home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik Manfaat dan Risiko Minum Susu Full Cream

Mengulik Manfaat dan Risiko Minum Susu Full Cream

Susu mengandung segudang nutrisi penting. Berkat teknologi yang berkembang, susu kini tersedia dalam berbagai jenis. Salah satu jenis susu yang marak dikonsumsi di pasaran yakni susu full cream. Apa saja kandungan gizi dan manfaat susu full cream?

Kandungan gizi susu full cream

makanan pelengkap untuk orang tua untuk tingkatkan nafsu makan

Satu hal yang membedakan susu full cream dengan jenis susu lainnya, seperti susu skim, yaitu kandungan gizinya, terutama pada lemak. Di bawah ini sejumlah kandungan gizi yang dibutuhkan tubuh dan bisa Anda jumpai dalam susu full cream.

  • Energi (Kalori): 61 kal
  • Protein: 3,2 gram (g)
  • Lemak: 3,5 g
  • Karbohidrat: 4,3 g
  • Kalsium: 143 miligram (mg)
  • Fosfor: 60 mg
  • Zat besi: 1,7 mg
  • Natrium: 36 mg
  • Kalium: 149 mg
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Seng (Zinc): 0,3 mg
  • Retinol (Vitamin A): 39 mikrogram (mcg)
  • Beta-karoten: 12 mcg
  • Tiamin (Vitamin B1): 0,03 mg
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0,18 mg
  • Niasin (Vitamin B3): 0,2 mg
  • Vitamin C: 1 mg

Manfaat susu full cream

hormon oksitosin dan kesehatan tulang

Pada dasarnya, manfaat susu full cream tidak jauh berbeda dengan susu pada umumnya. Namun, susu ini biasanya memiliki jumlah kandungan gizi yang lebih banyak.

Itu sebabnya, susu yang satu ini mungkin sering menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Agar tidak salah memilih susu, di bawah ini ini beberapa khasiatnya.

1. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat minum susu full cream yang sayang Anda lewatkan adalah meningkatkan fungsi otak. Susu baik untuk otak, terutama pada anak, berkat kandungan vitamin B. Vitamin ini meningkatkan fungsi otak dan menjaga siklus tidur tetap baik.

Susu sapi, termasuk susu UHT full cream, juga mengandung asam linoleat yang rendah. Hal ini yang membuat susu diklaim menjaga kadar DHA yang dibutuhkan anak-anak.

2. Menjaga kesehatan tulang

Selain otak, minum susu ternyata membantu menjaga kesehatan tulang. Pasalnya, susu kaya akan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang. Kalsium merupakan salah satu mineral penting untuk tulang dan gigi, pergerakan otot, serta kesehatan saraf.

Setiap orang dianjurkan untuk mendapatkan kebutuhan kalsium yang cukup untuk mencegah patah tulang dan osteoporosis. Kedua masalah tersebut bisa dihindari dengan minum susu.

3. Menambah massa otot

Kandungan protein pada susu dipercaya dapat menambah massa otot. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Medicine and Science in Sports and Exercise. Penelitian itu mencoba menganalisis efek susu sapi pada wanita yang berolahraga.

Hasilnya, susu membantu meningkatkan massa otot tubuh. Meski begitu, penelitian ini baru memperlihatkan efek susu sapi rendah lemak. Itu sebabnya, studi lanjut dibutuhkan untuk melihat manfaat susu full cream terhadap otot.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda bahwa ternyata minum susu, termasuk susu yang penuh dengan krim lemak ini, bisa meningkatakan sistem kekebalan tubuh?

Bagaimana tidak, susu kaya akan protein dan asam lemak esensial, seperti omega-3, yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, susu juga mengandung vitamin A dan beragam jenis antioksidan yang tentu dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit.

5. Memelihara kesehatan jantung

Beberapa orang mungkin tak sadar bahwa minum susu bermanfaat bagi kesehatan jantung. Bagaimana bisa? Susu termasuk salah satu sumber magnesium dan potasium yang ternyata bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Tak hanya itu, jenis mineral ini berperan penting dalam peredaran darah ke organ vital yang mengurangi tekanan pada jantung, serta sistem kardiovaskular.

Kedua hal tersebut penting dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Tak heran bila susu dianggap dapat memelihara kesehatan jantung.

Kekurangan susu full cream

makanan penyebab kembung

Meski susu full cream menawarkan manfaat bagi tubuh, susu punya dampak negatif. Alih-alih mengurangi risiko penyakit jantung, minum susu terlalu banyak bisa membuat tubuh kelebihan lemak jenuh dan menambah risiko penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan susu full cream mengandung lebih banyak lemak jenuh. Sementara itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol. Alhasil, Anda pun lebih berisiko terhadap penyakit jantung dan stroke.

Intinya, Anda bisa memperoleh manfaat susu bila dikonsumsi sewajarnya. Selain itu, Anda perlu memperhatikan pula apakah tubuh alergi terhadap susu atau tidak.

Alergi terhadap susu biasanya dijumpai pada anak-anak hingga orang dewasa. Masalah terhadap konsumsi susu juga bisa disebut intoleransi laktosa yang dapat disebabkan oleh susu dan produk olahannya.

Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih susu guna memenuhi kebutuhan gizi harian. Bila memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi guna memahami solusi yang tepat untuk Anda.

health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Susu sapi, segar. (n.d). Data Komposisi Pangan Indonesia. Retrieved 2 June 2021, from https://www.panganku.org/id-ID/view 

Whole Milk or Skim? The Jury’s Still Out. (2020). Cleveland Clinic. Retrieved 2 June 2021, from https://health.clevelandclinic.org/whole-milk-better-skim-jurys-still/ 

Is full-fat milk good for you?. (n.d). British Heart Foundation. Retrieved 2 June 2021, from https://www.bhf.org.uk/informationsupport/heart-matters-magazine/nutrition/full-fat-dairy 

Marengo, K. (2020). What to know about milk. Medical News Today. Retrieved 2 June 2021, from https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451 

Josse, A. R., Tang, J. E., Tarnopolsky, M. A., & Phillips, S. M. (2010). Body composition and strength changes in women with milk and resistance exercise. Medicine and science in sports and exercise, 42(6), 1122–1130. https://doi.org/10.1249/MSS.0b013e3181c854f6. Retrieved 2 June 2021.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Nabila Azmi Diperbarui 5 hari lalu
Ditinjau secara medis oleh dr Patricia Lukas Goentoro
x