5 Sumber Serat Selain Buah dan Sayur untuk Anak

Ini adalah artikel sponsor. Informasi selengkapnya mengenai Kebijakan Pengiklan dan Sponsor kami, silakan baca di sini.

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 09/07/2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tidak jarang anak menolak untuk makan sayur dan buah. Padahal Anda mungkin sudah mengolahnya dengan berbagai cara metode memasak. Si kecil butuh asupan serat setiap harinya sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui sumber makanan lain sebagai alternatif sayur atau buah. Apa Anda tahu bahwa makanan berikut ini juga termasuk sumber serat yang dapat diberikan untuk anak?

Alternatif sumber serat untuk anak selain buah dan sayur

serat untuk anak

Banyak alasan mengapa anak butuh asupan serat setiap harinya. Salah satu contoh yang mungkin sudah diketahui sebagian besar orang adalah manfaatnya bagi pencernaan.

Ketika disertai dengan asupan cairan yang cukup, ini akan menjaga saluran pencernaan untuk tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Masalahnya, anak tidak selalu mudah untuk mau makan buah dan sayur. Untuk menghindari kekurangan asupan serat pada anak, berikut beberapa makanan sumber serat alternatif yang dapat Anda pertimbangkan untuk sang buah hati.

Gandum utuh

Makanan alternatif sumber serat pertama yang dapat Anda berikan pada anak adalah produk olahan gandum utuh, seperti roti dan pasta yang terbuat dari gandum.

Seperti yang dilansir Healthline, satu iris roti gandum tawar rata-rata mengandung serat sebanyak 2 gram. Namun jika teliti, terdapat juga yang mengandung 3 gram serat. Sedangkan dari setiap 50 gram pasta gandum terdapat 2 gram serat.

mencukupi kebutuhan serat harian

Sajikan roti gandum dengan selai kesukaan si kecil atau Anda dapat membuat spageti saus tomat dengan pasta gandum. Dengan demikian, si kecil tetap menikmati makanan dan tanpa sadar kebutuhan seratnya pun terpenuhi.

Kacang almond

Berbagai jenis kacang-kacangan sebenarnya merupakan sumber serat alternatif yang baik. Namun, kacang almond merupakan salah satu yang mengandung serat paling tinggi.

kelebihan serat diet tinggi serat

Satu ons atau 28 gram kacang almond mengandung serat sebanyak 3,5 gram dan diikuti kacang tanah dengan 2,5 gram serat. Selain itu, kacang juga merupakan sumber lemak sehat bagi anak.

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu sumber serat yang dapat dijadikan camilan di sela-sela jam makan untuk anak. Selain rasanya yang ringan, popcorn juga rendah kalori dan secara teknis masih termasuk gandum.

Meski dari 150 gram popcorn hanya terdapat 1 gram serat, anak biasanya tidak akan cukup makan popcorn sebelum menghabiskan tiga kali lipat dari jumlah tersebut.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, popcorn dapat menyebabkan si kecil tersedak. Jadi, jika ingin memberikan popcorn sebagai sumber serat, tunggu sampai usia buah hati Anda cukup sebelum memperkenalkan makanan satu ini.

Kentang rebus dan kulitnya

Apabila hanya makan kentang tanpa kulitnya, Anda dan si kecil tidak akan mendapat asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, tidak perlu mengupas kentang, cukup bersihkan lalu olah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus lalu makan beserta kulitnya.

Menurut US Department of Agriculture, kulit dari satu buah kentang panggang mengandung serat kurang lebih hingga 4,6 gram.

Ubi manis

Jangan mengaku orang Indonesia jika tidak pernah makan ubi manis. Makanan yang seringkali menjadi jajanan ini ternyata kaya akan serat. Besar kemungkinan akan disukai anak karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut.

Dari ubi manis yang berukuran sedang saja, mengandung serat sebanyak 3,8 gram. Anda dapat memberikan ubi manis sebagai camilan sehat yang kaya akan nutrisi.

Asupan serat penting untuk menjaga pencernaan di segala kalangan usia. Namun, terkadang anak sulit untuk mengonsumsi sayur dan buah yang merupakan makanan utama sumber serat. Tak hanya harus pintar memilih alternatif sumber serat, Anda juga harus mencoba beragam kreasi menu makanan tinggi serat agar si kecil makan dengan lahap. 

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kebutuhan Serat untuk Balita Usia 2-5 Tahun

Serat sangat penting untuk kesehatan orang dewasa dan anak-anak. Lalu, seberapa banyak kebutuhan serat untuk balita usia 2-5 tahun?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Nutrisi Anak 28/02/2020 . Waktu baca 7 menit

Mengupas 5 Manfaat Biji Selasih yang Tak Boleh Dilewatkan

Biji selasih memiliki manfaat yang tidak kalah baik dibandingkan biji chia, biji rami, atau biji-bijian lainnya. Apa saja manfaat tersebut?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Hidup Sehat, Fakta Unik 09/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Memenuhi Asupan Serat Harian Tanpa Alami Masalah Pencernaan

Asupan serat yang berlebih ternyata dapat menjadi bom waktu. Bukannya lancar, pencernaan malah dapat terganggu. Begini cara mengatur dan mengontrolnya.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Nutrisi, Hidup Sehat 07/01/2020 . Waktu baca 4 menit

Selain Lezat, Jamur Enoki Ternyata Punya 5 Manfaat yang Baik untuk Kesehatan

Jamur enoki merupakan salah satu jamur yang sering dicampurkan dalam masakan yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Hidup Sehat, Fakta Unik 06/11/2019 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat serat kenapa penting

Kenapa Penting Makan Makanan Berserat?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020 . Waktu baca 5 menit
meningkatkan asupan serat pada anak

5 Tips dan Trik Meningkatkan Asupan Serat si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 29/05/2020 . Waktu baca 5 menit
karbohidrat untuk diet

7 Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Anda yang Sedang Diet

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020 . Waktu baca 5 menit
serat untuk bayi

Kenali Pentingnya Asupan Serat Bagi Bayi dan Kebutuhan Idealnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 28/03/2020 . Waktu baca 7 menit