Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

5 Sumber Serat Selain Buah dan Sayur untuk Anak

5 Sumber Serat Selain Buah dan Sayur untuk Anak

Tidak jarang anak menolak untuk makan sayur dan buah. Padahal Anda mungkin sudah mengolahnya dengan berbagai cara metode memasak. Si kecil butuh asupan serat setiap harinya sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui sumber makanan lain sebagai alternatif sayur atau buah. Apa Anda tahu bahwa makanan berikut ini juga termasuk sumber serat yang dapat diberikan untuk anak?

Alternatif sumber serat untuk anak selain buah dan sayur

serat untuk anak

Banyak alasan mengapa anak butuh asupan serat setiap harinya. Salah satu contoh yang mungkin sudah diketahui sebagian besar orang adalah manfaatnya bagi pencernaan.

Ketika disertai dengan asupan cairan yang cukup, ini akan menjaga saluran pencernaan untuk tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Masalahnya, anak tidak selalu mudah untuk mau makan buah dan sayur. Untuk menghindari kekurangan asupan serat pada anak, berikut beberapa makanan sumber serat alternatif yang dapat Anda pertimbangkan untuk sang buah hati.

Gandum utuh

Makanan alternatif sumber serat pertama yang dapat Anda berikan pada anak adalah produk olahan gandum utuh, seperti roti dan pasta yang terbuat dari gandum.

Seperti yang dilansir Healthline, satu iris roti gandum tawar rata-rata mengandung serat sebanyak 2 gram. Namun jika teliti, terdapat juga yang mengandung 3 gram serat. Sedangkan dari setiap 50 gram pasta gandum terdapat 2 gram serat.

mencukupi kebutuhan serat harian

Sajikan roti gandum dengan selai kesukaan si kecil atau Anda dapat membuat spageti saus tomat dengan pasta gandum. Dengan demikian, si kecil tetap menikmati makanan dan tanpa sadar kebutuhan seratnya pun terpenuhi.

Kacang almond

Berbagai jenis kacang-kacangan sebenarnya merupakan sumber serat alternatif yang baik. Namun, kacang almond merupakan salah satu yang mengandung serat paling tinggi.

kelebihan serat diet tinggi serat

Satu ons atau 28 gram kacang almond mengandung serat sebanyak 3,5 gram dan diikuti kacang tanah dengan 2,5 gram serat. Selain itu, kacang juga merupakan sumber lemak sehat bagi anak.

Popcorn

Popcorn merupakan salah satu sumber serat yang dapat dijadikan camilan di sela-sela jam makan untuk anak. Selain rasanya yang ringan, popcorn juga rendah kalori dan secara teknis masih termasuk gandum.

Meski dari 150 gram popcorn hanya terdapat 1 gram serat, anak biasanya tidak akan cukup makan popcorn sebelum menghabiskan tiga kali lipat dari jumlah tersebut.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, popcorn dapat menyebabkan si kecil tersedak. Jadi, jika ingin memberikan popcorn sebagai sumber serat, tunggu sampai usia buah hati Anda cukup sebelum memperkenalkan makanan satu ini.

Kentang rebus dan kulitnya

Apabila hanya makan kentang tanpa kulitnya, Anda dan si kecil tidak akan mendapat asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itu, tidak perlu mengupas kentang, cukup bersihkan lalu olah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus lalu makan beserta kulitnya.

Menurut US Department of Agriculture, kulit dari satu buah kentang panggang mengandung serat kurang lebih hingga 4,6 gram.

Ubi manis

Jangan mengaku orang Indonesia jika tidak pernah makan ubi manis. Makanan yang seringkali menjadi jajanan ini ternyata kaya akan serat. Besar kemungkinan akan disukai anak karena rasanya yang manis dengan tekstur yang lembut.

Dari ubi manis yang berukuran sedang saja, mengandung serat sebanyak 3,8 gram. Anda dapat memberikan ubi manis sebagai camilan sehat yang kaya akan nutrisi.

Asupan serat penting untuk menjaga pencernaan di segala kalangan usia. Namun, terkadang anak sulit untuk mengonsumsi sayur dan buah yang merupakan makanan utama sumber serat. Tak hanya harus pintar memilih alternatif sumber serat, Anda juga harus mencoba beragam kreasi menu makanan tinggi serat agar si kecil makan dengan lahap.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Campbell, L. (2016). High-Fiber Foods for Kids: 10 Tasty Ideas. Retrieved April 2, 2020, from https://www.healthline.com/health/parenting/high-fiber-foods-for-kids#Recipes-You-Cant-Lose-With

Horton, M.S., R.D., B. (2019). 10 Best High-Fiber Foods for Kids. Retrieved April 2, 2020, from http://www.eatingwell.com/article/291588/10-best-high-fiber-foods-for-kids/

Davis, J. L. (2005). Top 10 Sources of Fiber. Retrieved April 2, 2020, from https://www.webmd.com/diet/features/top-10-sources-of-fiber

Kerr, G. (2019). The Benefits of Eating Potato Skins. Retrieved April 2, 2020, from https://www.livestrong.com/article/442807-the-benefits-of-eating-potato-skins/


Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x