Tips Mengakali Diri Sendiri Supaya Lebih Banyak Makan Buah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Tak dapat dipungkiri, buah-buahan menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Rutin makan buah setiap hari bisa menjauhkan Anda dari berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, membuat badan lebih bugar, hingga membantu Anda mengendalikan berat badan. Oleh karena itu, tak heran jika Kementerian Kesehatan RI lewat Pedoman Gizi Seimbangnya mewanti-wanti masyarakat untuk memperbanyak konsumsi buah-buahan demi mendukung gaya hidup sehat. Badan Kesehatan Dunia pun juga mengamini anjuran ini, dengan menyarankan setiap orang makan minimal 400 gram buah dan sayuran setiap harinya.

Manfaat makan buah bagi kesehatan

Cara diet yang sehat adalah dengan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan segar, di samping menyeimbangkan porsi makanan pokok lainnya. Berikut adalah beberapa contoh manfaat makan buah untuk kesehatan:

  • Sumber gula sederhana, serat, vitamin, dan mineral. Contohnya folat, vitamin C, dan kalium.
  • Rendah lemak dan kalori
  • Serat dalam buah berguna untuk membantu menurunkan kolesterol darah dan dapat membantu melancarkan buang air besar, sehingga Anda terhindar dari sembelit serta mengurangi risiko kanker usus.
  • Buah juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, vitamin C, dan antosianin. Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, sehingga membantu Anda terhindar dari penyakit, seperti kanker.
  • Buah dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan juga dapat membantu meremajakan sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga turut mencegah Anda dari penuaan.

Oleh karena itu, rutin makan buah setiap hari bisa membuat badan lebih bugar dan menjauhkan Anda dari risiko berbagai penyakit dan gangguan kesehatan serius seperti diabetes, penyakit jantung, hingga stroke, berkat kandungan gizi dan nutrisinya yang melimpah.

Rutin makan buah juga terbilang sebagai cara yang baik untuk menurunkan berat badan, karena serat buah mampu membuat Anda kenyang lebih lama sehingga Anda akan makan lebih sedikit dalam sehari.

Ingin lebih banyak makan buah? Begini caranya

Jika Anda termasuk tipe orang yang jarang makan buah, Anda tidak sendirian. Itu sebabnya kami telah merangkum beragam tips jitu tapi menyenangkan di bawah ini agar Anda bisa lebih banyak ngemil buah segar setiap hari.

  • Untuk awalnya, Anda bisa coba dulu dengan memperbanyak stok buah-buahan favorit Anda.
  • Letakkan buah-buahan dan sayuran di meja atau di tempat yang mudah dan sering dilihat oleh Anda. Semakin sering dilihat, semakin besar kemungkinan Anda untuk melahap buah-buahan tersebut.
  • Mencoba buah baru. Lain kali Anda pergi ke kios atau pasar buah, pilih buah yang berbeda dari hari kemarin. Pilihlah buah yang berwarna-warni agar Anda senang melihat dan melahapnya.
  • Campurkan buah-buahan (dan sayuran) ke dalam makanan favorit Anda. Misalnya mencampurkan pisang atau stroberi ke dalam yogurt atau sereal sarapan Anda, atau tambahkan irisan stroberi atau bluberi ke dalam adonan panekuk atau sebagai topping
  • Jika bosan makan buah langsung, Anda bisa mulai mengkreasikannya. Anda bisa makan buah dengan cara dijus atau es loli (sorbet buah). Anda juga bisa meracik rujak dengan sambal kacang bikinan sendiri. Ingat, apapun kreasi buah yang Anda bikin, jangan tambahkan gula secara berlebihan.
  • Jika Anda bosan ngemil buah segar, coba buah kalengan atau buah beku. Buah-buahan kemasan ini masih memiliki manfaat yang sama dengan buah segar. Tapi ingat, perhatikan kandungan gulanya.
  • Jangan ragu memilih buah kering. Buah yang dikeringkan seperti kismis, kurma, apricot, persik dan plum kering masih memiliki serat tinggi. Pengeringan ini akan mengurangi kandungan air pada buah yang justru meningkatkan proporsi vitamin dan nutrisinya.

Dengan begitu besarnya manfaat buah yang bisa didapatkan oleh tubuh, yuk, jangan ragu untuk makan buah mulai dari sekarang. Tidak ada waktu terbaik untuk makan buah. Anda bisa mengonsumsinya kapan saja: pagi, siang, malam, sebelum atau sesudah makan, juga sebelum dan setelah olahraga. Tubuh Anda akan diuntungkan oleh hobi baru Anda ini. Namun ingat, manfaat buah paling baik jika langsung dimakan dalam bentuk utuh saat masih segar.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Buah Strawberry, si Cantik nan Asam yang Menyimpan Segudang Manfaat

Selain rasa yang enak, jus strawberry juga baik bagi kesehatan. Apa saja kandungan gizi dan manfaat strawberry? Yuk simak penjelasan berikut.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Fakta Gizi, Nutrisi 19 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Daftar Makanan Sumber Energi yang Tak Akan Bikin Gemuk

Jika Anda masih ingin berdiet ria tanpa harus kehabisan tenaga, beragam pilihan makanan sumber energi ini tetap aman untuk dimakan tanpa harus takut gemuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Fauzan Budi Prasetya
Fakta Gizi, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

6 Makanan Paling Sehat untuk Sarapan

Saat sarapan, yang penting bukan porsinya, tapi apa yang kita makan. Pastikan salah satu (atau lebih) makanan ini ada di menu makan Anda setiap pagi.

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Tips Makan Sehat, Nutrisi 22 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit

6 Buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan

Buah memang baik untuk kesehatan, tetapi ada buah yang perlu Anda hindari pada waktu tertentu. Apa saja buah yang perlu dihindari saat sarapan?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Tips Makan Sehat, Nutrisi 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat buah plum untuk kesehatan

11 Manfaat Makan Buah Plum (Psst… Bisa Menurunkan Berat Badan!)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 8 Februari 2021 . Waktu baca 6 menit
jenis buah sehat

Jenis Buah-buahan yang Paling Sehat, Menurut Kebutuhan Anda

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
buah yang bisa bikin gemuk

Hati-Hati, 5 Buah-buahan Ini Justru Bisa Bikin Gemuk

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
makanan untuk penderita batu empedu

7 Jenis Makanan yang Aman untuk Penderita Batu Empedu

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit