backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

8 Cara Meningkatkan Kolagen, Rahasia Kulit Tetap Kencang

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/10/2023

8 Cara Meningkatkan Kolagen, Rahasia Kulit Tetap Kencang

Kolagen merupakan protein yang penting dalam kesehatan tubuh. Sayangnya, produksi kolagen bisa menurun karena berbagai faktor. Menurunnya jumlah kolagen paling terlihat di area kulit wajah sehingga sering kali mengurangi rasa percaya diri. Lalu, bagaimana cara meningkatkan kolagen pada kulit Anda?

Cara meningkatkan kolagen pada tubuh

Kolagen adalah salah satu protein utama dalam tubuh manusia dan memiliki banyak fungsi penting.

Manfaat kolagen yaitu mendukung struktur dan kekuatan jaringan ikat, menjaga kulit tetap kencang dan elastis, menjaga kesehatan sendi, serta membuat rambut dan kuku lebih berkilau.

Sayangnya, produksi kolagen akan menurun karena beberapa faktor, seperti penambahan usia dan paparan polusi.

Namun, tidak perlu cemas. Anda tetap bisa meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh agar kulit tidak cepat kendur dengan cara berikut ini. 

1. Mengonsumsi suplemen kolagen

Konsumsi suplemen kolagen dapat meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, terutama pada kulit, rambut, kuku, dan sebagian jaringan ikat.

Suplemen kolagen sering digunakan dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan dan tampilan kulit serta mendukung kesehatan sendi.

Perlu diingat, suplemen ini memiliki efek yang bervariasi pada setiap orang. Selain itu, setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda yang memengaruhi hasil dari suplemen kolagen. 

2. Gunakan lidah buaya

jus lidah buaya

Cara meningkatkan kolagen selanjutnya yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area kulit yang bermasalah. Pasalnya, lidah buaya dapat merangsang produksi kolagen jika dioleskan pada kulit.. 

Sebuah penelitian dalam jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology meneliti manfaat gel lidah buaya pada orang yang memiliki masalah kulit.

Hasilnya, setelah pemakaian 8 minggu, orang yang menggunakan gel aloe vera mengalami penurunan kerutan serta peningkatan kelembapan pada kulit. 

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C

Cara membuat kolagen sendiri lainnya yaitu dengan mengonsumsi makanan tinggi vitamin C.

Vitamin C berperan dalam produksi asam hialuronat, tak lain adalah senyawa yang membantu meningkatkan produksi kolagen pada tubuh. 

Sebenarnya asam hialuronat dapat secara alami diproduksi oleh tubuh, tetapi jumlahnya menurun seiring bertambahnya usia.

Beberapa makanan yang tinggi akan vitamin C yaitu jeruk, paprika merah, kubis, brokoli, stroberi, tomat, dan kale.

4. Makan ginseng

Cara meningkatkan produksi kolagen selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi ginseng.

Penelitian dalam jurnal Journal of Ginseng Research mengatakan bahwa ginseng dapat mengurangi kekakuan fibroblas yang menentukan struktur kolagen.

Peningkatan senyawa ini akan meningkatkan elastisitas pada kulit. Selain itu, ginseng bersifat antiradang dan antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit sehingga mengurangi gejala penuaan kulit.

5. Konsumsi kaldu tulang

Kaldu tulang merupakan cairan yang diambil dari tulang sapi, ayam, atau ikan dengan cara direbus dalam suhu rendah dalam waktu yang lama.

Saat proses perebusan berlangsung, kolagen yang terdapat dalam tulang tersebut akan larut dalam air dan membentuk gelatin yang mengandung kolagen.

Selain kolagen, kaldu tulang mengandung berbagai mineral, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan glukosamin, yang dapat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan sendi.

6. Gunakan hyaluronic acid

Produk skincare dengan kemasan

Menggunakan hyaluronic acid merupakan salah satu cara membuat kolagen alami dalam tubuh.

Biasanya kandungan ini tersedia dalam bentuk krim, salep, suplemen, atau suntikan.

Manfaat ini dapat dilihat dalam jurnal Scientific Reports yang mengatakan bahwa hyaluronic acid yang dikombinasikan dengan polinukleotida murni membantu meningkatkan jumlah dan kualitas kolagen pada kulit sehingga meningkatkan elastisitasnya.

7. Pakai retinol

Retinol merupakan bentuk aktif dari vitamin A yang dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh.

Tak heran jika retinol sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena manfaatnya. 

Selain menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung retinol. Anda juga dapat mendapatkan retinol atau vitamin A dari makanan, seperti hati sapi, ubi, bayam, labu, dan wortel.

8. Perawatan light therapy

Light therapy merupakan prosedur yang menggunakan cahaya inframerah untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Terapi ini dilakukan oleh dokter kulit profesional di klinik atau rumah sakit dengan menggunakan alat khusus yang mengeluarkan cahaya inframerah.

Beberapa manfaat dari terapi ini yaitu merangsang produksi kolagen, mengurangi peradangan kulit dan jaringan tubuh lainnya, membantu proses penyembuhan luka, serta mengobati psoriasis dan jerawat.

Anda perlu tahu

Untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh, sebaiknya Anda berhenti merokok, mengurangi makanan dan minuman manis, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Nah, itu dia cara meningkatkan kolagen pada tubuh agar terhindar dari gejala penuaan kulit. Jangan lupa mencukupi kebutuhan nutrisi harian serta konsisten melakukan perawatan kulit.

Apabila Anda merasakan gejala penuaan dan sudah melakukan cara meningkatkan kolagen di wajah seperti di atas tetapi belum membuahkan hasil, jangan ragu konsultasikan dengan dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Annisa Nur Indah Setiawati · Tanggal diperbarui 27/10/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan