 . Waktu baca 6 menit
manfaat air mawar untuk kecantikan kulit

Beragam Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 5 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit
mengatasi patah hati

5 Gangguan Kesehatan Akibat Patah Hati

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 1 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit